Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Artis Indonesia Meninggal Sepanjang 2022, Duka di Dunia Hiburan

Siapa saja mereka?

Zikra Mulia Irawati

Popbela mencatat setidaknya ada 11 artis Indonesia yang meninggal dunia sepanjang 2022. Setelah berjuang sekuat tenaga melawan penyakitnya, deretan figur publik yang pernah mewarnai dunia hiburan Tanah Air ini harus berpulang kepada Yang Maha Kuasa.

Mengenang kembali saat-saat terakhir mereka, di bawah ini Popbela akan merangkum riwayat penyakit serta karya mereka yang akan terus abadi di hati penggemar.

1. 16 Februari – Dorce Gamalama

instagram.com/wopandanwangi

Usai terpapar COVID-19 dan dirawat di rumah sakit selama tiga pekan, entertainer senior Dorce Gamalama mengembuskan napas terakhirnya pada 16 Februari 2022. Ia meninggal di Rumah Sakit Pusat Pertamina Extension Simprug pada pukul 07.30 WIB. 

Tak hanya terkenang karena identitas transpuannya, sosok yang akrab disapa Bunda Dorce ini punya deretan karya yang terkenang di hati penggemar. Dalam periode November 2005–Maret 2006, ia meluncurkan 9 album sekaligus sehingga dirinya menyabet gelar rekor MURI. Tak hanya itu, kepiawaiannya dalam memandu program televisi membuatnya dijuluki sebagai Oprah Winfrey Indonesia.

2. 9 Maret – Hilman Hariwijaya

instagram.com/thehilmanhariwijaya

Sosok di balik novel Lupus, Hilman Hariwijaya, tutup usia pada 9 Maret 2022. Mengutip dari Instagram Story Produser Agung Saputra, waktu kematian penulis legendaris ini adalah pukul 09.30 WIB.

Meski tak disebutkan secara gamblang, Hilman diyakini meninggal karena penyakit yang telah dideritanya selama setahun. Di dalam salah satu unggahannya, ia tampak berfoto dengan karakter Spiderman pada Desember 2021 dalam keadaan terbaring di ranjang rumah sakit.

3. 6 Juni – Purwadi (Rita Warintil)

Instagram.com/warintilofficial

Salah satu pentolan grup lawak Warintil, Purwadi alias Rita, meninggal pada 6 Juni 2022. Dikabarkan oleh akun Instagram resmi Warintil, kabar duka ini disampaikan kepada publik. 

Ragil Mahardika atau yang lebih dikenal dengan sapaan Bunda Ragil merupakan salah satu sosok yang berduka atas kepergian Purwadi. Dalam Instagram Story, ia mengungkap salah satu pemain sitkom Kontrakan Rempong ini sempat sakit sebelum tutup usia.

4. 23 Juni – Rima Melati

Dok. Internet

Di masa jayanya, Rima Melati merupakan bintang yang kerap bersliweran di televisi dan layar lebar. Namun, 23 Juni pukul 15.25 WIB lalu sebuah kabar duka datang. Aktris bernama asli Marjolein Tambayong ini meninggal di usia 84 tahun.

Keluarga mengungkap, Rima menderita penyakit ulkus dekubitus. Usai dirawat selama dua pekan, ia justru mengalami infeksi paru-paru dan ginjal. Puncaknya, aktris penyabet Piala Citra ini mengalami gagal jantung saat hendak pindah ruangan. Tak kuasa melihatnya menderita, pihak keluarga pun akhirnya mengikhlaskan kepergiannya.

"Jadi, ketika saya mau pindah, sepertinya ibu drop. Dokter langsung lari, perawat lari, bilang ke saya, 'Ibu gagal jantung' ... Akhirnya dilakukan pertolongan pertama. Di situ saya merasa bahwa memang sebaiknya ibu sudah saatnya untuk pergi," ujar sang putra, Aditya Tumbuan, dikutip dari CNN Indonesia.

5. 5 Juli – Bob Tutupoly

Twitter.com/AdibHidayat

Pada 5 Juli, tepatnya pukul 00.03 WIB, penyanyi senior Bob Tutupoly dinyatakan meninggal dunia. Ia mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Mayapada karena komplikasi penyakit. Pria bernama asli Bobby Willem Tutupoly ini tenar pada 1970-an karena lagunya yang berjudul "Widuri". 

6. 10 Juli – Rini S. Bon Bon

Dok. Internet

Sudah sejak 1996 komedian Rini S. Bon Bon mengidap diabetes melitus. Hingga pada 10 Juli lalu, Tuhan memanggilnya untuk berpulang di usianya yang ke-51. Salah satu rekan pelawak yang mengabarkan kematiannya adalah Qubil. Ia mengatakan, sosok yang mengawali karier perannya dari panggung teater ini telah tiada pada pukul 17.00 WIB.

