Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Karya Jean Paul Gaultier Paling Ikonik, Desainer Favorit Artis Dunia

Semua desainnya nyentrik

Nabila Marshanda Aliescha

Jean Paul Gaultier adalah seorang desainer asal Prancis yang semakin bersinar ketika pakaian berdetail cone bra hasil rancangannya populer di era 80-an. Bahkan Queen of Pop Madonna sempat tampil di atas panggung konser Blonde Ambition pada tahun 1990 menggunakan cone bra corset bodysuit yang didesain langsung oleh Jean Paul Gaultier.

Berkarier sejak tahun 1976 silam, sudah banyak deretan karya Jean Paul Gaultier yang dianggap out of the box dan mempunyai ciri khas tersendiri sehingga masih menjadi ikonik sampai hari ini. Selain pakaian cone bra, selengkapnya simak di bawah ini!

1. Kendall Jenner merupakan salah satu model yang sering mengenakan bodycon dress rancangan Jean Paul Gaultier. Pada tahun 2020, Kendall Jenner tampil dengan two-pieces butterfly-print dari koleksi vintage Spring/Summer 1994 ketika menghadiri London Fashion Week.

vogue.com

2. Aksi braless oleh supermodel Eva Herzigova saat ia mengenakan black striped cut-out dress rancangan Jean Paul Gaultier langsung jadi perbincangan hangat masa itu. Selain Eva Herzigova, cut-out dress yang ia bawakan pada show Fall/Winter 1992 tersebut sempat dikenakan oleh Madonna saat melakukan catwalk untuk amfAR Fashion Show di tahun yang sama. Lalu tiga puluh tahun kemudian, gaya ini kembali di re-create oleh Kim Kardashian ketika ia menghadiri Jean Paul Gaultier Fall 2022 Couture show.

i-d.vice.com

3. Koleksi lain dari Jean Paul Gaultier yang timeless adalah striped t-shirt. Diciptakan untuk koleksi ready-to-wear menswear, striped sailor shirt rancangan Jean Paul Gaultier ini terinspirasi dari film berjudul Querelle yang rilis tahun 1983 silam.

jeanpaulgaultier.com

4. Lewat tangan kreatif Jean Paul Gaultier, stripe pattern t-shirt dapat bertransformasi menjadi sebuah gaun. Menjadi bagian dari koleksi haute couture Spring 2000, long sleeves gown yang ditampilkan di rumah mendiang seniman Marie-Laure de Noailles ini diberi detail feathers pada bagian tail supaya memberi kesan fancy khas masyarakat urban Prancis.

vogue.com

5. Jean Paul Gaultier pernah menampilkan strapless gown berdetail feathers yang terlihat seperti celana denim pada fashion show Spring 1999 Haute Couture di Paris. Gaun unik ini memperlihatkan dua tone warna berbeda di bagian bottom line.

vogue.com

6. Di show yang sama, Jean Paul Gaultier terus memamerkan kreativitasnya lewat deretan mermaid tail gown dengan berbagai macam detail menarik. Kali ini, sang desainer andalkan embellished folding fan layaknya pattern berbentuk 3D sehingga membuat ilusi seperti sirip ikan.

vogue.com

7. Selain deretan gaun-gaun mewah, Jean Paul Gaultie juga merilis koleksi bodysuit untuk ready-to-wear Fall/Winter 1995. Nyentrik sekaligus edgy, pattern yang diterapkan pada bodysuit ini ternyata terinspirasi dari karya lukisan Victor Vasarely, lho.

vogue.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends