Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jenis-jenis Sajian Kopi Agar Kamu Tidak Salah Pesan

Sekarang kamu jadi tahu bedanya

Emillia Wardhani

Apakah di antara kamu penggemar minuman kopi? Jika benar, mungkin sebagian di antara kamu telah mengerti tentang komposisi dari campuran masing-masing kopi yang diminum. 

Namun, Sebagian besar orang juga belum mengetahui perbedaan varian kopi yang ditawarkan oleh kafe atau restoran. Artikel Popbela kali ini akan membahas masing-masing perbedaan kopi yang sering kali dikonsumsi. Penasaran, kan?

1. Espresso

delonghi.com

Espresso adalah air yang ditambahkan ke bubuk kopi. Jumlah airnya pun sangat sedikit yaitu berkisar 25-30 ml. Espresso merupakan minuman dengan konsentrasi kopi yang cukup tinggi. Minuman Ini juga sebagai dasar untuk banyak minuman kopi lainnya.

2. Americano

nespresso.com

Ketika air ditambahkan ke espresso, untuk mengencerkan konsentrasinya maka minuman itu disebut americano. Perbedaan antara espresso dan americano adalah jumlah air yang ditambahkan ke dalam bubuk kopi. Dalam espresso hanya ditambahkan 25 - 30 ml air di bubuk kopi. Sedangkan di americano, jumlah air mencapai 75–100 ml.

3. Flat White

nespresso.com

Ketika susu ditambahkan ke espresso, ini dikenal sebagai flat white. Kamu pernah mencobanya?

4. Macchiato

thespurceeats.com

Ketika busa susu ditambahkan ke espresso sebagai pengganti susu, ini dikenal sebagai macchiato. Perbedaan antara flat white dan macchiato terletak pada tingkat konsentrasinya. Flat white diencerkan sedangkan macchiato sangat kuat dan pekat. Macchiato juga dikenal sebagai kopi dengan konsentrasi tinggi kedua setelah espresso.

5. Latte

nibble.id

Ketika busa susu dan susu ditambahkan ke espresso, minuman itu disebut latte. Misalkan cangkir berisi 100 ml, maka busa susu dan espresso masing-masing terdiri dari 25 ml dan susu akan terdiri dari 50 ml. Ini relatif kurang terkonsentrasinya dan lembut.

6. Cappuccino

thespurceeats.com

Ketika busa susu dan susu ditambahkan ke espresso, maka minumn itu disebut cappuccino. Di sini, masing-masing terdiri dari tiga komposisi, yaitu busa susu, susu dan espresso, yang masing-masing sama jumlahnya. Busa susu + susu + espresso (semua takaran sama) = cappuccino

7. Mocha

completelydelicious.com

Sirup cokelat ditambahkan ke dalam latte, maka jadilah Mocha. Versi lainnya, sirup cokelat ditambahkan dengan busa susu, kemudian ditambah susu dan secangkir espresso, jadilah Mocha.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan jenis-jenis sajian kopi yang cocok untuk lidahmu? Jadi nggak bakal salah pesan, nih!

IDN Media Channels

Latest from Food