Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Medina Zein, Pengusaha muda yang Dijemput Paksa Polisi

Kerap buat kontroversi

Natasha Cecilia Anandita

Medina Zein ramai diperbincangkan usai dijemput paksa oleh polisi, setelah dua kali mangkir panggilan polisi. Medina Zein sendiri dilaporkan atas beberapa kasus, termasuk laporan Marissya Icha atas pencemaran nama baik dan Uci Flowdea terkait kasus pengancaman lewat media elektronik.

Medina Zein memang cukup dikenal di media sosial dan sederet kontroversinya dengan beberapa selebgram hingga selebriti. Denise Chariesta misalnya, sebagai salah satu seteru sekaligus korban dugaan penipuan Medina terkait jual beli mobil, diduga ikut bahagia atas penahanan Medina.

Lantas seperti apa sosok Medina Zein? Berikut profil Medina Zein yang dikenal sebagai selebgram dan pengusaha muda.

Biodata singkat Medina Zein

instagram.com/medinazein
  • Nama lengkap: Medina Susani Daivina Zein
  • Tempat dan tanggal lahir: Bandung, 23 Mei 1992
  • Agama: Islam
  • Pasangan: Lukman Azhari
  • Profesi: Selebgram, pengusaha
  • Orang tua: Pujo (Ayah) dan Tien Wartini (Ibu)
  • Pendidikan: STIKes Budi Luhur, Darul Hikam Junior High School

Lekat dengan dunia kesehatan

instagram.com/medinazein

Medina Zein diketahui mengenyam pendidikan kebidanan. Bidang tersebut diambilnya karena keluarganya yang berlatar belakang bidang kesehatan. Sebagian besar keluarganya bekerja dalam lingkup obgyn atau spesialisasi medis yang berhubungan dengan kebidanan dan ginekologi. Walau sudah mengenyam pendidikan di dunia kebidanan, ia justru lebih berminat pada dunia kecantikan dan mulai mendalaminya.

Seorang pengusaha muda

instagram.com/medinazein

Medina Zein dikenal sebagai pengusaha muda yang terbilang sukses. Namun, ia sempat mengalami masa sulit di awal merintis usaha. Dalam kelas kecantikan yang ia ikuti, ia bertemu dengan seorang dokter. Dari situ ia juga mulai belajar membuat produk kecantikan hingga akhirnya membuka kliniknya sendiri.

Medina Zein memiliki beberapa lini bisnis. Klinik kecantikannya didirikan di tahun 2012. Sebagaimana mimpinya, klinik kecantikan tersebut diberinama MD Clinic. Medina juga membuat sebuah produk bernama Lazeta yang sukses di Bandung.

Medina Zein pun semakin sukses dan akhirnya mendirikan sebuah perusahaan PT. Medina Global Care. Ia juga memiliki bisnis produk kecantikan bernama MD Cosmetics dan MD GLOWING yang menjual berbagai macam skincare dan kosmetik.

instagram.com/medinazein

Tidak berhenti dalam bidang kecantikan, pada tahun 2014, Medina Zein mulai mengembangkan usaha di bidang fashion, yang diberi nama Medinazaein Butique. Melihat kesuksesan bisnis-bisnisnya itu, ia tak ragu membuka bisnis di bidang lainnya.

Ia terjun ke bisnis makanan dengan membuka usaha kue kekinian para artis, yang dibawah satu manajemen usaha bernama Jannah Corporation. Beberapa kue artis yang dinaungi Jannah Corporation seperti Bandung Makuta, Medan Napoleon dan lainnya.

Bisnis lain dari Medina Zein adalah bisnis perhiasan bernama Medina Zein Jewelry. Lagi, Medina juga diketahui menjadi pemilik bisnis travel MedinaZein Tour & Travel atau PT. Medina Global Travelindo yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Selebgram dan influencer

instagram.com/medinazein

Tak hanya pengusaha, Medina juga dikenal sebagai selebgram dan influencer. Di Instagram, Medina memiliki 968 ribu pengikut. Ia dikenal sebagai selebgram hijabers. Namanya kian dikenal setelah menikah dengan adik aktris Ayu Azhari, Lukman Azhari.

Pernah ditangkap karena kasus narkoba

instagram.com/medinazein

Pada 2019 lalu, Medina Zein dikabarkan ditangkap oleh pihak polisi saat tengah berada di rumah sakit di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Setelah melalui pemeriksaan urin, Medina diketahui mengonsumsi narkoba jenis amfetamin. Dia pun akhirnya menjalani rehabilitasi di Lemdikpol, Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

Perseteruan dengan Irwansyah terkait bisnis

instagram.com/medinazein

Bukan karena bisnisnya yang sukses, justri nama Medina Zein viral terkait perseteruannya dengan aktor Irwansyah. Keduanya masing-masing melapor ke polisi terkait penggelapan dana dan tuduhan fitnah. Medina dan Irwansyah diketahui merupakan rekan bisnis yang pernah mendirikan perusahaan PT Bandung Berkah Bersama.

Medina mengungkap bahwa ia curiga terhadap aliran dana yang masuk ke rekening pribadi Irwansyah, alih-alih rekening perusahaan. Sempat saling sindir dan melaporkan balik ke polisi, Medina Zein dan Irwansyah akhirnya berdamai dan mencabut laporan terkait kasus yang pernah ditempuh pada 26 April 2021 lalu.

Dituduh menipu sejumlah artis

instagram.com/medinazein

Kontroversinya tak sampai di situ. Ia juga diduga menipu sejumlah artis dan selebgram lainnya. Beberapa kasus yang sempat ramai adalah Uya Kuya dan Denise Chariesta, terkait bisnis jual beli mobil.

Perseteruannya dengan Uya Kuya berawal dari Medina Zein yang menawarkan mobil Alphard dan Mercedes-Benz dengan total Rp1,2 miliar. Ia beralasan membutuhkan uang untuk menjalani pengobatan.

Merasa iba, Uya Kuya memberikan uang muka Rp100 juta. Namun, saat melihat unitnya, ternyata bukan milik Medina Zein, Uya Kuya merasa ditipu dan langsung mencari keberadaan Medina Zein.

instagram.com/medinazein

Medina Zein juga menipu Denise Chariesta dengan menawarkan kerja sama. Modusnya yaitu iming-iming kepada pabrik kosmetik untuk menjadikan Raffi Ahmad sebagai brand ambassador. Medina bahkan mencatut KTP Raffi Ahmad dan bukti transfernya kepada Denise Chariesta. Merasa janggal, Denise menolak tawaran Medina Zein tersebut.

Medina juga sempat menjadi sorotan saat Rachel Vennya pernah menagih uang kepadanya melalui kolom komentar Instagram. Citra Kirana juga pernah menagih hutang melalui Instagram Story kepada Medina.

instagram.com/medinazein

Tak sampai di situ, pengusaha Surabaya, Uci Flowdea menagih uang Rp1 milliar kepada Medina melalui Instagram. Kasus ini berujung pelaporan polisi terkait pengancaman lewat media elektronik.

Selain itu, selebgram Marissya Icha juga melaporkan Medina atas kasus pencemaran nama baik. Medina Zein dilaporkan setelah menyebarkan tangkapan layar yang berasal dari direct message (DM) seseorang ke akun Instagramnya, yang pada intinya menuduh Marissya sebagai 'germo' dan 'ani-ani'. Marissya juga menuduh Medina menjual tas KW atau palsu.

Itulah profil Medina Zein, selebgram dan pengusaha yang kini ditangkap polisi karena sejumlah kasus yang menyeret namanya.

IDN Media Channels

Latest from Working Life