Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Punya Baking Soda di Rumah, Ini 5 Manfaatnya 

Teman memasak sekaligus bersih-bersih, nih

Renny Fitri

Masa social distancing seperti saat ini memang cukup membosankan. Banyak kegiatan yang kita lakukan untuk mengusir rasa bosan itu, seperti memasak, membersihkan rumah, hingga menata ulang dapur.

Dari sekian banyak bahan masakan yang ada, satu bahan yang wajib ada di dapur adalah baking soda. Nggak sekadar membantumu membuat kue, baking soda juga bermanfaat untuk banyak hal. Apa saja, ya?

1. Membersihkan rumah

Pexels.com/Burst

Baking soda wajib ada di rumah karena setabur saja akan berarti. Manfaatnya banyak banget, terutama bagi dapur, toilet, bak cuci piring, dan bahkan lantai. Misalnya, untuk membersihkan toilet tinggal taburkan di lantai yang kotor lalu diamkan beberapa saat kemudian gosok, deh, akan terlihat hasil bersihnya.

Lantas, untuk bak cuci piring berbahan stainless steel kamu juga akan terkejut dengan hasilnya. Cukup ditaburkan dan gosok dengan spons, bak cuci piring juga akan kinclong kembali.

2. Merawat kecantikan

Pexels.com/Bennie Lukas Bester

Baking soda juga bermanfaat untuk kecantikan, lho. Selain berguna di dapur, campurannya juga berguna untuk wajah, gigi, dan rambut. Untuk wajah, bisa untuk scrub yang akan mengikis kulit mati dan mencerahkan wajah.

Untuk gigi, jika dijadikan pasta gigi yang akan membuat gigi putih dan membunuh kuman. Lalu untuk rambut, jika dijadikan masker rambut, baking soda akan mengusir ketombe yang gatal di kulit kepalamu. Tapi, perhatikan takaran dan campurannya, ya.

3. Membersihkan barang pribadi

Pexels.com/Rogerio Martins

Nah, ada lagi manfaat si baking soda ini. Yakni, sebagai pembersih barang pribadimu sendiri, lho. Jika sepatumu kotor, jangan khawatir oleskan cairan baking soda dan diamkan lalu gosok dan sepatumu akan bersih kembali. 

Untuk pakaian kotormu juga bisa. Baking soda akan menghilangkan noda di pakaianmu. Saat dicuci, cukup taburkan sesendok baking soda dalam rendaman cucian dan hasilnya akan memuaskan.

4. Memasak di dapur

Pexels.com/Vaibhavjadhav

Membuat kue merupakan manfaat baking soda yang paling utama. Fungsi baking soda adalah membuat adonan mengembang. Jadi, bisa kamu gunakan sebagai campuran di adonan roti atau bolu. 

5. Merawat kesehatan

Pexels.com/Nathan Cowley

Ternyata, baking soda juga baik untuk menjaga kesehatan. Fungsi baking soda dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung. Selain itu, baking soda juga dapat menetralkan pH darah yang terlalu asam. Namun, gunakan dengan benar ya dosisnya dan tetap berkonsultasi kepada dokter.

Bagaimana, menarik bukan paparan baking soda ini? Nah, jadi tak ada kata nanti lagi untuk selalu menyediakan baking soda di rumah. Tenang saja, baking soda ini banyak dijual di toko-toko serta apotek, bahkan di online shop juga sudah banyak dijajakan.

Yuk, beli sekarang baking soda dan selalu sediakan di rumahmu!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Alasan Kamu Harus Sedia Baking Soda di Rumah, Wajib Hukumnya!"

IDN Media Channels

Latest from Food