Sambut buka puasa dengan aneka makanan goreng-gorengan? Wah, paling dinanti-nanti sekali, ya, Bela! Tapi faktanya, makanan gorengan bisa menyebabkan masalah gangguan kesehatan yang serius, lho. Contohnya saja kolesterol, diabetes, hingga meningkatkan risiko kanker.

Oleh karena itu, para ahli gizi lebih menganjurkan untuk konsumsi makanan kukus. Makanan kukus ini lebih sehat dan akan membuat nutrisi yang dikandung oleh bahan makanan nggak hilang. Jika diolah dengan resep pilihan, makanan kukus akan lebih nikmat daripada goreng-gorengan.

Inilah alasan mengapa konsumsi makanan kukus lebih sehat untuk tubuhmu.

1. Kolesterol rendah

6 Alasan Makanan Kukus Lebih Sehat untuk Makanan Sahur dan Berbukafreepik.com/ freepik

Saat memasak daging, mengukusnya akan menghilangkan lemak dari daging tersebut. Sedangkan metode memasak lain seperti memanggang, menggoreng akan membuat lemak tetap ada di daging tersebut.

Menyingkirkan lemak akan membuat daging lebih rendah kalori dan kolesterol. Mengukus juga nggak akan membutuhkan minyak goreng yang akan membuat makanan lebih ringan dan sehat.

2. Mempertahankan serat, warna dan rasa

6 Alasan Makanan Kukus Lebih Sehat untuk Makanan Sahur dan Berbukafreepik.com/ anyaivanova

Dengan mengukus, sayuran akan membuat keadaan lebih mirip dengan aslinya daripada memanaskannya dengan menggoreng. Nggak hanya mencegah sayuran berubah menjadi lembek, tetapi juga mempertahankan warna, rasa, jus dan serat yang terkandung di dalamnya. Sehingga, urusan buang air tidak jadi masalah selama bulan Ramadan.

Jika kamu mengingkan rasa yang lebih gurih, kamu bisa menambahkan bumbu atau rempah ke dalam air.

3. Mudah dicerna dalam tubuh

6 Alasan Makanan Kukus Lebih Sehat untuk Makanan Sahur dan Berbukafreepik.com/ topntp26

Dengan mengukus makanan, kamu lebih bisa membuat makanan yang berserat bisa masuk ke dalam tubuhmu dengan mudah. Seperti bayam, brokoli, tahu dan tempe bisa kamu kukus dengan mudah. Makanan-makanan yang sudah dikukus lebih mudah dicerna daripada beberapa metode masak lain.

4. Vitamin dan mineral nggak akan hilang

6 Alasan Makanan Kukus Lebih Sehat untuk Makanan Sahur dan Berbukafreepik.com/ natabuena

Banyak vitamin dan mineral yang ada dalam sayuran hilang dengan beberapa metode memasak. Akan tetapi dengan mengukusnya, vitamin seperti vitamin B, riboflavin, tiamin, niasin, biotin, B12, asam pantotenat dan vitamin C, serta mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, dan seng tetap terjaga dengan baik.

5. Cepat dan mudah

6 Alasan Makanan Kukus Lebih Sehat untuk Makanan Sahur dan Berbukafreepik.com/ freepik

Dengan mengukusnya, kamu hanya menyiapkan air panas dan alat kukusan. Selain hanya menumpuknya satu sama lain, metode memasak ini akan menghemat waktu, energi dan uang. Mengonsumsi makanan kukus akan bisa menjadi langkah pertama untuk mengubah pola hidupmu menjadi sehat.

Kamu juga bisa mendapatkan ragam resep mudah cara mengolah makanan dengan tehnik mengukus di Yummy App, lho, Bela. Lewat Yummy Appyang bisa kamu unduh di iOS App Store dan Google Play Store ini, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan sajian sahur dan berbuka puasa. 

6. Membuat dapurmu tetap bersih

6 Alasan Makanan Kukus Lebih Sehat untuk Makanan Sahur dan Berbukafreepik.com/ tirachardz

Dengan mengukus, kamu nggak harus membersihkan beberapa peralatan dapur lainnya. Dapurmu juga akan tetap bersih karena nggak ada noda minyak dan sisa makanan yang menempel pada peralatan masak.

Alih-alih menggosok semuanya sampai bersih, kamu hanya perlu membersihkan alat kukusnya yang sangat mudah. Nah, itu dia alasan mengapa konsumsi makanan rebus lebih sehat terutama untuk kamu yang sedang berpuasa. Yuk, mulai konsumsi makanan rebus agar hidup lebih sehat, Bela!

Baca Juga: Menilik Resep Unik Tanpa Oven dan Kukus a la Pufflova

Baca Juga: Cara Mencuci Buah dan Sayur yang Benar di Masa Pandemi Corona

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Mekar dan Cara Membuatnya yang Mudah!