Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Mengukur Tubuh Perempuan untuk Menentukan Ukuran Pakaian

Nggak salah pilih size baju

Dayang Puspita Ranupani

Sebagian orang mungkin belum familiar dengan istilah-istilah mengukur tubuh untuk pakaian, seperti lingkar dada, panjang inseam, dan sebagainya. Padahal, hal ini penting untuk dicatat sebelum membeli pakaian baru maupun menjahit pakaian sendiri.

Yuk, siapkan pita meteranmu untuk mengetahui ukuran baju yang pas di tubuh. Popbela akan kasih tahu cara mengukur lingkar tubuh selengkapnya di bawah ini.

1. Ambil ukuran lingkar dada. Lakukan dengan melilitkan pita meteran dari punggung, di bawah ketiak, sampai sejauh bagian depan dada yang paling penuh. Pastikan pita meteran tidak terlalu ketat dan beri sedikit ruang. Ini dilakukan supaya baju nantinya tidak terlalu ngepas di tubuh.

swmphs.com

2. Untuk menentukan ukuran lingkar pinggang, lakukan hal yang sama dengan melilitkan pita meteran. Lakukan dari titik yang paling kecil pada bagian pinggang. Usahakan untuk rileks saat mengambil ukuran, tidak menggembungkan perut maupun menarik perut ke dalam.

grouponcdn.com

3. Lakukan pengukuran lingkar pinggul. Lilitkan pita meteran di bagian yang paling lebar pada pinggul, biasanya sekitar 20 cm di bawah titik lingkar pinggang. Pastikan pita meteran tidak terlilit saat mengukur bagian ini.

verywellfit.com

4. Tentukan panjang ukuran inseam. Cara menentukan ukuran inseam ialah dengan mengukur panjang dari pangkal paha sampai ke pergelangan kaki. Sebaiknya minta bantuan orang lain supaya lebih tepat.

squarespace.com

5. Ukur bagian tubuh lain yang dibutuhkan sesuai jenis pakaian, seperti mengukur lebar bahu, panjang lengan, panjang punggung, dan sebagainya. Selalu pastikan untuk mengukur bagian tubuh dari titik yang paling lebar atau titik yang paling panjang.

queenderella.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends