Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kontroversi Balenciaga Paling Viral Sepanjang Tahun 2022

Hingga alami kerugian

Hafidhza Putri Andiza

Balenciaga menjadi salah satu fashion brand paling diperbincangkan tahun ini. Selain merilis berbagai koleksi yang menarik perhatian, Balenciaga turut membuat beberapa kontroversi hingga mengundang  berbagai komentar dari para masyarakat dan publik figur terkenal. Bahkan salah satu kontroversinya membuat Balenciaga alami kerugian besar yang mencapai ratusan miliar rupiah. Berikut 7 kontroversi Balenciaga paling viral sepanjang tahun 2022. 

1. Balenciaga membuat Kim Kardashian rela 'melilit' tubuh menggunakan lakban kuning dengan detail logo Balenciaga saat hadir di fashion show Balenciaga untuk koleksi Fall/Winter 2022.

instagram.com/kimkardashian

2. Pada Balenciaga Spring 2023 yang dilaksanakan di New York Stock Exchange, para model berjalan mengenakan penutup wajah ketat berbahan latex yang cukup sesak sehingga membuat para model tampak sulit bernapas.

balenciaga.com

3. Tahun ini Balenciaga juga merilis koleksi kolaborasinya dengan adidas. Walau terlihat keren, kolaborasi ini turut menimbulkan kontroversi karena harga yang terbilang cukup mahal, sebab desain yang hampir serupa dengan versi baju adidas pada umumnya.

instagram.com/diet_prada

4. Balenciaga turut merilis beberapa koleksi alas kaki yang memicu berbagai komentar di media sosial. Seperti koleksi Balenciaga Stan Smith berupa sepatu dengan desain dibuat seakan tua, bekas, sengaja dibuat kotor, serta detail sol yang dibuat seakan tipis karena pemakaian yang berlebihan dan sandal jepit bentuk botol plastik bekas air mineral dengan detail tutup botol warna biru beraksen logo "BB".

balenciaga.com

5. Selain sepatu, Balenciaga juga merilis tas yang viral di media sosial, seperti tas bentuk kantong sampah yang dijual seharga 26 jutaan rupiah dan tas clutch dengan bentuk layaknya sebungkus keripik kentang Lay's yang dijual dengan harga sekitar 27 juta rupiah.

balenciaga.com

6. Balenciaga semakin menjadi perbincangan karena mengadakan fashion show dengan konsep lokasi yang "nggak biasa", seperti untuk koleksi Fall/Winter 2022 dengan tata panggung melingkar dengan efek menggambarkan keadaan Ukraina saat perang, hingga fashion show Spring/Summer 2023 yang menggunakan gudang tertutup dan terendam tanah longsor yang berlumpur dengan tekstur dan ketinggiannya bergelombang yang terdapat banyak kolam dan genangan air.

balenciaga.com

7. Last but not least, merupakan aksi Balenciaga paling kontroversial sepanjang 2022 yaitu perilisan Holiday Campaign khusus lini anak-anak yang memegang boneka beruang yang menggunakan berbagai hardware dan strap kulit yang khas dengan praktik erotis BDSM. Campaign ini membuat Balenciaga alami kerugian hingga ratusan miliar.

vogue.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends