Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kontroversi Coki Pardede, Mengaku Agnostik hingga Terjerat Narkoba

Coki juga kerap melontarkan dark jokes

Niken Ari Prayitno

Rabu, 1 September 2021 malam, komika asal Depok, Coki Pardede ditangkap oleh pihak kepolisian Polres Tangerang Kota atas tuduhan penyalahgunaan narkoba. Coki ditangkap di kediamannya, di Cluster Foresta, Tangerang Selatan, Banten.

Kasus yang menjerat pria dengan nama asli Reza Pardede ini menambah panjang daftar kontroversi yang pernah dibuatnya sejak pertama kali terjun ke dunia hiburan, yakni pada 2012.

Apa saja kontroversi yang pernah dibuat Coki Pardede? Berikut rangkumannya untuk kamu.

1. Memasak babi campur kurma

Pada tahun 2018, Coki bersama rekan duetnya, Tretan Muslim membuat video YouTube dengan konten bertajuk 'Last Hope Kitchen'. Dalam video ini, Tretan mengajak Coki untuk memasak apa saja tanpa mereka cicipi lebih dulu.

Mereka pun akhirnya memilih daging babi untuk dibuat puding. Bukan hanya daging babi, Coki juga menambahkan kurma ke dalam adonan masakannya dan berseloroh seharusnya juga ada air zamzam untuk melengkapi masakan mereka.

Video ini mendapat kecaman dari warganet karena dinilai menistakan agama Islam. Video tersebut kemudian dihapus dari YouTube. Sayangnya, sudah banyak pengguna YouTube lainnya yang mengunduh dan mengunggah kembali video tersebut.

2. Gunakan isu kelaparan sebagai bahan candaan

Instagram.com/Cokipardede666

Entah apa maksud dari unggahan Coki yang satu ini. Namun, foto di Instagram yang sudah dihapus ini menuai kontroversi di kalangan warganet. Sebab, menurut warganet, unggahan ini sangat tidak pantas dan seolah tidak memiliki empati atas masalah kemanusiaan yang sedang marak terjadi di dunia.

3. Cuitan soal angpao isi corona yang bikin Ernest Prakasa dan Chef Arnold meradang

Twitter.com/Pardedereza

Pada awal 2020, saat virus COVID-19 mulai merebak, Coki membuat candaan tentang hal tersebut. Ia menuliskan cuitan "Go Xi Fa Cai!! Apakah di Tiongkok pas angpao dibuka isinya virus corona?".

Hal ini membuat figur publik yang keturunan Tiongkok, seperti Ernest Prakasa dan Chef Arnold meradang. Meski ditanggapi dengan candaan juga, menurut warganet, cuitan Coki dinilai rasis dan tidak pantas.

4. Mengaku agnostik dan sempat diajak mualaf oleh Deddy Corbuzier

Hal kontroversial lainnya soal Coki adalah pengakuannya tentang keyakinan yang dianutnya. Dalam channel YouTube The Leonardo, Coki mengatakan kepada Onad Leonardo bahwa dirinya menganut agnostik dan keluarganya sudah mengetahui hal tersebut.

Ayahnya yang beragama Kristen tidak pernah memintanya untuk mengikuti agama yang dianutnya. Sebab, menurut sang ayah, agama adalah sesuatu yang dipilih, bukan diwariskan.

Karena kepercayaannya ini, dalam podcast YouTube bersama Deddy Corbuzier, Coki pernah diajak untuk memeluk agama Islam. Menurut pengakuannya, Coki tidak pernah marah jika ada seseorang yang mengajaknya memeluk agama tertentu. Karena baginya, mengajak ia memeluk agama tertentu berarti ada seseorang yang ingin berbagi kebaikan.

5. Tersandung kasus narkoba

Instagram.com/Cokipardede666

Daftar kontroversi Coki berlanjut pada 1 September 2021 malam. Ia ditangkap oleh Polres Tangerang Kota di kediamannya di Cluster Foresta, Tangerang Kota. Coki diamankan karena diduga menggunakan narkoba jenis sabu. 

Berdasarkan hasil tes, Coki positif menggunakan sabu dan saat ditangkap ia masih dalam pengaruh obat terlarang tersebut. Sampai saat ini, Coki masih terus menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Polres Tangerang Kota.

Itulah tadi kontroversi Coki Pardede, mulai dari mengaku agnostik hingga tertangkap polisi karena kasus narkoba. Semoga kasus dan masalah Coki segera terselesaikan, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life