Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pakaian di Film dan Serial Populer yang Diangkat dari Sejarah Nyata

Ada yang persis aslinya!

Natasya Fitranda Putri

Momen fashion di film atau serial populer sering menjadi topik perbincangan para pengamat mode, terutama apabila pakaian yang ditampilkan terinspirasi dari sejarah nyata. Salah satu genre yang banyak menampilkan kostum dari sejarah nyata adalah period, mengingat keterikatannya dengan suatu era klasik tertentu. Nggak hanya genre period, film atau serial biography juga mengutamakan pakaian semirip mungkin yang pernah dikenakan oleh tokoh aslinya. Hal ini menjadi tugas dari pengarah gaya untuk mengatur kostum para pemain sesuai dengan suatu era atau momen asli yang pernah terjadi. Selama ini, sudah terdapat beberapa pengarah gaya yang memenangkan penghargaan berkat kostum yang disebut historically accurate oleh para ahli.

Banyak menarik perhatian, seperti apa kostum dari film atau serial populer yang diangkat dari sejarah nyata? Simak terus, ya!

1. Salah satu kostum film yang disebut historically accurate adalah Marie Antoinette di tahun 2006. Diperankan oleh Kirsten Dunst, sang aktris tampil a La sang Ratu Perancis dengan gaya khasnya yang glamor, nyentrik, dan extravagance. Mengenakan gaun-gaun bervolume dengan warna cerah hingga tatanan rambut tinggi, Kirsten Dunst totalitas tunjukkan tren Rococo fashion yang dipopulerkan oleh Marie Antoinette di tahun 1700-an.

pinterest.com/vogue.com

2. Film Little Women berhasil memenangkan penghargaan “Best Costumes” di ajang Oscars 2020. Jacqueline Durran, sang stylist mengatur gaya para March siblings dengan gaun dan voluminous frock yang sesuai seperti di era tahun 1860-an.

newyorker.com/pinterest.com

3. Tahun 2020 lalu, Anya Taylor-Joy berperan sebagai karakter Emma pada film yang diangkat dari novel klasik Jane Austen. Pada film ini, Alexandra Byrne selaku penata gaya memberikan Emma wardrobe penuh dengan pakaian bewarna cerah dan kain bermut. Desain gaun sehari-hari bewarna putih dan aksesori shawl juga sesuai seperti pakaian perempuan di tahun 1800-an.

tumblr.com/dok.com

4. The Great Gatsby merupakan film terbaik yang menunjukkan momen fashion bersejarah di tahun 1920-an. Pada era ini, fashion berkembang menjadi lebih berani, sensual, dan glamor dengan gaun-gaun berhiasan berlian hingga aksesori headpiece yang khas. Daisy Buchnanan, karakter pada film The Great Gatsby menjadi contoh sempurna untuk pakaian perempuan sosialita di era tersebut.

pinterest.com/wikipedia.com

5. Beth Harmon, karakter utama di serial Netflix populer The Queen's Gambit tampilkan momen fashion yang elegan dan lebih modern pada era 1960-an. Beth Harmon ikonik mengenakan pakaian minimalis dan kasual yang dihiasi nuansa cool tone. Pakaian pada serial ini juga terinspirasi dari gaya para tokoh ikonik di era tersebut seperti Audrey Hepburn, Jean Seberg, Edie Sedgwick, dan Juliette Gréco.

fanpop.com/zeitgeist.com

6. Sebagai fashion icon sejati, Putri Diana akan selalu ikonik dengan seluruh pakaian yang pernah ia kenakan. Emma Corrin, pemeran Putri Diana pada serial The Crown kenakan outfit yang didesain mirip dengan pakaian asli sang Princess of Wales. Serial ini menampilkan Emma Corrin mengenakan style ikonik Putri Diana mulai dari gaun pernikahan, pakaian tunangan, hingga outfit saat kunjungan. Salah satunya adalah potret satu ini saat Emma Corrin samakan gayanya head-to-toe dengan Putri Diana.

harpersbazaar.com/thesun.co.uk

7. Nggak hanya Putri Diana, pakaian milik Ratu Elizabeth juga ditampilkan pada serial The Crown. Salah satu momen fashion yang diangkat dari sejarah nyata adalah saat Ratu Elizabeth bertemu dengan Presiden John F. Kennedy dan First Lady Kennedy, mengenakan periwinkle blue tulle gown lengkap dengan perhiasan sapphire serba mewah.

imdb.com/pinterest.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends