Salah satu bahan pembersih yang paling mudah di temukan di sekitar kita ialah cuka. Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, cuka juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk membersihkan banyak hal di rumah kamu. 

Jika kamu atau anggota keluarga kamu ada yang sensitif terhadap bahan kimia, cuka bisa menjadi pilihan yang tepat. Dan lagi, dibandingkan dengan produk pembersih lainnya, cuka memiliki harga yang lebih terjangkau. 

Nah, Popbela.com sudah merangkum 10 cara untuk membersihkan rumah dengan menggunakan cuka. Yuk kita simak!

1. Cuka untuk menjaga bunga tetap segar

Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumahbouqs.com

Bunga segar akan bertahan lebih lama kalau kamu menambahkan 2 sendok makan cuka putih dan 2 sendok makan gula ke dalam air dalam vas 1 liter. Potong batang bunga dan ganti campuran cuka putih dan gula setiap beberapa hari atau ketika air mulai keruh.

2. Cuka untuk membersihkan microwave

Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumahcdn-fastly.hometalk.com

Jika microwave kamu kotor dengan sisa makanan, cara ini dapat menjadi pilihan. Larutkan ¼ gelas cuka putih dan 1 gelas air dalam sebuah wadah. Kemudian masukan wadah ke dalam microwave dan panaskan hingga uap terbentuk di jendela. Lalu seka sisa makanan menggunakan lap bersih.

3. Cuka untuk membersihkan karat

Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumahwww.farmersalmanac.com

Untuk menghilangkan noda karat dengan mudah, oleskan campuran 1 sendok teh garam, ½ cangkir cuka putih dan tepung yang cukup untuk membuat pasta. Oleskan ke logam dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih dan poles dengan kain kering yang lembut.

4. Cuka untuk pancuran shower tersumbat

Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumahstatic.onecms.io

Gunakan cuka untuk melarutkan penumpukan kotoran yang ada di pancuran. Larutkan air dengan secangkir cuka di dalam kantong plastik. Posisikan plastik sehingga pancuran terendam di cuka. Biarkan meresap dalam semalam. Di pagi hari, buka plastik dan nyalakan shower untuk membilas.

5. Cuka untuk mencegah pakaian luntur

Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumahi.pinimg.com

Siapa yang suka kesal kalau baju kesayangannya luntur akibat mencuci? Nah, cara berikut ini adalah cara yang cocok untuk kamu. Sebelum mencuci pakaian, rendam terlebih dahulu pakaian kamu selama beberapa menit dalam cuka putih. Kemudian cuci seperti biasa.

6. Cuka untuk membersihkan kerak pada bagian besi setrika

Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumahmedia3.s-nbcnews.com

Sering ditemukan saat menyetrika pakaian berbahan dasar sintetis, pakaian tersebut mudah hangus saat disetrika. Sehingga muncul kerak pada bagian besi setrika. Kerak tersebut harus segera dibersihkan, agar setrikaan dapat digunakan lagi. 

Cara yang satu ini dapat dicoba. Pertama, panaskan cuka putih dan garam dalam wajan kecil. Kemudian gosokkan campuran tersebut ke bagian bawah setrika yang dingin untuk menghilangkan bekas terbakar.

7. Cuka untuk membersihkan lantai

Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumahwww.thespruce.com

Larutan air cuka juga bisa digunakan sebagai pengganti cairan pembersih lantai. Caranya tuangkan cuka sebanyak 150 ml ke dalam air sebanyak 2,5 liter, kemudian gunakan campuran air tersebut sebagai cairan pembersih lantai untuk membersihkan lantai. 

8. Cuka untuk membersihkan kloset

Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumahi.ytimg.com

Selain menggunakan cairan pembersih kloset, air cuka juga dapat dijadikan pilihan untuk membersihkan kloset. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan air cuka ke bagian noda membandel lalu gosok dengan sikat toilet hingga noda menghilang. Kemudian bilas menggunakan air biasa.

9. Cuka untuk menghilangkan bau busuk

Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumah

Untuk menjaga agar saluran air wastafel tetap segar, tuangkan secangkir cuka putih ke saluran pembuangan seminggu sekali. Diamkan selama 30 menit lalu siram dengan air dingin.

10. Cuka untuk membasmi rumput liar

Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumahs3.amazonaws.com

Ingin membasmi rumput liar? Tidak perlu menggunakan gunting rumput atau racun tanaman. Tuangkan cuka ke rumput liar yang ingin dibasmi, ulangi jika dibutuhkan. 

Bagaimana mudah bukan tipsnya? Kamu bisa segera aplikasikan di rumah.

Baca Juga: Punya 4 Lantai, Ini 20 Potret Rumah Super Mewah Prilly Latuconsina!