Pemberitaan tentang penyanyi asal Tiongkok, Kris Wu, ramai diperbincangkan sejak munculnya informasi tentang kasus pemerkosaan yang menyeret namanya di internet. Kasus tersebut pun akhirnya ditangani oleh kepolisian untuk mencari kebenaran. Awalnya, pihak Kris Wu membantah apa yang tertulis pada unggahan tersebut.

Hingga Sabtu (31/7/2021), penyanyi berusia 30 tahun itu resmi ditahan oleh kepolisian Beijing, Tiongkok atas kasus dugaan pemerkosaan. Melihat dari kasusnya yang cukup krusial, banyak penggemar maupun warganet yang terkejut, bahkan mengkritik pedas dan menghujatnya.

Mereka menginginkan Kris untuk tidak lagi berada di dunia hiburan. Merespon kasus tersebut pula, salah satu media sosial asal Tiongkok, Weibo, menghapus akun resmi dari Kris Wu. Lantas apa saja yang akan terjadi dengan Kris Wu pasca dinyatakan tersangka pemerkosaan? Berikut selengkapnya.

Akun Weibo dihapus dan hampir semua lagunya tidak dapat diakses

Hal yang Terjadi Pada Kris Wu Pasca Dinyatakan Tersangka Pemerkosaanallkpop.com

Melansir dari allkpop.com, pada 1 Agustus 2021, Weibo mengumumkan bahwa mereka telah menutup 108 akun dan 789 grup yang melanggar pedoman komunitasnya. Menurut daftar yang terungkap, akun Weibo yang terindetifikasi untuk membela Kris Wu serta komunitas penggemarnya dihapus atau ditangguhkan. Akun resmi Kris Wu dan labelnya pun telah dihapus dari Weibo dan tidak lagi dapat diakses.

Dalam berita terkait, sebagian besar lagu Kris Wu juga telah dihapus di situs streaming musik. Setelah penghapusan, menyisakan 2 - 3 lagu yang masih dapat diakses.

Sudah adanya cukup bukti dan mencegah kabur

Hal yang Terjadi Pada Kris Wu Pasca Dinyatakan Tersangka Pemerkosaaninstagram.com/kriswu

Melansir dari koreaboo.com, dalam sebuah wawancara dengan media Tiongkok, Sina, seorang pengacara Tiongkok Zhang Qi Huai mempertimbangkan kasus ini dan menjelaskan apa arti penahanan ini bagi Kris Wu dan masa depannya. Pengacara tersebut mengklarifikasi fakta bahwa Polisi Chaoyang telah menahannya menandakan bahwa penyelidikan telah menunjukkan ada bukti bahwa suatu kejahatan telah dilakukan.

“Kasus kriminal biasanya dimulai dengan seseorang yang melaporkan kejadian tersebut ke badan keamanan publik. Setelah menerima laporan, penyelidikan pendahuluan dilakukan dan pelapor menerima pemberitahuan yang menandakan bahwa kasus tersebut telah diterima. Ini tidak berarti kasus telah diajukan. Kasus ini diajukan setelah penyelidikan awal menunjukkan bahwa laporan tersebut cukup substansial bagi badan keamanan publik untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk menyelidiki - jadi mengajukan kasus adalah langkah pertama.

Setelah kasus diajukan, polisi memulai penyelidikan dan mereka hanya menahan tersangka jika pada tahap awal mereka menentukan bahwa a. orang tersebut telah melanggar hukum dan perlu dihukum dan/atau b. bahwa ada kebutuhan untuk mencegah orang tersebut melakukan lebih banyak kejahatan atau merugikan masyarakat dan/atau c. bahwa ada kebutuhan untuk mencegah individu dari kemungkinan melarikan diri. Ditahan secara pidana adalah salah satu bentuk penahanan seseorang, dan hal ini sering dilakukan pada tahap awal penyidikan tindak pidana.

Biasanya, 'tersangka' dipanggil selama 12 jam dan ditahan pada tahap akhir kasus ketika telah berkembang menjadi sesuatu yang sah dan kompleks. Saat ini, Kris Wu sebenarnya ditahan — yang menandakan bahwa penyelidikan awal telah menunjukkan ada bukti bahwa kejahatan telah dilakukan. Bisa juga untuk mencegahnya kabur, seperti keluar negeri atau bersembunyi sehingga penyidikan dan proses hukum tidak bisa berjalan dengan baik. Sekali lagi, penahanan hanya dilakukan ketika ada pemahaman dasar tentang kebenaran dan bukti kejahatan yang telah terjadi,” jelas Zhang Qi Huai.

Akan lebih rumit karena seorang figur publik

Hal yang Terjadi Pada Kris Wu Pasca Dinyatakan Tersangka Pemerkosaaninstagram.com/kriswu

Pengacara Zhang Qi Huai melanjutkan bahwa kasus Kris Wu lebih rumit dibanding dengan yang lain. hal ini terkait dengan profesinya sebagai figur publik. Ia mengatakan, dari perspektif hukum, kasus Kris Wu kemungkinan akan sangat dipengaruhi oleh opini publik karena dia seorang selebriti dan tokoh masyarakat.

“Kasus Kris Wu sangat dipengaruhi oleh opini publik karena ia adalah seorang selebriti dan tokoh masyarakat terkemuka di Tiongkok. Fakta bahwa Polisi Chaoyang mengumumkan perkembangan khusus untuk kasusnya saat ini menunjukkan bahwa pihak berwenang telah sangat rajin dalam penyelidikan mereka — karena kasusnya sangat rumit,” ujarnya.

Meski berkewarganegaraan Kanada, Kris Wu akan tetap diadili sesuai hukum Tiongkok

Hal yang Terjadi Pada Kris Wu Pasca Dinyatakan Tersangka Pemerkosaaninstagram.com/kriswu

Terlepas dari betapa rumitnya kasusnya, Kris Wu akan tetap diadili di Tiongkok sesuai dengan hukum Tiongkok. Menurut pengacara, kewarganegaraan Kanadanya tidak akan membuat perbedaan dalam persidangan, karena proses dan hukumannya sama (seperti halnya) untuk warga negara Tiongkok.

“Salah satu alasan untuk menahan seseorang secara pidana — ketika kejahatan telah terjadi — adalah untuk mencegah orang itu mempengaruhi penyelidikan dengan cara apa pun atau melarikan diri untuk menghindari diadili di pengadilan.

Dalam kasus Kris Wu, karena dia orang asing, ada kemungkinan dia meninggalkan negara itu dan mempersulit persidangan untuk berlangsung. Jadi dia telah ditahan secara pidana. Jelas, sekarang dia sudah ditahan, tidak mungkin dia melarikan diri. Dia akan diadili di Tiongkok menurut hukum Tiongkok dan dapat dideportasi setelah menjalankan hukumannya, jika terbukti bersalah," ungkap Zhang Qi Huai.

Hal yang Terjadi Pada Kris Wu Pasca Dinyatakan Tersangka Pemerkosaanbbc.com

Lebih lanjut ia menambahkan, "Pada prinsipnya, kedutaan nasional Kris Wu dapat diberitahu. Mungkin ada beberapa komunikasi ketika kasus ini dibawa ke pengadilan. Jika anggota keluarganya orang Kanada, mereka berhak mengajukan pertanyaan melalui kedutaan. Namun semua ini tidak mempengaruhi proses hukum yang diambil oleh otoritas hukum Tiongkok.

Yang paling bisa mereka lakukan adalah bertanya apakah dia telah dipaksa untuk memberikan pengakuan palsu selama penyelidikan. Jika tidak, tidak ada lagi yang bisa mereka lakukan. Kris Wu akan melalui proses hukum yang sama dan dijatuhi hukuman seperti yang dilakukan semua warga negara Tiongkok.

Jika dia hanya berbicara bahasa Inggris atau bahasa lain, dia mungkin mendapatkan bantuan dari seorang penerjemah di pengadilan. Tapi dia orang Tiongkok dan tidak akan ada 'perbedaan' dalam cara dia mencoba, berdasarkan kebangsaannya.” 

Proses hukum dapat memakan waktu 6 bulan atau lebih cepat

Hal yang Terjadi Pada Kris Wu Pasca Dinyatakan Tersangka Pemerkosaaninstagram.com/kriswu

Langkah selanjutnya dalam proses hukum untuk Kris Wu adalah adanya harapan menjadi penangkapan resmi, dakwaan jaksa dan hukuman melalui persidangan. Meskipun prosesnya bisa memakan waktu hingga enam bulan, pengacara yakin itu akan dipercepat karena perhatian publik tertuju pada kasus ini.

“Umumnya setelah menahan seseorang, keluarga mereka diberitahu dalam waktu 24 jam. Kemudian kasus tersebut diteruskan ke kejaksaan untuk diperiksa dan disetujui untuk dilakukan penangkapan. Ini membutuhkan waktu hingga tiga hari, tetapi dapat diperpanjang satu hingga empat hari, hingga total tujuh hari, dalam keadaan khusus. Artinya, keputusan apakah Kris Wu akan ditangkap atau tidak dapat dibuat paling lambat pada hari ke delapan setelah penahanan.

Apa itu penangkapan? Penangkapan berarti bahwa selain mempunyai bukti dasar yang kuat, ada bukti bahwa kejahatan yang bersangkutan diancam dengan pidana penjara tertentu, pidana penjara tidak terbatas, atau lebih tinggi. Jadi dengan melakukan penangkapan, semakin ditegaskan bahwa suatu kejahatan benar-benar telah dilakukan dan jika terbukti bersalah, orang tersebut akan dijatuhi hukuman," kata Zhang Qi Huai.

Hal yang Terjadi Pada Kris Wu Pasca Dinyatakan Tersangka Pemerkosaanctvnews.ca

Ia kembali melanjutkan, "Ini adalah aturan dasar untuk melakukan penangkapan apa pun. Biasanya, setelah melakukan penangkapan, tersangka tidak akan ditahan selama lebih dari dua bulan, meskipun dapat disetujui untuk perpanjangan satu bulan menjadi total tiga bulan jika kasusnya besar dan kompleks."

"Kasus Kris Wu diperkirakan akan terungkap seperti ini: Jaksa akan mendakwanya, dan setelah kasus ini dibawa ke pengadilan, akan memakan waktu sekitar dua bulan — paling lama, enam bulan — untuk persidangan dan hukuman. Kejahatan Kris Wu kemungkinan besar rumit, sehingga bisa memakan waktu hingga enam bulan, tetapi karena ada banyak perhatian dalam kasus ini, tidak akan terlalu lama untuk mengadakan persidangan. Mereka mungkin membutuhkan waktu ekstra untuk memastikan segala sesuatu tentang kasus dan investigasi transparan dan kemudian mencapai putusan.,” ucap Zhang Qi Huai, kembali menjelaskan.

Pemutusan kontrak kerja

Hal yang Terjadi Pada Kris Wu Pasca Dinyatakan Tersangka Pemerkosaaninstagram.com/kriswu

Sebagai salah satu selebriti dengan nama yang besar di industri hiburan, beragam merek besar pun bekerja sama dengannya, seperti Louis Vuitton, Tencent, Porsche, hingga Bvlgari. Adapun kontrak Kris Wu dengan perusahaan-perusahaan besar itu akan terpengaruh oleh kasusnya saat ini dan juga hasil akhirnya.

Sejak awal penyelidikannya, setidaknya 14 kontrak telah diputus dengan Kris Wu. Dari hal tersebut, pengacara menunjukkan bahwa akan adanya proses perdata yang diajukan oleh bisnis yang telah (melihat) kerugian dari kasus itu.

“Segala masalah hukum perdata dapat diajukan dalam proses hukum pidana bagi korban yang telah melihat kerugian materialistis akibat tindakan pidana tersangka. Mereka juga dapat mengajukan gugatan perdata secara terpisah. Kerugian apa pun yang dilakukan oleh kejahatan Kris Wu terhadap bisnis yang didukungnya dan produser media yang dia rekam dapat dinegosiasikan atau diselesaikan melalui proses hukum perdata ini,” tambah Zhang Qi Huai.

Itulah hal-hal yang sudah dan mungkin akan terjadi pada Kris Wu pasca dinyatakan sebagai tersangka kasus pemerkosaan. Bagaimana pendapatmu, Bela? Semoga kasusnya dapat terselesaikan dengan tuntas dan korban mendapat keadilan.

Baca Juga: Timeline Kronologi Kontroversi Kris Wu yang Diduga Lakukan Pelecehan

Baca Juga: 10 Hal Terkait Kontroversi Kris Wu, Dituding Perkosa 30 Perempuan

Baca Juga: Diduga Melecehkan, 5 Fakta Skandal Seks yang Melibatkan Kris Wu