Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Adaptasi New Normal, Ini Cara Mengatur Waktu di Kantor Agar Efektif

Biar bisa pulang cepat, nih!

Rosita Meinita

Sebagian dari perusahaan yang memiliki kantor, telang kembali mengaktifkan jam kantor. Bagi kamu yang mengalami hal ini, harus kemabli beradaptasi untuk tidak lagi bekerja dari rumah, namun ditambah pula dengan adanya prosedur kesehatan yang baru. Duh, bagaimana cara bisa tetap produktif dengan pekerjaan yang efektif, saat beradaptasi terhadap kebiasaan baru, ya?

1. Rencanakan ke depan

freepik.com/ freepik

Jika kamu mempunyai banyak agenda, nggak ada salahnya kamu membuat to do list apa saja yang akan kamu lakukan di malam sebelumnya. Entah itu meeting, mengerjakan tugas dari atasan ataupun harus bertemu dengan klien.

Persiapkan pula kelengkapan peralatan makan sendiri beserta perlengkapan perlindungan diri sehari sebelumnya, agar waktu kamu tidak terbuang keesokan harinya.

2. Mengatur skala prioritas

freepik.com/ freepik

Ketika kamu merencanakan hal apa yang kamu lakukan, pastikan hal yang menjadi prioritas adalah yang selesai terlebih dahulu. Mungkin jika ada proyek yang memakan waktu lama untuk diselesaikan kamu bisa melakukannya terlebih dahulu daripada membalas e-mail dari klien ataupun rekan kerja.

3. Mencatatnya di Google Calendar

freepik.com/ user6724086

Jika kamu mempunyai janji di beberapa hari selanjutnya ataupun meeting dengan manager di sore hari, catat semuanya di Google Calendar. Hal ini juga membuat waktumu semakin produktif dan kamu nggak akan terlewat agenda kantor apa yang akan kamu lakukan.

4. Membuat meja kerja senyaman dan sebersih mungkin

freepik.com/ user2740265

Inilah waktu yang tepat untukmu menyadari bahwa meja yang bersih sangat memengaruhi keefektifan bekerja. Hal yang lebih teratur ini akan membuatmu nggak mudah stres, terganggu dengan pemandangan berantakan dan kesehatan lingkunganmu juga terjaga. Sehingga, kerjapun juga akan lebih produktif.

5. Jangan mudah terganggu

freepik.com/ vgstockstudio

Akan banyak hal yang mengganggumu dalam mengerjakan semua tumpukan tugas yang ada. Ajakan rekan kerja untuk membeli makanan, obrolan tentang hal-ha yang nggak penting, bahkan untuk melihat media sosial.

Boleh sesekali kamu melakukan ini asalkan pekerjaanmu sudah terselesaikan dengan benar sesuai dnegan skala prioritas di waktu yang sudah kamu tentukan pula.

6. Jangan sungkan berkata tidak

freepik.com/ rawpexel

Mungkin pekerjaanmu adalah pekerjaan tim, sehingga rekanmu membutuhkanmu untuk menyelesaikan tugasnya. Akan tetapi menjadi yes man (atau yes woman) belum tentu membuat waktu yang terpakai menjadi efektif. Selesaikan pekerjaan intimu terlebih dahulu baru kamu membantu rekan kerjamu.

Jangan ragu untuk mengatakan tidak pada mereka asalkan menolaknya dengan sopan dan halus.

Nah, dengan disiplin seperti ini, bukankah kamu jadi bisa pulang lebih cepat dan tidak ikut berdesak-desakan dalam kendaraan umum di masa pandemi?

IDN Media Channels

Latest from Working Life