Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dulu Dipakai Pria, Ini Fakta Legging yang Jadi Favorit Perempuan

Ketat tapi super nyaman

Rara Peni Asih

Fungsi legging yang kita tahu biasanya dipakai untuk berolahraga. Namun karena kenyamanannya, membuat fungsi legging bertransformasi. Ya, yang tadinya hanya dipakai saat lari, yoga hingga renang, justru legging menjadi fashion item wajib untuk dikenakan sehari-hari.

Misalnya untuk ke kantor, atau saat hangout. Tapi benar nggak sih munculnya legging itu dibuat karena kebutuhan perempuan mengenakan celana nyaman saat berolahraga?

1. Ternyata, pada abad ke-14, legging dikenakan pertama kali oleh pria. Lalu, barulah perempuan mengadaptasi legging pada abad ke-19. Namun dulunya legging yang dikenakan para pria dibagi jadi dua, casual dan untuk prajurit. Era modern kini, para pria mengenakan legging untuk berolahraga.

2. Lalu di tahun 1957, legging mulai populer di kalangan kaum hawa sejak Audrey Hepburn mengenakan celana super skinny dan ketat dalam film musikal berjudul “Funny Face”. Sejak saat itu, legging jadi ‘It fashion item’.

crfashionbook.com

3. Sekitar tahun 1958, ahli kimia bernama Joseph Shivers menemukan bahan lycra atau spandex yang menjadikan legging berbahan lycra rilis di tahun 1959. Inovasi ini mendorong industri fashion mengeluarkan koleksi celana ketat alias legging sejak tahun 60an.

twitter.com/inventorshof

4. Memasuki tahun 83, legging masuk sebagai kategori outfit aerobic sejak model ternama Jane Fonda merilis video olahraga aerobic yang menjadi pengalaman pertama kali baginya.

Liveabout.com

5. Masuk ke tahun 85, legging menjadi ciri khas gaya disko. Salah satu yang paling berpengaruh saat itu ialah Madonna. Ia pernah mengenakan legging brokat saat tampil di panggung.

whowhatwear

6. Lalu pada tahun 90an, perubahan desain dan padu padan legging mulai lebih simple setelah dikenakan Cindy Crawford saat pemotretan untuk majalah Life.

whowhatwear

7. Barulah tahun 2000, legging menggantikan jeans dan jenis celana lainnya. Legging menjadi sebuah tren semenjak seleb seperti Nicole Richie, the Olsen twins, Paris Hilton, dan Lindsay Lohan tertangkap kamera mengenakan celana ketat ini.

popsugar.com

8. Hingga kini pun, legging nggak hanya dikenakan untuk berolahraga di rumah atau gym. Namun legging bisa dikenakan untuk sehari-hari karena nyaman dan mudah dipadu padankan dengan t-shirt hingga sweater.

sassydaily.co.uk

Apakah kamu salah satu fans legging garis keras, Bela?  

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends