Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tanpa Merusak Bentuk, Ini Cara Tepat Membersihkan Topi Baseball

Jangan asal dicuci

Dayang Puspita Ranupani

Mencuci topi penting untuk dilakukan setiap beberapa bulan sekali supaya tetap bersih dan nggak kelihatan kusam. Namun hal ini butuh perhatian khusus buat kamu para penggemar topi baseball. Membersihkan baseball memang nggak boleh sembarangan, karena bisa merusak bentuknya. Yuk, simak selengkapnya cara tepat membersihkan topi baseball supaya tetap awet!

1. Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

freepik.com

Untuk membersihkan topi baseball dengan benar, kamu butuh alat dan bahan yang tepat. Persiapkan wadah, handuk kecil, sikat gigi bekas, dan sabun pembersih. Pastikan sabun atau deterjen yang kamu pilih tidak mengandung bahan pemutih ya, Bela.

2. Hindari mencuci baseball dengan mesin cuci

dippedcompany.com

Jangan mencuci topi baseball  kamu dengan mesin cuci karena berisiko merusak bentuknya. Sebaiknya cuci secara manual dengan tangan supaya kualitasnya tetap terjaga. Rendam sebentar dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen supaya kotoran dan noda lebih mudah terangkat.

3. Bersihkan noda dengan sikat gigi bekas

thespruce.com

Setelah direndam, bersihkan noda yang menempel pada baseball seperti noda keringat atau kotoran. Sikat perlahan pada bagian topi yang terkena noda menggunakan sikat gigi bekas yang halus. Lakukan secara hati-hati supaya tidak merusak bentuknya. Jika sudah selesai, hindari memeras topi baseball . Cukup dengan dipijat-pijat menggunakan handuk kecil untuk menghilangkan sisa-sisa air.

4. Jemur baseball di tempat yang teduh

flickr.com

Setelah selesai dicuci, langsung jemur topi baseball. Cara yang tepat untuk mengeringkan baseball  ialah dengan air-dry dan dijemur di tempat yang teduh. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat warnanya lebih cepat pudar.

5. Simpan yang benar dengan cara digantung

thespruce.com

Jika sudah bersih, simpan topi baseball dengan benar. Untuk menjaga bentuk dan kualitasnya, simpan dengan cara digantung di tempat yang tidak lembap supaya terhindar dari jamur. Jangan sekali-kali menyimpan baseball  dengan cara dilipat karena akan merusak bentuknya.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends