Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Tahu! Ini 10 Variasi Bentuk Kerah Baju, Sesuaikan dengan OOTD

Sangat beragam lho!

Dayang Puspita Ranupani

Pemilihan bentuk kerah baju yang tepat memang dibutuhkan sesuai kebutuhan dalam berpakaian. Mulai dari menghadiri acara formal sampai gaya kasual, kini tren collar juga sudah jadi fashion statement bagi para pencinta fashion. Kerah berukuran kecil sampai sangat besar sekalipun, pemilihan bentuk kerah baju bisa membuat penampilan jadi lebih fashionable.

Tahukah kamu, macam-macam bentuk kerah baju nyatanya sangat beragam, lho! Nah, Popbela akan kasih tahu sepuluh di antaranya. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Peterpan collar merupakan bentuk kerah baju yang kecil dan identik dengan ujung sisinya yang rounded. Kerah peterpan termasuk ke dalam jenis kerah rebah.

wearall.com

2. Sesuai dengan namanya, wing collar ialah kerah yang bentuknya menyerupai sayap. Kerah rebah ini cenderung kaku dengan ujung sisinya yang pointed dan memanjang.

vogue.es

3. Biasa jadi statement, puritan collar merupakan bentuk kerah baju yang mirip dengan kerah peterpan. Bedanya, kerah puritan punya ukuran yang jauh lebih besar dan melebar. Ujung kerahnya yang melengkung biasanya menutupi hampir semua bagian bahu.

instyle.com

4. Ruffle collar merupakan macam kerah baju yang dibentuk dari tumpukan kain atau lace di sekitar garis leher. Jenis kerah ini mampu memberikan tampilan yang lebih feminin.

fashionista.com

5. Tie-neck ialah bentuk kerah baju yang dilengkapi dengan kain atau tali memanjang yang dapat diikat. Aksen tali ini biasa diikat dalam bentuk pita yang manis.

fashionista.com

6. Chelsea collar identik dengan bentuk kerahnya yang wide-cut. Punya potongan leher yang rendah dan melebar, jenis kerah ini tampak seperti potongan leher v-neck yang ditambahkan kerah.

stylist.co.uk

7. Mandarin collar merupakan jenis kerah tegak dengan slit atau belahan di bagian tengahnya. Kerah ini biasanya memiliki ujung sisi yang kotak maupun melengkung.

fashionista.com

8. Jabot collar memiliki ciri khas kerah yang dibentuk dari kain atau lace yang jatuh dan menupuk ke bagian depan dada. Aksen rumbai pada kerah jabot mampu memberikan tampilan kerah yang decorative.

ceal.pt

9. Punya bentuk yang menyerupai jubah, kerah cape identik dengan kain yang memanjang dari bagian garis leher. Panjang kerah ini juga bermacam-macam, mulai dari yang pendek sebahu sampai sepanjang kaki.

instyle.com

10. Last but not least, kerah tegak yang satu ini jadi favorit banyak perempuan. Yup, turtleneck. Jenis kerah ini punya bentuk yang tinggi melingkari leher hingga menutup seluruh bagian leher.

twelveofour.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends