Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Baekhyun 'EXO', Idol dengan Masa Trainee yang Singkat

Happy birthday Baekhyun!

Natasha Cecilia Anandita

EXO merupakan salah satu boy group K-pop yang telah menoreh banyak prestasi dan popularitas. Para anggotanya pun semakin bersinar di jalannya masing-masing maupun sebagai grup. Salah satunya adalah Baekhyun yang tepat pada 6 Mei ini berusia 30 tahun.

Memulai debut dengan masa trainee singkat berkat talentanya dalam bernyanyi, Baekhyun juga tak ragu untuk mengambil karier di bidang akting. Yuk, makin dekat dengan idol dengan segudang pesona ini, berikut profilnya.

Jadi anak band penggemarnya Rain

pinterest.com

Baekyun yang bernama asli Byun Baek-hyun lahir pada tanggal 6 Mei 1992 di Bucheon, Gyeonggi, Korea Selatan. Ia adalah anak bungsu yang memiliki kakak laki-laki bernama Baek-beom yang terpaut tujuh tahun. Dikenal memiliki suara yang bagus, Baekhyun mulai berlatih menyanyi saat berusia 11 tahun karena terinspirasi oleh penyanyi Korea Selatan, Rain.

Saat bersekolah di SMA Jungwon di Bucheon, ia pernah menjadi vokalis utama dalam sebuah band bernama Honsusangtae. Bersama band tersebut, ia pernah menjuarai festival musik di daerahnya. Tak sampai situ, ia juga sempat mendapatkan les piano dari Kim Hyun-woo, anggota band rock Korea Selatan, DickPunks.

Selain kegiatan bermusik, ia juga pernah berlatih seni bela diri pada masa mudanya dan memiliki sabuk hitam dan 3 di Hapkido. Setelah lulus SMA, Baekhyun melanjutkan pendidikannya di Kyung Hee Cyber University, dengan mengambil kelas daring jurusan Manajemen Seni dan Budaya.

Bertemu SM Entertainment dan jadi trainee tak sampai setahun

kpopping.com

Sejak kelas 4 Baekhyun memang ingin menjadi penyanyi dan mengatakan kepada semua teman-temannya bahwa dia akan menjadi selebriti ketika dia besar nanti. Dan impian tersebut semakin dekat saat ia bertemu dengan perwakilan SM Entertainment. Baekhyun pertama kali ditemukan oleh agen SM Entertainment saat ia sedang bersiap mengikuti ujian masuk perguruan tinggi di Seoul Institute of the Arts.

Ia ditemukan SM di depan gerbang sekolahnya. Salah satu perwakilan SM berada di dekat sekolahnya dan bertanya apakah dia ingin bergabung dengan SM. Ia kemudian secara resmi bergabung dengan label tersebut pada tahun 2011 melalui S.M. Casting System.

Dalam waktu 4 bulan masa trainee, ia menunjukkan potensi dirinya dengan berhasil tergabung ke jajaran anggota final EXO. Tujuh bulan setelahnya, ia berlatih dengan anggota yang lain untuk debut dengan mini album bertajuk Mama pada 8 April 2012.

Debut bersama EXO dan debut teater musikal

wikipedia.com

Baekhyun secara resmi diperkenalkan sebagai anggota ke-9 sekaligus vokalis utama EXO, pada tanggal 30 Januari 2012 dan resmi memulai debut pada tanggal 8 April 2012. Sejak itu, karier Baekhyun dan EXO semakin bersinar. Mereka meraih popularitas tak hanya di Korea Selatan tapi juga beberapa negara lainnya.

Pada Februari 2014, Baekhyun terpilih menjadi pembawa acara tetap di program musik SBS, Inkigayo bersama rekan segrupnya, Suho. Lalu melepaskan posisi tersebut pada November 2014 karena fokus pada perilisan album studio kedua EXO. Pada Juli-nya, Baekhyun juga memulai debut teater musikalnya, ia memainkan peran utama sebagai Don Lockwood dalam musikal Singin' in the Rain produksi SM C&C.

Rilis lagu solo dan karier akting

soompi.com

Pada April 2015, Baekhyun merilis lagu solo pertamanya sejak debut yang berjudul "Beautiful" sebagai lagu tema drama web EXO, Exo Next Door. Lagu ini menjadi lagu tema drama web pertama yang mampu menguasai tangga musik digital.

Pada Mei 2015, Baekhyun diumumkan akan membintangi film yang berjudul Dokgo bersama dengan aktor Yeo Jin goo. Namun, produksi film tersebut akhirnya dibatalkan pada Januari 2016.

pinterest.com

Akhirnya ia baru berkesempatan merambah dunia akting pada Agustus 2016, dengan bermain dalam drama sejarah SBS, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, adaptasi dari novel Tiongkok berjudul Bu Bu Jing Xin.

