Pada umumnya, maksimal grup idola dikontrak selama tujuh tahun untuk berpromosi bersama agensi yang melahirkan mereka. Setelahnya, para anggota bebas memutuskan untuk bertahan dengan memperpanjang kontrak atau pergi mencari agensi baru.

Meski telah bersama selama bertahun-tahun, selalu ada kemungkinan suatu grup tidak lagi memperpanjang kontrak dengan agensi. Selain karena kontrak yang telah berakhir, ada kalanya terjadi ketidaksepakatan yang membuat mereka memutuskan untuk keluar. 

Namun, pada beberapa situasi, meski telah meninggalkan agensi yang telah membantu membesarkan namanya, jajaran idol ini tetap tergabung di dalam grup. Ada siapa saja, ya?

1. GOT7

Ada GOT7, 6 Grup Ini Tetap Bersama Meski Telah Meninggalkan Agensiinstagram.com/got7.with.igot7

Di awal tahun 2021, kabar hengkangnya para anggota grup GOT7 dari JYP Entertainment cukup mengejutkan publik. Setiap anggota memulai proyek solo mereka dengan masing-masing agensi barunya, namun belum ada pernyataan resmi yang mengatakan bahwa grup ini akan bubar.

Tentunya hal ini membuat banyak penggemar berharap mereka akan kembali melakukan aktivitas grup. Hal ini terlihat dari sejumlah tagar #GOT7FOREVER yang sempat trending. Impian dan harapan para penggemar pada akhirnya menjadi kenyataan. Pada 23 Mei 2022 yang lalu, GOT7 resmi comeback dengan merilis EP terbaru milik mereka berjudul “NANANA”.

2. Girls' Generation/SNSD

Ada GOT7, 6 Grup Ini Tetap Bersama Meski Telah Meninggalkan Agensisoompi

SNSD telah debut sejak tahun 2007 dan menjadi salah satu grup generasi kedua yang paling sukses. Sebelum diumumkan hiatus, SNSD comeback dengan merilis album studio keenam mereka, Holiday Night pada tahun 2007.

Meski hiatus, di tahun 2018, SM Entertainment—agensi yang menaungi SNSD—meluncurkan sub unit Girls' Generation-Oh!GG dengan lagu mereka “Lil' Touch”. Beranggotakan Taeyeon, Sunny, Hyoyeon, Yuri dan YoonA, lagu ini telah mencapai lebih dari 100 juta penayangan di YouTube.

Setelah lima tahun para anggota sibuk berkarier solo, serta beberapa anggota lainnya memutuskan untuk meninggalkan agensi—Sooyoung, Tiffany dan Seohyun. Pada akhirnya, semua akan kembali dipersatukan sebagai SNSD lewat album terbaru baru mereka di bulan Agustus mendatang.

3. Highlight

Ada GOT7, 6 Grup Ini Tetap Bersama Meski Telah Meninggalkan Agensisoompi

Debut di bawah naungan Cube Entertainment dengan nama Beast, seluruh anggota memutuskan untuk meninggalkan agensi di tahun 2016. Meski seluruh anggota memutuskan untuk tetap bersama, nama Beast yang sudah mereka gunakan sejak 2009 tidak lagi dapat digunakan sebab telah menjadi merek dagang Cube Entertainment.

Bersama para investor terpercaya, anggota Beast membentuk Around Us Entertainment dan mengganti nama menjadi Highlight di tahun 2017. Namun, sayangnya para anggota Highlight terpaksa harus kembali meninggalkan penggemar untuk menjalankan wajib militer. Penantian panjang para penggemar akhirnya terbayarkan setelah Highlight kembali menyapa lewat mini album mereka The Blowing (2021).

4. 2PM

Ada GOT7, 6 Grup Ini Tetap Bersama Meski Telah Meninggalkan Agensitwitter.com/jknktywyjhcs51

Secara resmi, kontrak Chansung 2PM dengan JYP Entertainment akan berakhir pada Januari 2022. Menyusul kepergian Chansung yang tidak lagi memperbaharui kontrak dengan JYP Entertainment, sisa anggota lainnya—Jun.K, Nichkhun , Wooyoung, and Lee Junho—masih memiliki banyak waktu tersisa pada kontrak.

Sedangkan Taecyeon, merupakan satu-satunya anggota yang tidak lagi bergabung dengan JYP Entertainment sejak 2018 lalu. Namun, meski sudah berbeda agensi, 2PM kembali comeback dengan lagu “Must” (2021) dengan anggota lengkap setelah comeback terakhir mereka di album GENTLEMAN's GAME (2016).

5. MAMAMOO

Ada GOT7, 6 Grup Ini Tetap Bersama Meski Telah Meninggalkan Agensitwitter.com/RBW_MAMAMOO

RBW (Rainbow Bridge World) telah mengkonfirmasi bahwa Wheein MAMAMOO tidak lagi memperbaharui kontraknya dengan agensi di tahun 2021. Namun, penggemar tidak perlu khawatir, sebab dirinya akan terus berpromosi untuk kegiatan grup, termasuk album dan konser hingga tahun 2023. Belum lama ini, MAMAMOO melakukan comeback dengan mini album mereka WAW dengan Wheein satu-satunya anggota yang tidak lagi bergabung dengan RBW.

6. Apink

Ada GOT7, 6 Grup Ini Tetap Bersama Meski Telah Meninggalkan Agensisoompi

Pada tahun 2021, Naeun Apink memutuskan untuk meninggalkan IST Entertainment dan bergabung bersama YG Entertainment sebagai aktris. Namun, dirinya tetap mengikuti aktivitas grup dengan ikut berpartisipasi untuk foto sampul album dan pemotretan video musik, “Dilemma”.

Sisa promosi dilakukan oleh kelima anggota lain tanpa dirinya—Chorong, Bomi, Jung Eun Ji, Namjoo dan Hayoung—sebab adanya konflik penjadwalan. Setelah 11 tahun bersama Apink, Naeun memutuskan untuk meninggalkan grup yang telah membesarkan namanya, dirinya juga membagikan surat dengan tulisan tangan di Instagram untuk para penggemar.

Meski tidak semua berjalan lancar, beberapa grup ini belum resmi bubar. Dengan anggota yang tidak lagi berada di agensi yang sama, mereka masih aktif merilis musik dan album yang laris di pasaran. Ada idola kamu, Bela?

Baca Juga: Tersandung Kasus Bullying, 5 Idol Ini Tidak Lagi Bergabung Dalam Grup

Baca Juga: 9 Idol di Grup Ini Sukses Berkarier Solo, Ada yang Sudah World Tour!

Baca Juga: 5 Grup K-Pop Hampir Bubar, Ada Brave Girls yang Sempat Viral 2021 Lalu