Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lagi, Diduga Korban Pelecehan Seksual di Bawah Umur Kris Wu Bertambah 

Kali ini gadis di bawah umur dari Los Angeles

Ayu Utami

Baru saja ditetapkan sebagai terdakwa pemerkosaan 30 perempuan pada minggu lalu, kali ini seorang remaja dari Los Angeles telah muncul sebagai korban kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh Kris Wu. Sebelumnya, selebriti Tiongkok dan mantan anggota EXO ini telah dituduh membius dan memperkosa gadis-gadis muda.

Melansir dari koreaboo.com, gadis itu menceritakan kisahnya yang dimulai dengan menghadiri salah satu pesta. Lewat pengacaranya, Jing Wang dari Kingswood Law, California, bahwa sudah menjadi rahasia umum kalau Kris Wu  kerap "memilih selir" di antara siswa internasional.

AFP/ Angela Weiss

Gadis ini melihat secara langsung ketika dia diundang oleh asisten Kris untuk menghadiri sebuah pertemuan. Sebelum para gadis bisa memasuki acara, mereka diminta untuk menyerahkan ponsel mereka untuk mencegah foto dan video direkam.

Selama pesta, semua orang bergantian menyanyi gaya bebas. Suasana dilaporkan terasa canggung dan para peserta memegang apa yang tampak seperti narkoba atau Viagra. Terduga korban mengatakan bahwa dia terlalu banyak minum dan jatuh pingsan. Dia baru menyadari bahwa dia melakukan hubungan seksual dengan Kris setelah itu.

Tidak berani bersikap karena takut diserang warganet

koreaboo.com

Terduga korban menyatakan bahwa dia diam karena takut diserang oleh publik. Sementara itu, Du Meizhu (foto di atas), yang pertama kali mengungkapkan kelakuan Kris Wu, telah menerima banyak sekali komentar kebencian atas aduannya. Ia bahkan disebut "pelacur" dan diperas oleh para penggemar Kris Wu.

Ditambah lagi, korban asal California ini takut tidak dianggap serius, mengingat saat kejadian ia tidak cukup sadar dan tidak menyimpan banyak barang bukti untuk melindungi dirinya.

The Rap of China

Sang pengacara, Jing Wang, berkomentar mengenai warganet yang menyerang korban lewat pesan-pesan kasar. Menurutnya, tidak masuk akal untuk menyalahkan korban dalam situasi ini. Karena, berfokus pada undang-undang kejahatan kekerasan seksual itu sendiri, seseorang tidak boleh menyalahkan korban atas kepribadian, cara berpakaian, atau tindakan mereka.

Tim pengacara Jing Wang saat ini sedang mengevaluasi situasi remaja Los Angeles tersebut. Jika ditentukan bahwa ada kebenaran dalam ceritanya, mereka akan mewakilinya dalam membawa kasus ini terhadap Kris. Dia juga bersedia untuk mewakili lebih banyak korban di pengadilan dan mendorong mereka untuk berdiri dengan berani. Mereka turut mempertimbangkan bahwa Kris mengunjungi Los Angeles berkali-kali untuk fan meeting atau promosi.

Hukum pelecehan seksual di Amerika Serikat

globaltimes.cn

Jing Wang menunjukkan bahwa hukum di Amerika Serikat berbeda dengan hukum di Tiongkok. Di Amerika, ada dua aspek yang perlu dipertimbangkan.

Pertama, jika korban belum berusia 18 tahun, bahkan jika hubungan seksual dilakukan atas dasar suka sama suka, pihak yang berhubungan seksual dengan anak di bawah umur dianggap telah melakukan pemerkosaan berdasarkan Bagian 261 KUHP California. Mereka dapat dikenai hukuman 11 tahun penjara pada setiap tuduhan. Kedua, jika korban berusia 18 tahun ke atas, setiap tuduhan diancam dengan delapan tahun penjara.

kanal247.com

Menyusul tuduhan pemerkosaan, Kris saat ini sudah ditahan oleh Kepolisian Beijing. Citra publiknya juga semakin memburuk, terbukti dengan akun media sosialnya yang memiliki jutaan pengikut sudah hilang, lagu-lagunya di streaming musik juga telah dihapus.

Semoga kasus ini cepat tuntas dan para korban cepat dapat keadilan yang sepadan ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life