Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penghasilan “Big 4” CEO Agensi K-Pop Tahun 2022

Dari penghasilan Hybe, YG, SM, dan JYP, siapa yang pertama?

Natasha Cecilia Anandita

Empat perusahaan hiburan terbesar di industri K-pop baru-baru ini berbagi informasi tentang remunerasi atau pemberian upah para eksekutif puncak mereka. Angka yang dilaporkan mencakup gaji dan bonus yang diterima untuk paruh pertama tahun 2022, berdasarkan laporan setengah tahunan yang disampaikan oleh masing-masing perusahaan hiburan.

Empat perusahaan tersebut termasuk Hybe, YG, SM, dan JYP. Seperti yang diketahui keempat perusahaan tersebut saling bersaing di dunia hiburan dan memiliki grup-grup andalan yang populer di Korea sendiri, maupun di luar negeri.

Penasaran siapa yang paling kaya? Berikut daftar penghasilan “Big 4” CEO agensi hiburan K-pop tahun 2022.

4. YG Entertainment

soompi.com

YG Entertainment tidak mengungkapkan pendapatan para eksekutifnya. Diinterpretasikan bahwa ini karena eksekutif terdaftar yang tidak menerima lebih dari 500 juta KRW (sekitar Rp5,5 miliar) tidak diwajibkan untuk mengungkapkannya.

Menurut laporan semi-tahunan YG Entertainment, rata-rata remunerasi yang dibayarkan kepada tujuh direktur dan auditor, termasuk CEO Hwang Bo kyung, adalah 139 juta KRW (sekitar Rp1,5 miliar).

Perusahaan ini hanya merilis satu album selama kuartal kedua dari boy band iKON. BLACKPINK baru akan membuat comeback pada bulan September untuk pertama kalinya dalam dua tahun dengan album full-length, Born Pink.

3. HYBE

kedglobal.com

CEO HYBE Park Ji won mengumpulkan total 700 juta KRW (sekitar Rp7,7 miliar) untuk paruh pertama tahun ini, dengan gaji 250 juta KRW (sekitar Rp2,7 triliun) dan bonus 450 juta KRW (sekitar Rp4,9 miliar). Perusahaan menyatakan, “upah kinerja telah disetujui oleh dewan direksi berdasarkan evaluasi komprehensif atas kinerja manajemen pada tahun 2021 yang diperhitungkan.”

Sama seperti Lee Soo man, remunerasi Bang Si hyuk, ketua dewan direksi HYBE dan pemegang saham terbesar perusahaan dengan 31,8% saham, tidak diungkapkan. HYBE baru-baru ini mendebutkan dua girl group, yaitu LE SSERAFIM dan NewJeans, masing-masing melalui anak perusahaannya Source Music dan ADOR.

2. SM Entertainment

twitter.com/SMTOWNGLOBAL

CEO SM Entertainment Lee Sung su menerima 1,89 miliar KRW (sekitar Rp20,9 miliar) yang terdiri dari gaji aktualnya sebesar 159 juta KRW (sekitar Rp1,76 miliar), bersama dengan bonus 1,65 miliar KRW (sekitar Rp18,3 miliar).

Co-CEO Tak Young jun menerima 1,88 miliar KRW (sekitar Rp20,8 miliar) yang terdiri dari gaji aktualnya sebesar 158 juta KRW (sekitar Rp17,5 miliar) bersama dengan bonus yang sama sebesar 1,65 miliar KRW (sekitar Rp18,3 miliar).

Produser Lee Soo man, sebagai pendiri SM entertainment dan pemegang saham terbesar dengan 18,46% saham di SM, tidak lagi menjadi bagian dari dewan direksi, sehingga gajinya tidak diungkapkan.

1. JYP Entertainment

berbagai sumber

Pendiri, penyanyi, dan produser JYP Entertainment (JYP), Park Jin young menerima penghasilan sebesar 2,10 miliar KRW (sekitar Rp23,3 miliar). Angka tersebut termasuk gaji 234 juta KRW (sekitar Rp259,7 juta) dan 1,90 miliar KRW (sekitar Rp21 miliar) dalam bonus di paruh pertama tahun ini.

CEO JYP Jung wook menerima gaji 156 juta KRW (sekitar Rp1,7 miliar) dan bonus 1,10 miliar KRW (sekitar Rp 12,2 miliar), dengan total 1,26 miliar KRW (sekitar Rp13,9 miliar). Perusahaan menyatakan bahwa angka-angka ini “sesuai dengan peraturan remunerasi eksekutif, gaji pokok dibayarkan dengan mempertimbangkan tugas pekerjaan, kepemimpinan, profesionalisme, dan kontribusi kepada perusahaan.”

JYP Entertainment membukukan laba bersih 15,1 miliar KRW (sekitar Rp167,6 miliar) selama periode April hingga Juni 2022. Performa kuat mereka disebabkan oleh penjualan tiket konser dari tur dunia TWICE, Stray Kids, dan 600.000 eksemplar album solo Nayeon.

Itulah penghasilan para “Big 4” agensi hiburan Korea Selatan di tahun 2022 ini.

IDN Media Channels

Latest from Working Life