Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Makanan yang Nggak Boleh Dimasak Menggunakan Air Fryer, Hati-Hati!

Bahaya hingga bisa mengubah cita rasa

Nabila Damaan

Air fryer atau penggoreng udara menjadi alat masak yang tengah digandrungi oleh masyarakat belakangan ini. Air fryer bekerja kurang lebih sama seperti penggorengan dengan menggunakan udara panas yang intens, dan hanya membutuhkan sedikit atau bahkan tanpa minyak. Menjadikannya sebagai alternatif hidup sehat. 

Kamu bisa membuat kentang goreng, menghangatkan makanan, hingga kue-kue dengan menggunakan air fryer. Membuat makanan menjadi lebih praktis. Hanya saja, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dimasak menggunakan air fryer, lho Bela.

Apa sajakah makanan tersebut? Mengapa ke-7 makanan di bawah tidak boleh dimasak menggunakan air fryer? Simak penjelasanya di bawah ini, yuk!

1. Daging panggang utuh

rd.com

Air fryer di desain cukup minimalis, saat menggunakannya untuk memasak daging panggang utuh, masalah terbesarnya adalah apakah seluruh daging panggang akan masuk dengan benar ke dalam keranjang penggorengan udara atau tidak.

Meskipun daging tersebut muat di dalam wadah, itu bukan berarti air fryer mampu membuat daging tersebut matang secara merata, Bela. Daging panggang tidak akan matang secara merata, dan bagian yang paling dekat dengan sumber panas kemungkinan besar akan gosong.

Jadi, cara terbaik memasak daging panggang utuh adalah dengan menggunakan oven, ya!

2. Burger

tastingtable.com

Terpikirkan untuk membuat burger dengan menggunakan air fryer? Sebaiknya urungkan niatmu, ya. Pasalnya, air fryer tidak benar-benar dirancang untuk memanggang daging merah. 

Meskipun penggoreng udara membutuhkan waktu yang cukup singkat untuk memasak bagian dalam daging hingga setengah matang, bagian luar burger tidak akan cepat kecokelatan, sehingga kamu tidak akan mendapatkan ‘char’ layaknya daging yang dipanggang.

3. Adonan basah untuk menggoreng

health.harvard.edu

Menggoreng dengan udara sama seperti menggoreng tetapi tanpa minyak. Air fryer tidak dirancang untuk menangani adonan basah yang biasanya dibalurkan pada gorengan.

Sejumlah ahli mengatakan bahwasanya fungsi air fryer tidak bisa menggunakan metode deep frying, sehingga tidak bisa digunakan untuk memasak adonan basah.

Jika memaksakan memasak adonan basah, seperti onion ring atau semacamnya di air fryer jangan harapkan tekstur yang sempurna. 

Memasak adonan basah dengan air fryer akan membuat adonan tidak matang, dan tidak akan renyah seperti menggoreng menggunakan minyak. Kamu hanya akan mendapatkan kerak yang melengkat di wadah air fryer.

4. Biji-bijian mentah

pickyeaterblog.com

Biji-bijian seperti beras dan pasta bisa saja garing dengan baik di air fryer, tetapi harus dimasak di atas kompor terlebih dahulu. Air Fryer berfungsi untuk mengeringkan makanan yang sudah masak, jadi jika kamu mencoba memasak sesuatu yang perlu direndam dalam air selama proses memasak di dalam air fryer tentu itu tidak akan berhasil. 

Bahkan jika kamu memasukkan air ke dalamnya untuk menanak nasi atau biji-bijian, kipas tidak akan pernah cukup panas untuk merebus air dan berhasil memasak biji-bijian. 

5. Sayuran segar

freshproduceshoppe.com

Sayuran kering kini pun menjadi makanan yang cukup viral. Kebanyakan berpikir bisa membuatnya dengan menggunakan air fryer. Namun, kenyataannya hal tersebut tidak akan pernah berhasil, Bela. 

Tekanan angin panas yang dikeluarkan air fryer cukup besar untuk menerbangkan sayuran, sehingga tidak akan membuatnya kering dengan sempurna. Krazy Coupon Lady berpendapat bahwa terlepas dari seberapa panas suhu untuk sayuran mentah, akan ada hasil yang lembek dan tidak menarik seperti yang lain.

Nah, kalau kamu ingin menghangatkan sayuran beku menggunakan air fryer ini baru disarankan. Para ahli mengatakan cara terbaik memasak sayuran beku adalah dengan menggunakan air fryer karena dipercaya bisa lebih banyak menjaga kelembaban dari es.

6. Keju

healthyeating.org

Membuat keju kering akan terlintas jika kita memiliki air fryer. Sama halnya dengan adonan basah, keju tidak bisa dimasak dengan menggunakan air fryer.

Keju yang ditempatkan di wadah tanpa semacam lapisan hanya akan meleleh menjadi genangan air dan menimbulkan kerak lengket yang cukup sulit untuk dibersihkan. 

7. Popcorn

simplyrecipes.com

Usaha yang sia-sia bila kita ingin mencoba memasak popcorn menggunakan air fryer. Ruang air fryer mungkin tampak mirip dengan panci tertutup, tetapi penggorengan udara biasa tidak cukup panas untuk meletuskan berondong jagung.

Panas yang dikeluarkan air fryer biasanya antara 350 dan 400 derajat Fahrenheit, tetapi dibutuhkan suhu antara 400 dan 460 derajat Fahrenheit untuk membuat berondong jagung meletup. 

Demikianlah ke-7 makanan yang nggak boleh dimasak menggunakan air fryer lengkap dengan penjelasannya. Kalau kamu biasanya masak apa dengan menggunakan air fryer, nih?

IDN Media Channels

Latest from Food