Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Pertanyaan yang Sebaiknya Kamu Tanyakan di Akhir Wawancara

Lolos atau nggak kamu bergantung disini

Romi Subhan

Tidak peduli seberapa siapnya kamu, wawancara kerja adalah pengalaman yang menegangkan. Kamu harus menjawab banyak pertanyaan di tempat dan menjual diri kepada pihak perekrut agar mereka tertarik dan menerima lamaranmu. Pada saat interview tersebut, ada satu bagian yang dapat menentukan lolos atau tidaknya kamu, yakni mengajukan pertanyaan untuk pewawancara.

Belakangan ini, mengajukan pertanyaan menjadi suatu standar bagi pewawancara untuk menyimpulkan apakah kamu layak diterima atau tidak. Bingung pertanyaan apa yang akan kamu ajukan? Berikut ini ada beberapa rekomendasi pertanyaan yang mungkin baik untuk kamu coba tanya saat wawancara kelak.

1. Apa yang membuat Anda memilih resume saya untuk wawancara?

pexels.com/rawpixel.com

Bila biasanya kamu yang ditanya seputar kelayakanmu untuk bekerja di perusahaan yang kamu lamar, tentunya pertanyaan bernada sebaliknya akan membuat sang pewawancara kaget dan mungkin membuatmu diterima di perusahaan tersebut. Pewawancara mungkin saja tidak akan pernah menyangka akan ditanya dengan pertanyaan seperti ini.

2. Apa tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan Anda hari ini?

pexels.com/Tirachard Kumtanom

Jawaban atas pertanyaan ini akan membantu kamu memahami apa yang akan dihasilkan oleh pekerjaanmu dan memberi kamu kesempatan untuk menjelaskan bagaimana dirimu dapat mengatasi tantangan terbesar kepada atasan kamu kelak. Di sisi lain, jika perjuangan terbesar mereka tidak sesuai dengan keterampilan atau harapanmu, itu bisa menjadi pertimbangan yang berguna sebelum menerima pekerjaan baru.

3. Apa yang membuat perusahaan Anda berbeda dari para pesaing lainnya yang serupa?

pexels.com/rawpixel.com

Ini adalah pertanyaan yang bagus untuk ditanyakan karena perusahaan ingin melihat bahwa kamu cukup tekun untuk mengerjakan pekerjaan rumahmu sebelum pertemuan dan memiliki minat yang tulus di bidang yang nantinya akan kamu geluti.

4. Dapatkah Anda memberi saya contoh bagaimana menjalankan nilai-nilai perusahaan?

pexels.com/Startup Stock Photos

Jika pewawancara tercengang ketika mendengar pertanyaan ini, biasanya menunjukkan bahwa nilai tidak lebih dari pesan kosong. Jika mereka dapat menjawab pertanyaan, itu menunjukkan perusahaan percaya dan menanamkan nilai-nilai dalam karyawan dan pewawancara mungkin adalah seorang manajer yang bijaksana.

5. Seperti apa program pelatihan di perusahaan Anda?

pexels.com/Tim Gouw

Masa pelatihan merupakan kebutuhan karyawan baru. Pelatihan yang terburu-buru atau cepat dilacak untuk memenuhi kuota atau batas waktu bukanlah cara yang efektif untuk menemukan karyawan yang tepercaya dan dapat diandalkan. Setiap pekerjaan baru datang dengan kurva pembelajaran tentunya, perusahaan yang baik akan menawarkan pelatihan menyeluruh dan membantu karyawan untuk mendapatkan semua keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi sukses di perusahaan.

6. Apa yang paling Anda sukai dari bekerja di sini?

pexels.com/mentatdgt

Jika pewawancara tidak dapat menjawab pertanyaan ini, seharusnya ada sinyal yang memberitahumu bahwa ini mungkin bukan tempat terbaik untuk bekerja. Namun jika sebaliknya, tentunya itu juga baik untuk dirimu kelak saat bekerja di sini.

7. Apa yang paling efektif dilakukan oleh anggota tim yang paling sukses dari keseluruhan tim yang ada di perusahaan Anda?

pexels.com/rawpixel.com

Pertanyaan ini mengisyaratkan bahwa kamu adalah pemain berkinerja tinggi yang ingin sukses dengan perusahaan. Pertanyaan ini juga menunjukkan dorongan untuk mengungguli yang lainnya sambil juga belajar lebih banyak tentang harapan pekerjaan yang diperlukan untuk mencapai keunggulan dalam posisi.

IDN Media Channels

Latest from Working Life