Berkat perannya dalam drama tersebut, ia berhasil memenangkan kategori "Penghargaan New Star" di SBS Drama Awards 2016. Tak hanya sebagai pemain, ia juga turut mengisi lagu tema untuk drama tersebut bersama Chen dan Xiumin berjudul "For You".

Kolaborasi dengan musisi K-pop lainnya

Bersama EXO, Baekhyun, Chen dan Xiumin membentuk sub-unit pertama mereka pada Oktober 2016, yang bernama EXO-CBX. Tak hanya membentuk sub-unit, Baekhyun juga banyak berkolaborasi dengan sejumlah idol dan musisi K-Pop lainnya, seperti Suzy dengan lagu mereka “Dream” yang mendapat banyak cinta dari penggemar.

Berlanjut duet dengan penyanyi Korea Selatan K.Will untuk lagu balada tradisional berjudul "The Day", yang merupakan bagian dari proyek musik SM Entertainment, SM Station. Pada 14 Februari 2017, Baekhyun dan Soyou ‘Sistar’ merilis lagu duet berjudul "Rain".

Lagu ini berhasil menempati posisi pertama di semua tangga musik daring, suatu pencapaian yang dikenal dengan sebutan "all-kill", menjadikannya sebagai satu-satunya artis SM Entertainment yang berhasil meraih pencapaian tersebut pada tahun 2016 dan 2017 sekaligus. Masih bagian dari SM Station, Baekhyun bersama rapper Korea Selatan Loco berkolaborasi dalam lagu "Young".

Kegiatan solo dan jadi leader SuperM

Setelah bersama EXO dan berkolaborasi dengan penyanyi lain. Akhirnya pada 10 Juni 2019, diumumkan bahwa Baekhyun akan debut sebagai solois pada bulan Juli. Tepatnya 10 Juli 2019, mini album debutnya, berjudul City Lights dirilis.

Album solonya telah terjual lebih dari 500.000 kopi dan merupakan album solo pertama yang berhasil menorehkan penjualan tertinggi di Gaon Music Chart. City Lights juga berhasil merajai tangga musik mingguan dan bulanan Gaon, dan menempati posisi nomor enam di tangga musik akhir tahun (nomor satu untuk album solo), sekaligus menjadi album solo terlaris di Korea Selatan pada tahun 2010-an. Bahkan album ini juga berhasil merajai tangga musik iTunes di total 66 negara.

baekhyunbook.wordpress.com
twitter.com/superm

Setelah sukses dengan debut solo, kegiatan Baekyun masih berlanjut dengan diperkenalkannya ia sebagai anggota SuperM, sebuah "supergrup K-pop" yang dibentuk SM Entertainment dengan berkolaborasi bersama Capitol Records. Grup ini akan memulai promosinya pada bulan Oktober dan ditujukan untuk menembus pasar Amerika Serikat.

Dalam boy group tersebut, Baekhyun dipilih menjadi leader yang mempimpin anggota lainnya yang termasuk Taemin SHinee, Mark, Ten, Taeyong dan Lucas NCT, serta Kai EXO. Pada 3 Januari 2021, Baekhyun menggelar konser tunggal perdananya yang bertajuk Baekhyun: Light melalui Beyond Live. Konser tersebut berhasil menarik 110.000 penonton dari 120 negara.

Dilanjutkan dengan merilis album mini berbahasa Jepang pertamanya yang diberi judul namanya sendiri, Baekhyun. "Get You Alone" dirilis terlebih dahulu sebagai singel utama pada tanggal 4 Januari. Album ini kemudian mendapatkan sertifikasi Gold dari Recording Industry Association of Japan.

Hiatus wajib militer

soompi.com

Sebelum masuk wajib militer pada 6 Mei 2021, Baekhyun sempat merilis mini album berjudul Bambi bersamaan dengan singel utamanya yang berjudul sama. Selama wajib militer, ia bertugas sebagai pekerja layanan publik alih-alih tentara aktif karena hipotiroidisme yang dideritanya. Baekhyun diperkirakan akan menyelesaikan wajib militernya pada 5 Februari 2023 mendatang.

Punya merek pakaian sendiri dan jadi duta merek mewah

Pada Mei 2018, Baekhyun mulai berkolaborasi dengan Privé dan meluncurkan merek pakaian streetwear "Privé by BBH" pada tanggal 1 Juli 2018. Saat ini ia juga merupakan salah satu direktur kreatif merek tersebut.

Pada April 2020, Baekhyun dipilih sebagai duta merek global kosmetik asal Korea Selatan, Tir Tir. Ia juga ditunjuk sebagai duta merek Burberry. Ia kemudian tampil di sampul majalah Harper's Bazaar Korea edisi Oktober 2020, menjadikannya artis K-pop pria pertama yang tampil solo di sampul majalah tersebut.

Itulah profil dari Baekhyun EXO yang sedang berulang tahun dengan segudang bakat dan prestasinya. Sukses selalu untuk Baekhyun!

IDN Media Channels

Latest from Working Life