Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Inspirasi Menu Hidangan Lezat Saat Perayaan Natal

Dari makanan manis sampai yang asin, semua ada

Annisa Nur Fauzi

Setiap perayaan penting seperti Natal, pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Selain berdoa bersama, hari Natal biasa dirayakan dengan makan bersama keluarga besar. Tak heran jika akhirnya ada banyak sekali menu-menu hidangan khas Natal.

Natal semakin dekat tapi masih bingung ingin menyajikan makanan apa? Berikut ini ada 7 inspirasi menu hidangan lezat yang cocok untuk menemani santapan Natal kalian. Yuk simak, Bela!

1. Ayam Kalkun Panggang

simplyrecipes.com

Ayam kalkun panggang khas Eropa ini bukan hanya menjadi santapan khas "Thanksgiving" saja, melainkan juga hidangan khas Natal. Dengan ukurannya yang lebih besar dari ayam, menu ini sangat cocok dijadikan menu makan bersama keluarga besar.

Dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah membuat daging kalkun terasa sangat lezat, gurih, dan empuk. Sebagai pelengkap, mereka menyertakan kentang panggang dan sayuran lainnya. 

2. Gingerbread Cookies

cookingclassy.com

Gingerbread yang terbuat dari campuran remah roti, kacang almond, rosewater, jahe, dan gula, ini adalah makanan ringan khas Eropa. Biasanya kue ini berbentuk manusia. Pada saat musim Natal seperti ini, kue jahe juga dibentuk menjadi pohon Natal atau pun butiran salju. Lalu dihias dengan warna-warna identik dari Natal. 

3. Apple Pastry

southernliving.com

Apple Pastry atau Apple Pie, merupakkan makanan khas Inggris yang cukup digemari oleh orang-orang di Indonesia. Apple pie sering dikonsumsi ketika Natal karena rasanya yang lezat. Lapisan luarnya yang renyah dan di bagian dalamnya terdapat buah apel manis yang lembut.

4. Poporcis

resepharian.com

Poporcis masih sedikit asing dikenal sebagai kue Natal. Namun, bagi yang tinggal di Ambon Maluku, merayakan Natal tanpa Porpocis rasanya kurang lengkap. 

Poporcis sendiri diadaptasi dari kuliner Belanda, bernama asli Poffertjes. Bentuknya yang mirip dengan pancake atau dorayaki ini berbahan dasar tepung terigu dan labu kuning. Cocok sebagai teman minum teh atau kopi. 

5. Klappertart

fatatuls.wordpress.com

Klappertart merupakan kue khas Manado yang berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, telur, dan mentega. Klappertart sangat cocok dinikmati saat masih dingin. Meskipun sudah menjadi ikon Sulawesi Utara, namun klapertart sebenarnya bukanlah makanan asli Indonesia, namun dari Belanda. 

6. Babi Guling

pork.com.au

Babi panggang atau sering disebut babi guling merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari anak babi betina atau jantan. Bagian perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran. DImasak dengan cara diputar-putar di atas api (diguling-gulingkan) sampai matang. 

7. Ayam Rica-Rica

sipendik.com

Ayam rica-rica salah satu hidangan khas Manado untuk mengisi menu di perayaan Natal. Dengan berbahan dasar ayam, dicampur dengan bumbu-bumbu pedas, seperti cabai merah atau cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serta sedikit garam dan gula. 

Itulah beberapa makanan yang biasa disajikan di Indonesia saat Natal tiba. Lezat-lezat kan? Selamat mencoba Bela!

IDN Media Channels

Latest from Food