Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Afi Nihaya Faradisa, Sosok di Balik Akun Twitter Natalie?

Netizen ramai-ramai spill bukti

Zikra Mulia Irawati

Afi Nihaya Faradisa kembali jadi perbincangan di media sosial. Setelah tulisannya yang sempat viral beberapa tahun lalu, ia kembali membuat heboh dengan dugaan akun Twitter Natalie yang mengunggah konten syur adalah miliknya.

Tak sedikit bukti yang mengarah kepada dugaan tersebut. Namun, Afi melalui akun Twitter pribadinya masih bersikeras bahwa pemilik akun tersebut bukan dirinya.

Lantas, siapa sesungguhnya sosok Afi Nihaya Faradisa ini? Yuk, simak profilnya berikut.

1. Kelahiran Banyuwangi

dok. Internet

Afi Nihaya Faradisa lahir dengan nama lengkap Asa Firda Inayah. Nama Afi merupakan inisial dari nama lengkapnya yang kemudian ia jadikan sebagai nama penanya. Ia lahir di Banyuwangi, Jawa Timur pada 23 Juli 1998. Saat ini, Afi tengah menetap di Yogyakarta untuk berkuliah.

2. Kuliah psikologi

dok. Internet

Saat ini, ia tengah menempuh pendidikan di Universitas Sanata Dharma jurusan psikologi. Sebelumnya, ia bersekolah di SDN 4 Yosomulyo, SMPN 1 Genteng (RSBI), dan SMA Negeri 1 Gambiran. Saat dugaan ini mencuat, beberapa netizen menemukan fakta bahwa Afi saat ini berada di semester 9 dan tinggal merampungkan skripsi.

3. Menulis di Facebook

dok. Internet

Beberapa tahun lalu, Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digandrungi masyarakat. Afi kemudian memanfaatkannya untuk mengunggah tulisannya. Salah satu yang menjadi viral adalah tulisan berjudul "Warisan".

Afi mencuri perhatian sejumlah tokoh berkat tulisan tersebut. Sebut saja Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Rektor Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, hingga Presiden Joko Widodo. Ia bahkan sampai diundang untuk menjadi pembicara di acara car free day bersama Menteri Komunikasi dan Informatika kala itu, Rudiantara.

4. Tersandung plagiarisme

Namun, netizen menemukan bukti bahwa tulisan Afi melakukan plagiarisme terhadap tulisan Mita Handayani yang berjudul "Belas Kasih dalam Agama Kita". Ia terus mengelak dari tuduhan tersebut dan membuat netizen kesal.

Hingga akhirnya beberapa waktu kemudian, Afi mengakui bahwa dirinya memang memplagiat tulisan Mita. Ia kemudian membuat video permintaan maaf dalam bahasa Inggris.

Mengejutkannya, video tersebut juga ditemukan plagiat milik Catherine Olek oleh netizen. Catherine yang mengetahui hal tersebut meminta netizen untuk tidak mem-bully Afi.

5. Afi dan Natalie adalah orang yang sama?

twitter.com/seravineu

Dugaan bahwa Afi dan Natalie adalah orang yang sama bermula dari meme buatan akun Twitter @aulrevoir. Ia membandingkan potret Afi dan Natalie yang meskipun di-blur memiliki kemiripan.

Setelah Afi mengelak, bukti justru datang lebih banyak dari akun Twitter @seravineu. Dalam sebuah utas, ia bahkan menyinggung akun Twitter @AlanaThia yang sempat menghebohkan karena mengkritik Alquran, juga milik Afi. Saat disandingkan pun, wajah ketiganya tampak mirip. Beberapa aspek dalam kehidupan Afi, Natalie, dan AlanaThia pun memiliki kesamaan.

twitter.com/seravineu

Hingga kini, belum ada titik terang apakah Afi merupakan pemilik akun Twitter Natalie dan AlanaThia. Apakah kamu mengikuti perseteruan ini, Bela? Bagaimana pendapatmu?

IDN Media Channels

Latest from Working Life