Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

25 Tempat Nongkrong di Semarang yang Asyik dan Bikin Betah

Kamu harus kesini, nih!

Rosita Meinita

Semarang yang terkenal dengan kota lumpia memang mempunyai banyak daya tariknya sendiri. Mulai dari makanan yang terkenal lezat, arsitektur bersejarah, juga berbagai wisata alam yang beragam. 

Jika kamu ke kota ini dengan sahabat, keluarga maupun pasangan, dijamin bakal betah untuk mengeksplorasinya. Biar nggak bingung cari tempat, inilah 25 tempat nongkrong di Semarang yang asyik.

1. Mensa The Table

instagram.com/ rositajalanjalan

Mensa The Table merupakan cafe yang berlokasi di Jalan Tumpang Raya No.54. Buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, tempat nongkrong di Semarang yang minimalis ini akan membuatmu betah. Perpaduan arsitektur kontemporer modern, kamu akan mendapatkan ambience yang menyenangkan, apalagi saat golden hours.

2. Monti Dining

instagram.com/ rositajalanjalan

Tempat nongkrong asyik di Semarang selanjutnya adalah Monto Dining. Berlokasi di Jalan Tampomas No.2, kamu akan disuguhkan dengan kokohnya bangunan bernuansa hitam modern. Dengan penataan taman yang apik, kamu nggak akan kehilangan ide untuk mengabadikan semua sudut ruangannya.

Monti Dining buka mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB. Jangan lupa cobain gelato yang lezat di sini, ya.

3. Anetos Coffee and Brunch

instagram.com/ anetos.coffeebrunch

Ada salah satu tempat nongkrong di Semarang. Bernama Anetos Coffee and Brunch, restoran ini berlokasi di Jalan Dr. Cipto Kp. Subuh No.345.

Saat kamu ke sini, akan disuguhkan suasana a la Santorini. Mulai dari bentuk bangunan hingga paduan warna dinding dan mebel, akan membuatmu asyik nongkrong seharian.

Anetos Coffee and Brunch buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

4. Keva

instagram.com/ rositajalanjalan

Keva merupakan tempat nongkrong asyik di Semarang yang mempunyai kesan penuh warna. Mempunyai warna dominan merah muda, Keva berlokasi di Jalan Papandayan No.4a.

Kamu bisa mampir bersama pasangan, sahabat bahkan keluarga karena tempatnya yang luas, jadi satu dengan J.R.Raynaldi building. Keva beroperasi mulai dari pukul 12.00 hingga 21.00 WIB.

5. Doki-doki

instagram.com/ rositajalanjalan

Ada salah satu cafe di Semarang yang mempunyai konsep unik, yaitu Doki-doki. Lokasi cafe ini berada di Jalan Pekunden Dalam No.11. Mulai dari gaya desain industrial yang memberikan kesan raw, dominasi abu-abu dan ikon Koala menjadi branding cafe ini.

Tempat dengan dua lantai ini bisa kamu datangi mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

6. Warga Lokal

instagram.com/ rositajalanjalan

Jika kamu mengunjungi daerah Banyumanik, mungkin kamu bisa datang ke Warga Lokal. Berlokasi di Jalan Watu Kaji Raya No.100, cafe ini mempunyai konsep desain dari akulturasi budaya yang ada, seperti Jepang dan tradisional.

Warga Lokal mempunyai area outdoor dan indoor yang bisa kamu pilih sesuai suasana hati. Walaupun tempatnya agak jauh dari pusat kota, Warga Lokal merupakan tempat nongkrong di Semarang asyik yang buka dari pukul 12.00 hingga 00.00 WIB.

7. Folkafe: Coffee & Stories

instagram.com/ rositajalanjalan

Folkafe: Coffee & Stories merupakan cafe yang mempunyai gaya desain tropical. Berlokasi di Jalan Dr. Setiabudi no.79, cafe ini bisa menampung banyak pengunjung. Mulai dari area outdoor dan indoor, kamu akan dibuat betah seharian nongkrong di sini.

Cafe dengan suasana hangat ini bisa kamu datangi mulai pukul 07.00 hingga 00.00 WIB.

8. Kluwih

instagram.com/ rositajalanjalan

Cafe dengan beragam arsitekturnya yang indah mungkin banyak kamu dapati di Semarang, tetapi Kluwih mempunyai konsep yang berbeda. Dengan 80% area outdoor, kamu akan merasa seperti berada di area pegunungan dengan pepohonan yang rindang.

Berlokasi di Jalan Bukit Puri No 26, Kluwih buka mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Nama Kluwih diambil dari pohon Kluwih besar yang ada di cafe ini, kemudian dijadikan nama cafe yang mempunyai ikon pohon Kluwih.

