Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Makanan Berbahan Dasar Beras yang Selalu Ada Saat Lebaran

Salah satunya pasti ada di rumahmu

Isroima

Selain momen kebersamaan dengan keluarga besar, satu hal lain yang paling dirindukan dari lebaran adalah makanannya. Makanan khas lebaran yang nikmat membuat kita tak ingin cepat-cepat berpisah dari momen istimewa tersebut.

Di Indonesia punya banyak makanan khas lebaran yang berbeda di setiap daerahnya. Bahkan dari satu bahan saja, bisa menghasilkan beragam makanan khas lebaran yang membuat kita ingin terus menyantapnya.

Berikut ini ada enam makanan berbahan dasar beras yang selalu ada saat lebaran. Makanan apa saja ya?

1. Ketupat

ramesia.com

Olahan yang satu ini selalu menjadi favorit seluruh masyarakat Indonesia. Seolah-olah ketupat ini sudah menjadi makanan yang umum. Selain itu, ketupat ini juga sangat mudah dimasak.

Jika tidak dapat membuat kulit ketupat, biasanya di pasar-pasar tradisional banyak yang menjual kulit ketupat. Rasanya yang khas semakin nikmat disajikan bersama opor ayam.

2. Lontong

Dok. Internet

Hidangan selanjutnya adalah lontong. Lontong ini biasanya lebih sering ditemukan di daerah Jawa saat lebaran tiba. Lontong memiliki cita rasa yang khas. Apalagi jika dimasak menggunakan kulit daun pisang. Aroma dari daun pisang seperti menyatu dengan rasa beras yang alami. Lontong pas disajikan saat Idul Fitri bersama dengan soto ayam maupun hidangan lainnya.

3. Buras

Dok. Internet

Selain itu ada buras. Buras merupakan makanan khas dari suku Bugis. Namun makanan ini, tidak hanya menjadi makanan favorit suku Bugis, sebab sudah menyebar ke beberapa daerah di Indonesia.

Cita rasa dari santan dan beras yang kemudian direbus menjadi daya tarik unik dari makanan satu ini. Buras itu sendiri sudah nikmat jika dimakan langsung. Apalagi kalau ditambah bumbu kacang atau opor ayam, pasti semakin mantap rasanya.

4. Lepet

judellahalimnft.blogspot.com

Lepet merupakan makanan khas yang terbuat dengan bahan dasar beras ketan putih. Beras ketan tersebut dimasak dengan cara dikukus terlebih dahulu kemudian dibungkus kembali menggunakan janur atau daun kelapa muda. Ada juga yang mencampurkan kelapa muda serta kacang putih agar rasa dari lepet ini lebih nikmat. Setelah dibungkus, lepet kemudian direbus kembali.

5. Lemang

pedomanbengkulu.com

Lemang ini juga dibuat dengan bahan dasar beras ketan putih. Beras ketan tersebut dimasak setengah matang menggunakan santan. Kemudian dibungkus memanjang di dalam daun pisang. Terakhir, dimasukkan ke dalam batang bambu lalu dibakar. Lemang juga menjadi salah satu makanan favorit di hari raya.

6. Tape Ketan

ikoma.co.id

Terakhir, ada tape ketan. Tape ketan ini dibuat menggunakan bahan dasar beras ketan. Bisa ketan putih maupun ketan hitam.

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, beras ketan dimasak dengan cara dikukus. Lalu, difermentasikan dengan mencampurkan ragi tape. Makanan ini juga menjadi favorit di hari raya. Akan tetapi, lebih baik dimakan setelah memakan nasi atau olahan beras lainnya agar asam lambung tidak naik.

Itulah 6 olahan makanan berbahan dasar beras yang tidak pernah absen di hari Lebaran. Mana nih yang jadi kesukaanmu?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "6 Olahan Berbahan Dasar Beras yang Hadir Setiap Lebaran, Nikmat"

IDN Media Channels

Latest from Food