Sebagian orang mungkin belum familiar dengan istilah-istilah mengukur tubuh untuk pakaian, seperti lingkar dada, panjang inseam, dan sebagainya. Padahal, hal ini penting untuk dicatat sebelum membeli pakaian baru maupun menjahit pakaian sendiri.

Yuk, siapkan pita meteranmu untuk mengetahui ukuran baju yang pas di tubuh. Popbela akan kasih tahu cara mengukur lingkar tubuh selengkapnya di bawah ini.

1. Ambil ukuran lingkar dada. Lakukan dengan melilitkan pita meteran dari punggung, di bawah ketiak, sampai sejauh bagian depan dada yang paling penuh. Pastikan pita meteran tidak terlalu ketat dan beri sedikit ruang. Ini dilakukan supaya baju nantinya tidak terlalu ngepas di tubuh.

Cara Mengukur Tubuh Perempuan untuk Menentukan Ukuran Pakaianswmphs.com

2. Untuk menentukan ukuran lingkar pinggang, lakukan hal yang sama dengan melilitkan pita meteran. Lakukan dari titik yang paling kecil pada bagian pinggang. Usahakan untuk rileks saat mengambil ukuran, tidak menggembungkan perut maupun menarik perut ke dalam.

Cara Mengukur Tubuh Perempuan untuk Menentukan Ukuran Pakaiangrouponcdn.com

3. Lakukan pengukuran lingkar pinggul. Lilitkan pita meteran di bagian yang paling lebar pada pinggul, biasanya sekitar 20 cm di bawah titik lingkar pinggang. Pastikan pita meteran tidak terlilit saat mengukur bagian ini.

Cara Mengukur Tubuh Perempuan untuk Menentukan Ukuran Pakaianverywellfit.com

4. Tentukan panjang ukuran inseam. Cara menentukan ukuran inseam ialah dengan mengukur panjang dari pangkal paha sampai ke pergelangan kaki. Sebaiknya minta bantuan orang lain supaya lebih tepat.

Cara Mengukur Tubuh Perempuan untuk Menentukan Ukuran Pakaiansquarespace.com

5. Ukur bagian tubuh lain yang dibutuhkan sesuai jenis pakaian, seperti mengukur lebar bahu, panjang lengan, panjang punggung, dan sebagainya. Selalu pastikan untuk mengukur bagian tubuh dari titik yang paling lebar atau titik yang paling panjang.

Cara Mengukur Tubuh Perempuan untuk Menentukan Ukuran Pakaianqueenderella.com

Baca Juga: Cara Mudah Mengukur Celana Jeans Tanpa Coba di Fitting Room

Baca Juga: Masih Bingung? Ini Tips Menentukan Ukuran Baju yang Jitu

Baca Juga: Tips Menentukan Ukuran Sepatu saat Belanja Online