9. Bloomery Cake and Patisserie

instagram.com/ rositajalanjalan

Jika kamu sedang berada di Kota Lama, mungkin kamu bisa datang ke Bloomery Cake and Patisserie. Berlokasi di Jalan Taman Srigunting No.5-6, cafe ini jadi satu dengan bangunan Semarang Contemporary Art Gallery.

Jadi saat kamu mengunjungi Art Gallery, bisa sekaligus nongkrong di cafe yang mempunyai mural superhero dengan kearifan lokal. Bloomery Cake and Patisserie buka mulai pukul 10.00 hingga 21.30 WIB.

10. NDN: Coffee & Eatery

instagram.com/ trianitanabila

Siapa yang suka cafe bernuansa minimalis? Jika kamu salah satunya, NDN: Coffee & Eatery bisa menjadi destinasimu. Tempat nongkrong di Semarang ini mempunyai desain dominan putih di seluruh bangunannya.

Mempunyai area indoor dan outdoor, cafe ini juga sering mengadakan live music. Wah, nongkrong asyik dan bisa sing along, nih.

NDN: Coffee & Eatery buka mulai pukul 09.00 hingga 01.00 WIB.

11. Ohana Cafe

instagram.com/ rositajalanjalan

Ohana Cafe merupakan salah satu tempat nongkrong asyik di Semarang yang luas. Berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No.36, Ohana mempunyai bangunan yang unik dengan intersection building di hampir semua bangunannya.

Kamu bisa menentukan area indoor ataupun outdoor untuk nongkrong mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

12. Lika Liku

instagram.com/ rositajalanjalan

Lika Liku juga cafe yang sangat unik di Semarang. Bagaimana tidak, saat kamu masuk ke cafe ini kamu akan disuguhkan dengan sirkulasi yang berliku-liku bak di labirin.

Berlokasi di Jalan Veteran No.18, bangunan ini mempunyai warna dominan hitam dengan banyak tanaman yang ada di area outdoor dan indoor.

Lika Liku buka mulai pukul 07.00 hingga 23.00, ya, Bela.

13. Monocle

nstagram.com/ rositajalanjalan

Monocle juga salah satu tempat nongkrong di Semarang yang asyik. Suasana outdoor yang asyik, akan membuat soremu menyenangkan. Lokasinya dekat dengan Simpang Lima, yaitu di Jalan Erlangga Barat 7 No.10.

Konsep industrial dengan kombinasi tanaman, membuat cafe ini cocok juga untuk bekerja. Kamu bisa datang ke Monocle mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

14. Kurogi

instagram.com/ rositajalanjalan

Kurogi merupakan cafe yang mempunyai konsep Jepang di Semarang. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani No.167 A, Kurogi mempunyai tempat yang cukup luas. Dengan balutan bangunan berwarna cokelat ini, kamu bisa memilih area yang terbuka dan tertutup.

Kurogi bisa kamu datangi mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

15. Semasa Kopi Tembalang

instagram.com/ chdrdeery

Cafe dengan nuansa Jepang lainnya adalah Semasa Kopi Tembalang. Berlokasi di Jalan Mulawarman Raya No.4, Semasa mempunyai area cukup luas. Ada area untuk smoking dan non-smoking.

Di bagian depan bangunan juga terlihat berbagai tangga berundak yang bisa dibuat tempat nongkrong di Semarang yang asyik. Kamu bisa datang ke Semasa mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

16. Olifant

instagram.com/ rositajalanjalan

Olifant merupakan cafe yang dekat dengan Simpang Lima juga, tepatnya di Jalan Pleburan Barat No.16. Nuansa rustic hadir di cafe yang mampunyai dua lantai ini.

Mempunyai pemandangan berupa kolam renang, kamu bisa datang ke sini mulai pukul 07.00 hingga 11.00 WIB. Dijamin deh, kamu akan betah nongkrong seharian.

17. Coffee at Terra

freepik.com/ lookstudio

Coffee at Terra bisa menjadi alternatif untukmu yang mencari tempat nongkrong di Semarang yang asyik. Bergaya industrial minimalis, kamu juga akan dimanjakan dengan beberapa elemen beton bangunan yang kokoh.

Terdapat juga butik Popoluca yang menyatu dengan cafe ini. Berlokasi di Jalan Erlangga Barat 2 No.1, Coffee at Terra buka pukul 08.30 hingga 00.00 WIB.

18. Giggle Box

instagram.com/ ryansoegi

Giggle Box mungkin cafe yang sudah lama ada di Semarang, tetapi belakangan ini melakukan re-branding dengan bangunannya yang direnovasi total. Berlokasi di Jalan Muria No.2, cafe ini mempunyai area yang cukup luas. Bahkan uniknya, Giggle Box mempunyai perosotan yang bisa dibuat untuk bermain anak-anak.

Untuk ke cafe ini kamu bisa datang mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.

19. Layang-layang

instagram.com/ marina.alin

Layang-layang juga salah satu tempat nongkrong di Semarang yang asyik. Cafe yang baru buka ini, berlokasi di Jalan Bukit Jaya No.16, dengan hiburan live music juga. Nama layang-layang sendiri diambil karena konsep dari cafe ini yang mengusung tema layang-layang dan mempunyai museum layang-layangnya sendiri.

Jika kamu menyukai suasana santai di rooftop, sambangi Layang-layang mulai pukul 04.00 hingga 22.00 WIB.

20. Serambi Eatery

instagram.com/ rositajalanjalan

Serambi juga cafe yang mempunyai 50% area outdoor dan indoor. Berlokasi di Jalan Atmodirono No.7, Serambi Eatery mempunyai desain unik untuk area duduk, berupa tangga berundak.

Ambience asyik bisa kamu rasakan saat datang saat malam hari. Cafe ini beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 23.00 WIB, ya.

21. Encycoffeedia Coffee Shop

instagram.com/encycoffeedia

Encycoffeedia Coffee Shop beralamat di Jl. Dr. Wahidin No.37A, Candi, Kec. Candisari, Semarang, Jawa Tengah. Di tempat ini, kamu bukan hanya bisa menikmati minuman dan makanan yang enak, tetapi juga bisa melihat pemandangan Kota Semarang dari atas. 

Harga menunya pun cukup terjangkau dengan suasana yang nyaman. Encycoffeedia Coffee Shop buka pukul 16.00 - 23.00 WIB pada hari Minggu sampai Kamis. Sementara pada hari Jumat dan Sabtu buka pukul 16.00 - 00.00 WIB. 

22. Eastman Coffee House

instagram.com/eastman_smg

Interior Eastman Coffee House yang bergaya lawas dengan sentuhan modern menjadi daya tarik tersendiri. Tempat ini juga menawarkan tempat indoor dan outdoor yang bisa kamu pilih untuk menikmati aneka hidangannya. 

Rata-rata, menu makanan di resto ini bertema fushion food dengan harga yang standar. Eastman Coffee House berlokasi di Jalan Ahmad Yani Nomor 140, Karangkidul, Semarang Tengah dan buka mulai pukul 07.00 - 23.00 WIB.

23. Peacockoffie

instagram.com/peacockoffie

Coffee shop yang satu ini memadukan unsur modern minimalis dengan furnitur serba kayu yang membuat suasana hangat dan nyaman. Kamu bisa menikmati berbagai racikan kopi dan makanan pendamping lainnya. 

Tersedia pilihan indoor dan outdoor, kamu bisa mengunjungi Peacockoffie di Jalan Gombel Lama no. 11 Semarang. Tempat ini pun buka 24 jam sehingga bisa kamu kunjungi kapan saja. 

24. Tepian Kopi

instagram.com/tepiankopi.id

Menawarkan suasana romantis, Tepian Kopi menjadi tempat ngopi yang digemari para anak muda. Area cafe ini sebagian besar terbuka dengan pemandangan Kampung Pelangi yang cantik. 

Menu yang ditawarkan pun tak jauh beda dengan kedai kopi pada umumnya dengan harga yang terjangkau. Kafe Tepian Kopi terletak di Rooftop Taman Kasmaran lantai dua, Jalan Dr Sutomo, Randusari, Semarang. Buka setiap hari pukul 13.00 - 00.00 WIB.

25. Mr. K Resto, Cafe & Beer

instagram.com/mrk_cafe

Tempat nongkrong di Semarang yang terakhir adalah Mr. K Resto, Cafe & Beer. Tempat ini cocok untuk tempat berkumpul sambil melepas penat dari rutinitas yang melelahkan.

Di Semarang, terdapat 3 lokasi Mr. K Cafe, salah satunya di Jalan Setiabudi No.28, Ngresep, Banyumanik, Semarang. Desain bangunan tempat ini pun cukup nyaman dengan sajian menu yang lengkap.

Kamu bisa melihat pemandangan Kota Semarang di sini setiap hari Jumat - Sabtu pukul 12.00 - 01.00 WIB. Namun, Pada hari Minggu - Kamis, tempat ini buka pukul 12.00 - 00.00 WIB. 

Itulah 25 ide tempat nongkrong di Semarang yang asyik dan bikin betah. Jadi, nggak kehabisan ide lagi, nih!

IDN Media Channels

Latest from Travel