Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Boy Group K-Pop yang Benar-Benar Hilang dari Industri

Penggemar masih berharap mereka comeback

Natasha Cecilia Anandita

Bulan Agustus dan September menjadi bulan yang penuh dengan comeback banyak grup K-pop, mulai dari girl group legendaris gen 2, SNSD, hingga girl group fenomenal BLACKPINK. Para boy group juga tak mau kalah, seperti; DBK, NCT 127, dan TEMPEST yang akan kembali menyapa penggemar dengan album baru.

Di samping semua grup yang ramai-ramai comeback, ada beberapa grup yang sangat dinanti comeback-nya. Pasalnya mereka telah lama hiatus bahkan nampak benar-benar hilang dari industri ini.

Selalu sulit untuk mendengar bahwa salah satu grup K-pop favorit kita telah dibubarkan, tetapi yang lebih sulit adalah ketika mereka hiatus untuk waktu yang tidak ditentukan dan tanpa resolusi yang jelas.

Berikut ada 5 boy group K-pop yang telah menghilang dari industri, melansir dari Koreaboo.

1. VIXX

twitter.com/RealVIXX

VIXX melakukan comeback terakhir mereka sebagai grup dengan “Walking” pada 1 Februari 2019. Sampai saat ini, sudah lebih dari 3 tahun sejak mereka merilis musik baru. Setelah comeback tersebut, para anggota grup memulai masa wajib militer mereka.

Salah satu anggota dan juga pemain tetap 2D1N, Ravi akhirnya meninggalkan agensi, Jellyfish Entertainment, pada Mei 2019, meskipun ia berencana untuk melanjutkan karier sebagai anggota VIXX sambil mempromosikan karya solonya sendiri.

Hongbin juga dikabarkan telah meninggalkan grup pada Agustus 2020 setelah dikritik karena hal-hal yang ia katakan selama streaming langsung. Ini akhirnya meninggalkan grup sebagai lima anggota yang masih di VIXX.

N juga turut meninggalkan Jellyfish Entertainment pada Oktober 2020, sama seperti Ravi, ia memilih tetap menjadi anggota VIXX. Baru-baru ini, Hyuk juga meninggalkan label pada Juni 2022, tapi tetap di VIXX. Namun, mereka belum merilis musik terbaru mereka sejak kepergian dan perubahan anggota terjadi. Bahkan desas desus dan rumor comeback pun masih belum ada.

2. KNK

last.fm

KNK merilis comeback terakhir mereka sebagai grup, “Ride”, pada 17 September 2020, hampir 2 tahun sejak mereka merilis musik baru. Sejak itu, ada perubahan anggota yang kemungkinan berperan dalam kurangnya comeback mereka.

Seoham meninggalkan grup pada September 2021, dan sejak itu membintangi K-Drama BL (boys love) Semantic Error yang populer. Pada Januari 2022, Heejun juga meninggalkan KNK, dan bulan berikutnya Inseong memulai wajib militernya.

Saat ini, grup tersebut hanya terdiri dari 3 anggota, yaitu Inseong, Dongwon, dan Jihun. Penggemar berharap mereka akan mulai berpromosi lagi setelah Inseong kembali dari wajib militernya.

3. IMFACT

hellokpop.com

Comeback grup terakhir IMFACT, adalah dengan album LL dengan judul lagu “Lie”, yang dirilis pada 28 April 2020, lebih dari 2 tahun yang lalu. Pada Juli 2020, Jeup memulai masa wajib militernya, yang merupakan penyebab umum hiatus grup.

Jian menjadi anggota selanjutnya yang mendaftar wajib militer pada bulan November tahun yang sama. Taeho dan Ungjae melakukan debut solo mereka pada tahun 2021, dan Taeho kemudian mendaftar wajib militer pada bulan Desember tahun yang sama.

Pada Januari 2022, diumumkan bahwa kelima anggota grup akan meninggalkan label mereka, Star Empire, tetapi tidak disebutkan bahwa IMFACT benar-benar bubar, jadi ada kemungkinan mereka masih akan comeback.

4. Block B

soompi.com

Comeback grup terakhir Block B, "Don't Leave" pada 8 Januari 2018, lebih dari empat setengah tahun yang lalu. Pada November 2018, semua anggota kecuali Zico memperbarui kontrak mereka dengan label Seven Seasons, dan masing-masing anggota berencana mengejar usaha individu dan sub-unit mereka sendiri.

Label mengatakan bahwa comeback grup penuh harus dinegosiasikan dengan ketujuh anggota. Sejak itu, semua anggota telah menyelesaikan wajib militer mereka atau sedang dalam prosesnya.

Pada September 2021, PO akhirnya mengikuti Zico dengan meninggalkan Seven Seasons. Dengan anggota yang berpisah, mungkin akan sulit untuk membentuk comeback dengan full member, tetapi beberapa penggemar masih berharap untuk itu.

5. INFINITE

aminoapps.com

Comeback grup terakhir INFINITE, “Clock”, dirilis pada 13 Februari 2019 atau lebih dari 3 tahun yang lalu. Pada tahun yang sama, Sungyeol, Dongwoo, Sungjong, dan Woohyun semuanya memulai wajib militer mereka pada waktu yang berbeda.

L juga akhirnya tidak memperpanjang kontraknya dengan Woollim Entertainment pada Agustus 2019, meskipun berencana untuk melanjutkan sebagai anggota INFINITE di samping karier aktingnya.

Sunggyu, Dongwoo, dan Sungyeol juga akhirnya tidak memperbarui kontrak mereka dengan label tersebut pada Maret 2021, yang hanya menyisakan Sungjong. Mereka semua akhirnya bergabung dengan label yang berbeda, tetapi masih bersama untuk berbagai acara, seperti untuk ulang tahun debut ke-11 mereka.

Pada Januari 2022 kemarin, Sungjong juga akhirnya meninggalkan Woollim Entertainment, dan dengan semua anggota yang terpisah, tampaknya tidak mungkin atau sulit bagi mereka akan merilis musik sebagai grup lagi. Tapi Inspirit (nama penggemar INFINITE) selalu berharap akan hari itu.

Itulah 5 boy group K-pop yang hilang dari industri. Siapa yang paling kamu rindukan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life