Nggak jarang kamu kebingungan saat ingin membeli sepatu secara online. Wajar saja karena nggak bisa coba langsung, kamu jadi ragu untuk menentukan mana ukuran yang pas. Cara untuk mengetahui ukuran sepatu sebenarnya cukup mudah, lho. Popbela punya beberapa tips untuk membantu kamu menentukan ukuran sepatu yang pas, jadi nggak bingung lagi kalau mau beli sepatu online. Selengkapnya baca di bawah ini.

1. Gambar jejak kakimu pada selembar kertas

Tips Menentukan Ukuran Sepatu saat Belanja Onlinebikeradar.com

Nggak perlu ribet, kamu bisa gunakan bahan yang ada di rumah seperti kertas, pulpen, penggaris, atau meteran untuk menentukan ukuran sepatumu. Caranya mudah, cukup gambar jejak kakimu di atas selembar kertas. Tarik garis mulai dari sisi atas hingga tumit kaki. Jika sudah selesai, langkah selanjutnya ialah proses pengukuran panjang kaki.

2. Ukur panjang kaki menggunakan penggaris atau pita meteran

Tips Menentukan Ukuran Sepatu saat Belanja Onlineparenting.firstcry.com

Jika kamu sudah punya jejak kakimu pada selembar kertas, kamu tinggal ukur panjang kaki menggunakan penggaris atau pita meteran. Jangan lupa berikan sedikit panjang tambahan untuk memberikan ruang antara kaki dan sepatu. Kemudian bandingkan hasilnya dengan tabel standar ukuran sepatu internasional.

3. Cek panjang kakimu dengan standar shoe size yang ada di online store

Tips Menentukan Ukuran Sepatu saat Belanja Onlineshutterstock.com

Sudah tahu panjang dan lebar kaki, kamu bisa cek standar shoe size yang ada di halaman online store tempat kamu akan membeli sepatu. Misalnya, ukuran umum sepatu yang biasa digunakan untuk panjang kaki 24,5 cm ialah size 39.

4. Lihat tabel standar ukuran sepatu internasional

Tips Menentukan Ukuran Sepatu saat Belanja Onlinethewhiteatelier.co

Kalau online store tempat kamu akan membeli sepatumu tidak menyediakan standar shoe size, maka bisa bandingkan panjang kakimu dengan tabel standar ukuran sepatu internasional. Kamu juga bisa lihat perbandingan ukuran sepatu dalam size EU, US, maupun UK yang berbeda-beda. Hal ini memudahkan dalam mengkonversikan ukuran sepatumu.

5. Sebaiknya ukur panjang kaki di sore hari

Tips Menentukan Ukuran Sepatu saat Belanja Onlinewallpaperflare.com

Jangan salah, ukuran kaki dapat berubah-ubah lho, Bela. Waktu yang paling tepat untuk mengukur panjang kaki ialah pada sore hari. Ini karena ukuran kaki akan lebih besar pada waktu tersebut.

Baca Juga: Cara Mengeringkan Sepatu Basah dengan Mudah dan Cepat

Baca Juga: Yuk, Buat Koleksi Sepatu Kulit Lebih Berkilau dengan 5 Bahan Ini!

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Kumpulan Sepatu Suede dari Brand Lokal