Bekerja dari rumah atau istilah populernya saat ini work from home atau #WFH, kini telah menjadi alternatif untuk tetap beraktivitas dan mengerjakan tanggungjawab meskipun dari jarak jauh. Aktivitas ini juga semakin mudah dilakukan, karena didukung oleh teknologi yang mampu menfasilitasi lintas jarak menggunakan beragam aplikasi. Hanya saja suasana saat bekerja di kantor dengan kondisi di rumah tentu sangatlah berbeda, untuk itu diperlukan komitmen dan kesungguhan agar pekerjaanmu tetap berjalan dengan lancar. Supaya tetap efisien dan produktif saat dirumah, berikut 8 kiatnya untukmu, Bela.

1. Ciptakan ruang kerja yang bersih

Ingin Tetap Produktif dan Semangat Saat #WFH Ini 7 KiatnyaPexels.com / bongkarn thanyakij

Hal paling utama yang perlu diperhatikan saat bekerja di rumah ialah memiliki ruang kerja yang rapih sebagai pusat aktivitasmu. Kondisi ini penting karena saat area kerjamu berantakan akan membuatmu lebih mudah kehilangan fokus. Maka biasakan diri untuk tetap menjaga kerapihan meja kerjamu, ya.

2. Pastikan area kerjamu jauh dari tempatmu bersantai

Ingin Tetap Produktif dan Semangat Saat #WFH Ini 7 KiatnyaPexels.com / bongkarn thanyakij

Tempatkan area kerja di tempat yang jauh dari keramaian, seperti tidak berada di sekitar ruang keluarga atau ruang tamu karena akan mudah menganggu konsentrasi saat bekerja. Hindari pula untuk bekerja di tempat yang biasanya kamu gunakan untuk beristirahat seperti di atas tempat tidur. Prioritaskan hal ini karena saat berada di area kerja yang tepat akan membuatmu fokus untuk menyelesaikan setiap tugas-tugasmu. 

3. Berpakaian yang rapih

Ingin Tetap Produktif dan Semangat Saat #WFH Ini 7 KiatnyaPexels.com / ThisIsEngineering

Supaya lebih produktif saat bekerja di rumah, ada baiknya hindari penggunaan baju rumah seperti daster atau piyama karena akan menciptakan suasana terlalu santai, sehingga membuatmu cenderung menjadi malas untuk bekerja. Maka meskipun di rumah saja, tetap pergunakan pakaian yang kasual dan sopan saat mengerjakan pekerjaanmu, misalnya memakai celana jeans atau kemeja lengan pendek sehingga membuatmu lebih bersemangat. 

4. Rencanakan jadwal pekerjaanmu setiap hari

Ingin Tetap Produktif dan Semangat Saat #WFH Ini 7 KiatnyaPexels.com / Miesha Moriniere

Rencanakan agenda pekerjaanmu dengan baik, karena pada prakteknya saat seseorang berada di rumah mereka cenderung tidak fokus seperti ketika mereka berada di kantor. Kuncinya adalah mengatur waktu yang paling produktif. Cara yang bisa kamu praktekkan adalah memecah jam pekerjaanmu misalnya jam 8 sampai 12 siang, kemudian dilanjutkan pukul 2 siang sampai dengan 6 sore. Atau pilih waktu produktifmu saat bekerja dan rencanakan dengan baik sehingga lebih efisien. 

5. Berikan penghargaan setelah kamu berhasil menyelesaikan target yang telah ditentukan

Ingin Tetap Produktif dan Semangat Saat #WFH Ini 7 KiatnyaPexels.com / Andrea Piacquadio

Kiat supaya makin bersemangat bekerja, berikan penghargaan kepada diri sendiri setiap menyelesaikan target harianmu. Bentuknya bisa beragam sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya seperti membaca buku favorit, menonton TV atau bermain game, sampai dengan membuka media sosialmu untuk mengetahui kabar-kabar terkini. Setelahnya pasti kamu akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. 

6. Pertimbangkan aplikasi yang bisa mengganggu konsentrasi bekerja

Ingin Tetap Produktif dan Semangat Saat #WFH Ini 7 KiatnyaUnsplash.com / Tim Bennett

Saat bekerja sebaiknya jauhkan sejenak ponselmu ataupun laptop dari aktivitas untuk membuka akun media sosialmu seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Aktivitas ini secara tidak disadari akan membuatmu membuang banyak waktu yang seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan pekerjaanmu. 

7. Mengatur waktu yang tepat untuk bersosialisasi

Ingin Tetap Produktif dan Semangat Saat #WFH Ini 7 KiatnyaPexels.com / Andrea Piacquadio

Saat bekerja jangan sampai melupakan untuk tetap berinteraksi satu sama lain untuk menyeimbangkan kehidupan sosialmu, hanya saja kendali tetap ditanganmu. Aturlah waktunya untuk melakukan video call atau panggilan telepone agar tepat setelah pekerjaanmu usai. 

Siap produktif di rumah, Bela?

Baca Juga: Deretan Platform Video on Demand yang Beri Akses Gratis Selama WFH 

Baca Juga: #PopbelaWFH Kenapa Hujan Bikin Mood Jadi Sendu? Ini Penjelasannya

Baca Juga: Gemas! Foto Binatang Sebagai 'Rekan Kerja' Ini Bikin WFH Nggak Konsen