Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kontroversi! 5 Rancangan Desainer yang Terinspirasi dari Simbol Agama

Sampai ditegur MUI

Rara Peni Asih

Ide bisa datang kapan aja. Bahkan kadang tiba-tiba muncul karena terinspirasi dari apa yang kita lihat atau lekat dengan keseharian. Tak terkecuali para fashion desainer, setiap  fashion item yang diciptakan pasti berasal dari ide atau gagasan cemerlang, absurd hingga menimbulkan kontroversi.

Misalnya saja desain gaun yang terinspirasi dari simbol agama. Ada yang mendapat sambutan positif, tapi ada pula yang diprotes keras. Berikut koleksi rancangan para desainer yang terinspirasi dari simbol agama.

1. Jean Paul Gaultier Fall/Winter 1993

www.harpersbazaar.com

Koleksi Fall/Winter 1993 Jean Paul Gaultier terinspirasi dari penampilan kaum Yahudi Ortodoks. Makanya koleksi Jean Paul Gaultier ini bernama ‘Chic Rabbis’. Saat fashion show, para model tampil mengenakan long coats, topi kolpik, dan rambut kepang palsu. 

Persis seperti penampilan Yahudi Ortodoks. Salah satu fashion Jurnalis tidak setuju dengan koleksinya dan menilai Jean Paul Gaultier udah kelewat batas.

2. Atelier Versace Fall/Winter 1997

Pinterest.com

Salah satu koleksi Atelier Versace Fall/Winter 1997 yang tak terlupakan adalah dress warna emas dengan sulaman salib Bizantium yang dikenakan model bernama Debra Shaw. Couture show ini disambut baik oleh para pencinta fashion dan media.

3. Chanel Haute Couture Spring/Summer 1994

Pinterest.com/backalleypics.net

Dulunya, Chanel pernah mendapat teguran dari Hasan Basri, yang saat itu menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia. Polemik ini muncul karena rancangan Karl Lagerfeld yang saat itu menjadi desainer untuk Chanel. Ketiga karyanya menuai protes dari komunitas Islam karena menggunakan simbol agama Islam.

Salah satu yang diprotes keras adalah gaun dengan potongan rendah yang mengekspos bagian dada bertuliskan surat Yasin ayat 21 dan Al An’am ayat 182. Karl juga sangat terkejut, karena ia hanya tahu bahwa tulisan tersebut adalah sebuah puisi. Protes MUI disambut baik, Chanel meminta maaf dan membakar koleksi tersebut.

4. Jean Paul Gaultier Couture Spring/Summer 2007

blog.neonscope.com

Koleksi Jean Paul Gaultier Couture S/S 2007 terinspirasi dari agama Katolik. Gaunnya diilustrasikan sangat cantik dengan artwork Virgin Mary atau Bunda Maria di atas bahan berwarna biru langit. 

5. Gucci Fall 2018

fashionjournal.com.au

Koleksi Gucci yang merilis Indy Turban begitu cepat mendapat reaksi negatif. Tak hanya Gucci, Nordstrom sebagai departemen store mewah yang menjual koleksi turban berwarna biru juga ikut mendapat teguran. 

Karena koleksi turban Gucci dinilai kurang pantas untuk dijadikan sebagai aksesori fashion. Sementara turban sebagai simbol agama dan digunakan oleh para Sikh.

Walau kedua industri fashion tersebut tidak berniat menyinggung suatu kelompok, keduanya meminta maaf dan memutuskan menarik Indy Turban dari daftar penjualan.  

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends