Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berakhirnya Era Klan Kardashian-Jenner, Ini 14 Tahun Perjalanannya

Keluarga yang penuh kontroversi namun pencetak pundi

Niken Ari Prayitno

Klan keluarga Kardashian-Jenner mulai dikenal oleh publik lewat serial televisi mereka yang berjudul Keeping Up with The Kardashians. Sejak tahun 2007, mereka menampilkan kegiatan keluarga dalam serial yang kini sudah memiliki 18 musim. Lewat serial televisi tersebut pula, Kardashian-Jenner mendapatkan keuntungan besar hingga bisa mendirikan gurita bisnis mereka.

Kini, setelah 14 tahun berjalan, melalui Instagram pribadinya, Kim Kardashian mengumumkan kalau Keeping Up with The Kardashians akan berakhir di musim ke 20 tahun 2021 mendatang. Hal ini ia kabarkan beberapa jam yang lalu (09/09). Selama 14 tahun perjalanannya, berikut fakta menarik dari Dinasti Kardashian-jenner di serial tersebut.

1. Episode pertama mengudara pada tanggal 14 Oktober 2007

metro.co.uk

Ide awal dari serial ini bermula pada tahun 2006. Saat itu, Kris Jenner sangat tertarik untuk tampil di televisi bersama anak-anaknya. Meski awalnya ide ini dianggap aneh oleh orang di sekitarnya karena mungkin serial televisi miliknya akan penuh drama, Kris mengatakan kalau hal itu sangat wajar. Menurut Kris, setiap keluarga pasti memiliki drama dan masalahnya masing-masing.

Kris kemudian mengutarakan idenya ini kepada Ryan Seacrest, produser televisi kabel E!. Tertarik, Ryan mencoba merekam kegiatan keluarga Kardashian-Jenner dalam satu hari di akhir pekan dan mengirim cameraman untuk mengabadikan semua. Setelah melihat hasilnya, Ryan sangat tertarik untuk membuatkan keluarga tersebut sebuah serial televisi.

Setelah melakukan banyak diskusi dan syuting, akhirnya serial Keeping Up with The Kardashians tayang pada tanggal 14 Oktober 2007. Serial ini menggantikan serial milik Paris Hilton berjudul The Simple Life yang berakhir satu minggu sebelum Keeping Up with The Kardashians rilis.

2. Mendapat banyak kritik sejak awal penayangannya

pinterest.com

Sejak episode pertamanya tayang, Keeping Up with The Kardashians menerima banyak kritik tajam dari para kritikus televisi. Misalnya saja dari The Washington Post. Media tersebut menulis kalau Keeping Up with The Kardashians hanya menampilkan kehidupan keluarga kaya yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Atau dari Variety yang terang-terangan menulis kalau Kardashian-Jenner benar-benar keluarga kaya yang tidak bisa memanfaatkan kekayaannya dengan cara yang berfaedah.

Meskipun mendapat banyak kritikan tajam, serial televisi ini berhasil meraih rating yang cukup tinggi sehingga menghasilkan keuntungan yang sangat besar bagi keluarga tersebut.

3. Keuntungan dari serial Keeping Up with The Kardashians

youtube.com

Berbicara soal keuntungan, Keeping Up with The Kardashians bisa dibilang salah satu serial televisi Amerika tersukses. Sebab, kontrak dari E! saja menyentuh nilai US$40 juta per episodenya. Jumlah ini belum ditambah iklan dan kesepakatan bisnis yang mereka buat selama serial tersebut berjalan.

Saking suksesnya serial ini, merangkum dari Stylecaster.com, masing-masing anggota keluarga yang tampil akan mendapatkan gaji sebesar US$4,5 juta per musim. Jumlah ini masih ditambah dengan keuntungan lainnya, seperti keuntungan dari serial spin-off yang tayang dan juga iklan.

4. Punya dua belas seri spin-off

Justjared.com

Seolah tidak cukup dengan serial televisi yang tayang setiap minggunya, Keeping Up with The Kardashians juga punya seri spin-off yang membahas lebih lanjut tentang kisah hidup masing-masing anggota klan Kardashian-Jenner.

Sampai tahun 2020 ini sudah ada 12 seri spin-off yang tayang di E!. Di antaranya adalah Khloé & Lamar yang mengisahkan kehidupan cinta mereka, Kourtney and Khloé Take The Hamptons menceritakan bagaimana mereka membuka butik Dash Dolls di Hamptons, New York, serta Rob & Chyna yang menceritakan kehidupan pribadi satu-satunya anak laki-laki dari klan Kardashian-Jenner dengan pasangannya.

5. Episode paling kontroversi yang pernah tayang

Insider.com

Hingga tahun 2019, Keeping Up with The Kardashians kini sudah memiliki 254 episode dengan 18 musim. Dari ratusan episode tersebut, tak sedikit yang menayangkan hal-hal kontroversi tentang keluarga ini.

Beberapa episode paling kontroversi dari serial ini adalah saat Kim memutuskan bercerai dari Kris Humphries setelah menikah selama 72 hari, Kris Jenner yang tiba-tiba memelihara kera dan mengasuh layaknya bayi, perubahan Bruce Jenner menjadi Caithlyn Jenner, serta perseteruan Khloé dengan Tristan Thompson.

6. Mendapat banyak penghargaan

enews.com

Meskipun mendapat banyak kritikan tajam dan dinilai kurang berfaedah, namun serial Keeping Up with The Kardashians rutin masuk sebagai nominasi penghargaan Teen Choice Awards sejak tahun 2008 hingga 2019.

Keeping Up with The Kardashians juga pernah memenangkan penghargaan sebagai reality show paling populer versi E! People’s Choice Awards 2019, serta Khloé dan Kim pernah mendapatkan penghargaan sebagai artis televisi paling populer versi People’s Choice Awards.

7. Berakhir setelah 14 tahun tayang

Dok. Internet

Memasuki musim ke 19 yang akan tayang pada akhir September 2020 mendatang, Kim membuat pengumuman yang mengejutkan. Musim ke 20 atau yang akan tayang pada tahun 2021, menjadi musim terakhir dari serial Keeping Up with The Kardashians.

Lewat akun Instagram-nya Kim mengucapkan banyak terima kasih kepada mereka yang telah setia menyaksikan serial ini sejak awal hingga episode terakhir nanti. Sebab, karena penonton tersebut, hidup keluarga Kardashian-Jenner berubah dan menjadi keluarga yang populer saat ini.

Dibenci atau tidak, bagaimana pun serial ini termasuk serial yang konsisten dan berusia panjang. Klan Kardashian-Jenner membuktikan kalau keluarga juga bisa menjadi rekan kerja yang baik terlepas dari drama yang mereka buat.

Apakah kamu salah satu yang sering mengikuti serial ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life