7. 4 Agustus – Eddy Gombloh

voi.id

Jika kamu adalah penggemar film-film Benyamin Sueb, sosok Eddy Gombloh atau Supardi mungkin tak asing di matamu. Namun, sosok jenaka ini telah berpulang ke pangkuan Tuhan pada 4 Agustus lalu. Ia meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat dr. Sarjito, Yogyakarta karena komplikasi. Ia dimakamkan di TPU Tegal Alur Kalideres, Jakarta Barat keesokan harinya.

8. 18 November – Rudy Salam

Instagram.com/RunaSalam

Rudy Salam merupakan aktor senior sekaligus paman dari Gading Marten. Pada 18 November, tersiar kabar duka dari sang putri, Runa Salam, bahwa ayahnya telah tiada. Gading pun menyampaikan belasungkawanya melalui Instagram Story.

Instagram.com/Gadiiing

Sebelum meninggal, Rudy dikabarkan menjalani perawatan di Rumah Sakit Harum Cipinang, Jakarta Timur. Aktor yang mendedikasikan tahun-tahun terakhir hidupnya sebagai pendeta ini mengembuskan napas terakhir pada pukul 06.04 WIB. 

9. 22 November – Ki Joko Bodo

Sumber internet

Hanya empat hari berselang, kabar duka lain kembali hadir di dunia hiburan Indonesia. Mantan paranormal yang juga sempat menjajal dunia akting, Ki Joko Bodo, meninggal di usia 57 tahun pada 22 November kemarin. Putri kandungnya, Ayda Prasasti, mengonfirmasi kabar ini.

Sosok yang dahulu dikenal karena ramalan dan gaya rambutnya yang khas ini telah hijrah dari dunia paranormal pada 2014. Keseriusannya dalam bertaubat tampak dari usahanya dalam membangun masjid dan mewakafkan sebagian aset tanah miliknya. Pada 2017 lalu, ia masih menjadi pengisi suara Mbah Gendeng di film Si Juki the Movie: Panitia Hari Akhir. Namun, ia kemudian jarang terlihat karena mengidap penyakit yang membuatnya sampai harus menggunakan tongkat untuk berjalan.

10. 7 Desember – Lord Rangga Sunda Empire

instagram.com/lordranggaofficial

Kematian Lord Rangga Sunda Empire jadi kabar yang mengejutkan netizen Indonesia awal Desember kemarin. Pasalnya, sosok ini masih aktif membuat unggahan di Instagram beberapa jam sebelum meninggal. Ia disebut mengembuskan napas terakhir pada pukul 05.30 WIB di Rumah Sakit Mutiara Bunda Tanjung, Brebes, Jawa Tengah.

Sosok bernama asli Edi Raharja ini tenar sejak mengklaim sebagai petinggi Sunda Empire-Earth Empire, sebuah kerajaan yang kemudian ternyata fiktif belaka. Setelah bebas dari penjara karena terjerat pasal penyebaran berita bohong, Lord Rangga jadi aktif di dunia hiburan. Dirinya telah muncul di beberapa iklan, program televisi, film, bahkan memiliki single sendiri.

11. 12 Desember – Remy Sylado

twitter.com/ilhamkhoiri

Pada 12 Desember kemarin, Fadli Zon mengabarkan bahwa sastrawan Remy Sylado telah tiada. Sosok ini tersohor karena berbagai profesi yang pernah dilakoninya, seperti sastrawan, dosen, novelis, penulis, penyanyi, aktor, hingga wartawan. Selama beberapa waktu terakhir, dirinya memang telah mengidap beberapa penyakit sekaligus. Kepergian pemilik nama asli Japi Panda Abdiel Tambajong di usia 77 tahun ini meninggalkan duka di hati para pencinta seni.

12. 21 Desember - Aminah Cendrakasih

Dok. Internet

Aminah Cendrakasih atau yang akrab disapa Mak Nyak dikabarkan meninggal dunia pada 21 Desember 2022. Memang, jauh sebelum kabar duka ini beredar, Aminah memang tengah berjuang melawan penyakit glaukoma yang membuat dirinya kehilangan penglihatan dan harus terbaring di tempat tidur sepanjang waktu.

Aminah dikenal sebagai aktris yang sudah berkarier sejak tahun 1955 hingga akhir hayatnya. Bahkan di tengah keterbatasannya, Aminah masih ikut serta dalam film terakhir  Si Doel meski harus syuting sambil berbaring.

Itulah artis Indonesia yang meninggal dunia selama tahun 2022. Untuk jiwa-jiwa yang pernah berjasa menciptakan tawa di wajah banyak orang, mari kita doakan agar mereka dapat beristirahat dalam tenang. Adakah artis favoritmu di dalam daftar ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life