Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Bahan yang Cocok untuk Membuat Masker Kain Rumahan

Pilih-pilih bahannya dulu yuk!

Rara Peni Asih

Pasti kamu sudah aware kan kalau Pemerintah Indonesia menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker kain setiap keluar rumah agar mengurangi risiko terinfeksi Covid-19?

Jadi, bagi kamu yang mau buat masker kain sendiri aka DIY, sebelum cari tahu cara membuatnya, ada hal penting yang harus jadi pertimbangan pertama. Ya, kamu harus tahu dulu bahan yang cocok dijadikan sebagai masker pelindung dari Covid-19.

Berikut katun yang aman buat bikin masker DIY:

1. Katun

Dok. Internet

Bahan 100% katun tentu sangat nyaman dipakai karena daya serapnya tinggi. Selain itu teksturnya pun lembut. Kamu nggak perlu repot belanja bahan, cari saja kaos oblong katun milikmu. Katun campuran pun nggak masalah. 

Menurut peneliti Cambridge University, jika bahan katun 100% bisa lindungi kita sebanyak 51%, katun campuran justru fungsinya bisa mencapai 70%.

2. Flanel

Dok. Internet

Punya kemeja flanel yang sudah tidak dipakai? Nah, manfaatkan flanel mu untuk dijadikan masker karena teksturnya yang tebal.

3. Linen

Dok. Internet

Kain linen tingkat serapnya lebih tinggi dibanding katun. Nggak usah bingung, kamu bisa jadikan serbet dapur yang belum pernah dipakai untuk dijadikan sebagai masker kain. Bahan linen mampu melindungi kita terpapar partikel virus sebesar 62%.

4. Sutra

Dok. Internet

Teksturnya yang lembut di kulit sudah tak diragukan lagi. Bahan sutra cocok dijadikan masker kain karena terbuat dari bahan alami, jadi aman deh buat yang kulitnya sensitif. Masker kain bahan sutra bisa melindungi kita dari partikel virus sebesar 54%.

5. Kantung Filter Vacum Cleaner

Dok. Internet

Walau menurut penelitian bahan flanel justru lebih baik dibandingkan kantung filter vacum cleaner, namun bahan yang satu ini bisa jadi alternatif, karena bisa terhindar dari partikel virus sebanyak 86%. Tetapi,  tak semua kantong filter penyedot debu aman dijadikan sebagai filter masker kain atau dijadikan masker kain. 

Sebab, ketebalan beberapa penyedot debu berbeda, dan bisa membuat kita susah bernapas.

6. Kertas Filter Kopi

Dok. Internet

Walau kertas filter kopi tipis, kamu bisa membuat masker kain menggunakan filter kopi berlapis-lapis. Pastikan kamu tetap bisa dengan mudah bernapas.

Pasti kamu punya kan beberapa bahan di atas? Kamu harus utamakan bahan yang kamu pilih nggak bikin kamu sesak napas ya. Intinya harus nyaman.

Demi mengurangi risiko terpapar droplet dari orang yang telah terinfeksi Covid-19, yuk segera hunting bahan yang ada di rumah atau via online untuk bikin masker kain DIY. Selamat mencoba ya, bring out your creativity!

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends