Setelah melalui karantina di rumah selama lebih dari dua bulan dan memberlakukan PSBB di beberapa daerah, Pemerintah Indonesia sudah mulai mengeluarkan wacana new normal atau gaya hidup baru. Persiapan demi persiapan dilakukan agar semua masyarakat bisa mulai melakukan aktivitas seperti biasa namun dengan protokol kesehatan guna menghindari penularan virus corona.

New normal tentu membuat kita khawatir. Sebab, sampai saat ini masih banyak kasus positif corona di Indonesia dan bukan tidak mungkin penularan masih terus terjadi. Terlebih lagi bagi pengguna kendaraan umum nih, Bela. Mau tidak mau, kita akan bertemu dengan banyak orang di kendaraan umum yang kita tumpangi menuju kantor.

Supaya meminimalkan penularan, ini lima persiapan bagi kamu pengguna transportasi umum.

1. Selalu pakai masker dan bawa masker cadangan

Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi UmumPexels.com/Anna Shvets

Menggunakan masker menjadi kewajiban saat ini. Sebab, masker bisa menghindari kita dari droplet maupun debu. Jangan hanya membawa satu masker, selalu bawa masker cadangan untuk jaga-jaga. Tak hanya itu, sediakan pula kantong khusus untuk menyimpan masker bekas pakai di tas kamu, ya.

2. Gunakan jaket atau bawa baju ganti

Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi UmumPexels.com/Anna Shvets

Kita tak tahu kotoran dan benda apa saja yang menempel di tubuh kita selama perjalanan dari dan menuju kantor. Untuk meminimalkan terjadinya hal-hal yang nggak diinginkan, jangan lupa untuk selalu menggunakan jaket saat keluar rumah atau dalam perjalanan. Lepas jaketmu saat tiba di kantor atau rumah. Jika memungkinkan, ganti juga pakaianmu dengan baju lain yang bersih selama di kantor.

3. Bawa tisu basah, tisu kering, hand sanitizer, dan sabun cair

Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi Umumpexels.com/cottonbro

Kebersihan diri kini menjadi salah satu hal paling penting. Karena itu, kita harus selalu menjaga kebersihan diri sendiri. Ketika keluar rumah, jangan lupa untuk selalu membawa tisu basah, tisu kering, hand sanitizer dan sabun cair sendiri ya. Alasannya, agar tangan selalu bersih di mana dan kapanpun.

4. Sediakan sendiri perlengkapan salatmu

Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi Umumtheconversation.com

Untuk kamu yang muslim, membawa perlengkapan salat sendiri kini menjadi suatu kewajiban. Benda ini kamu butuhkan ketika harus beribadah di masjid atau musala kantor. Hindari penggunaan alat salat secara bergantian karena kita tak bisa menjamin kebersihannya.

5. Untuk kamu yang menggunakan transportasi online, mulai bawa helm sendiri

Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi UmumPexels.com/MIXU

Terakhir, kalau kamu lebih sering menggunakan transportasi ojek online, yuk, mulai membawa helm sendiri. Jangan lupa untuk rutin mencucinya agar helm yang kamu gunakan selalu bersih.

Tapi, saat ini kamu nggak perlu khawatir nih, Bela. Bagi pengguna transportasi online, Grab baru saja meluncurkan GrabProtect. GrabProtect, protokol keamanan dan kebersihan untuk meminimalkan risiko penyebaran virus COVID-19 dari transportasi. GrabProtect dilengkapi dengan fitur keamanan, peralatan kebersihan, serta aturan keamanan terbaru yang menjadi standar terbaik dalam industri ride-hailing.

Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi UmumDok. Grab Indonesia

"Pandemi COVID-19 telah meningkatkan kesadaran terhadap keamanan dan kebersihan di berbagai industri. Keamanan selalu menjadi fokus utama Grab dan melalui program seperti GrabProtect, kami telah meningkatkan standar kebersihan di industri ride-hailing. Bersama dengan mitra pengemudi, kami akan mendorong perilaku bersih yang lebih baik sebelum perjalanan dimulai,” kata Russell Cohen, Regional Head of Operations Grab seperti dikutip dari rilis.

GrabProtect memperkenalkan rutinitas dalam berkendara yang baru agar perjalanan lebih aman. Dimulai dengan memastikan pengguna dalam keadaan sehat dan telah mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum melakukan perjalanan, memberikan mereka kesempatan untuk membatalkan dan memberikan tanggapan kepada Grab jika mitra pengemudi tidak menggunakan masker, serta meningkatkan praktik menjaga keamanan dan kebersihan seperti membersihkan tangan secara rutin dan menggunakan metode pembayaran non-tunai (cashless payment).

Beberapa langkah yang Grab lakukan untuk menyambut New Normal adalah sebagai berikut.

Teknologi deklarasi kesehatan online dan mask selfie

Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi UmumDok. Grab Indonesia

Grab akan meluncurkan dua fitur in-app terbaru, formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online dan fitur pengecekan masker via selfie di seluruh pasar Grab mulai akhir bulan Juni.

Sejak adanya penyebaran virus COVID-19, mitra pengemudi dan pengantaran Grab telah menunjukkan inisiatif mandiri mereka dengan memberikan deklarasi kesehatan harian melalui Aplikasi Mitra Pengemudi Grab.

Fitur deklarasi kesehatan dan kebersihan online ini akan mengharuskan mitra pengemudi dan pengantaran, serta penumpang untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala COVID-19 dan telah mematuhi langkah-langkah keamanan serta kebersihan yang diperlukan, sebelum mereka mulai mengemudi, mengantarkan pesanan, atau memesan kendaraan. Mitra pengemudi dan pengantaran juga diminta untuk mengambil selfiedengan menggunakan masker pada fitur mask selfie (pengecekan masker via selfie) setelah melengkapi formulir deklarasi.

Melengkapi kendaraan dengan partisi plastik dan peralatan kebersihan

Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi UmumDok. Grab Indonesia

Grab akan mendistribusikan lebih dari 250.000 peralatan kebersihan kepada mitra pengemudi di seluruh kawasan Asia Tenggara, dan bekerja sama dengan produsen serta distributor untuk memudahkan para mitra dalam membeli produk kebersihan dengan harga terjangkau.

Sebagai bagian dari program kebersihan GrabProtect di Indonesia, Grab telah membentuk armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi plastik sebagai pemisah untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan mitra pengemudi.

Grab juga akan memasang partisi plastik dan mendistribusikan lebih dari 10.000 peralatan kebersihan yang terdiri dari hand sanitizer, desinfektan kendaraan, masker wajah untuk mitra pengemudi GrabCar Protect selama sebulan mendatang. Dalam beberapa minggu kedepan, Grab juga menyiapkan partisi plastik dan menyediakan peralatan kebersihan ini kepada lebih dari 8.000 kendaraan GrabBike.

Penumpang dan Mitra Pengemudi dapat membatalkan perjalanan apabila persyaratan masker tidak dipenuhi

Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi Umum

Para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab diwajibkan untuk menggunakan masker setiap kali mereka melakukan perjalanan dengan platform Grab. Kebijakan yang sama akan berlaku untuk penumpang di negara-negara di mana menggunakan masker di area publik merupakan kewajiban. Apabila ada salah satu pihak yang tidak menggunakan masker, baik mitra pengemudi dan penumpang dapat membatalkan pemesanan tanpa denda sebelum perjalanan dimulai, dengan memilih "pengemudi/penumpang tidak memakai masker (driver/passengers did not wear a mask)" sebagai alasan pembatalan. Grab tidak akan memberikan denda untuk alasan pembatalan ini.

Grab juga telah memperbarui fitur penilaian dan tanggapan serta Pusat Bantuan dalam aplikasi dengan opsi baru untuk pelaporan terkait kesehatan dan kebersihan. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk memberikan tanggapan kepada Grab apabila mitra pengemudi terlihat tidak sehat atau tidak menggunakan masker selama perjalanan. Grab memonitor tanggapan ini dan akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi keamanan dan kesehatan para penggunanya.

Untuk menghadapi new normal tidak perlu panik tapi selalu tetap waspada ya Bela. Dan ingat agar jaga selalu kebersihan dan kesehatan diri.

Baca Juga: Siap Jalani New Normal? Pakai Masker dengan 9 Gaya Kece Ini! 

Baca Juga: Ini 3 Hal yang Diprediksi Terjadi di Era New Normal

Baca Juga: Nasib Pariwisata di Era New Normal, Siap Solo Traveling?