Perjalanan idol grup Korea memang tidak selamanya lancar. Sejak para idol berada di masa trainee para idol membutuhkan banyak pengorbanan hingga akhirnya grup tersebut bisa melakukan debut. Memang ada beberapa yang sudah mendapatkan perhatian ketika pertama kali memulai debut dan akhirnya bisa bertahan hingga sekarang. Namun, tak banyak pula idol grup K-pop yang harus bubar karena berbagai pertimbangan tertentu.

Untuk mengenang dan menapaki kenangan, mari kita melakukan perjalanan menyusuri jalan kenangan dan mendengarkan lagu-lagu terakhir dari grup K-pop legendaris yang telah bubar berikut ini!

1. IZ*ONE - "Panorama"

https://www.youtube.com/embed/G8GaQdW2wHc

IZ*ONE adalah grup Korea Selatan-Jepang yang dibentuk oleh Produce 48 MNET, musim ketiga Produce 101. Beranggota Jang Wonyoung, Miyawaki Sakura, Jo Yuri, Choi Yena, Ahn Yujin, Yabuki Nako, Kwon Eunbi, Kang Hyewon, Honda Hitomi, Kim Chaewon, Kim Minjoo, dan Lee Chaeyeon. Debut pertama kali di Korea pada 29 Oktober 2018 IZ*ONE resmi bubar pada 29 April 2021, setelah kontrak mereka habis. Sebelum akhirnya bubar,  IZ*ONE merilis lagu bertajuk "Panorama" pada Desember 2020, yang menjadi lagu terakhir mereka sebelum resmi dinyatakan bubar.

2. SISTAR - "Lonely"

https://www.youtube.com/embed/KbXV2R_Yd1E

Pada 22 Mei 2017, Starship Entertainment mengumumkan bahwa SISTAR akan bubar setelah tujuh tahun sebagai sebuah grup, dan comeback terakhir mereka akan menjadi yang terakhir sebagai sebuah grup. Grup ini merilis "Lonely" pada 31 Mei 2017 sebagai lagu terakhir mereka.

3. GFRIEND - "MAGO"

https://www.youtube.com/embed/LmBYPXGqtss

Rilisan terakhir GFRIEND sebelum bubar yakni "MAGO", yang dirilis pada 9 November 2020. Anggota Eunha, Yuju, dan Umji membantu menyusun dan menulis lirik untuk lagu tersebut. Bahkan pada saat perilisannya, para penggemar belum mengetahui bahwa ini akan menjadi perilisan final GFRIEND. Pada 22 Mei 2021, Source Music mengumumkan bahwa keenam anggota meninggalkan grup setelah menyelesaikan kontrak.

4. 2NE1 - "Goodbye"

https://www.youtube.com/embed/wEkLHC7l25w

Berada di bawah manajemen yang sama dengan BLACKPINK, sempat beredar isu bahwa idol grup 2NE1 bubar  karena BLACKPINK akan debut, namun ada pula yang mengatakan jika 2NE1 bubar karena salah satu anggotanya terlibat skandal penyelundupan obat-obatan terlarang. Idol grup yang debut pada tahun 2009 ini harus mengakhiri perjalanan pada 25 November 2016. Namun, pada tahun 2017 2NE1 merilis "Goodbye", sebuah lagu yang ditulis oleh CL sebagai perpisahan terakhir untuk para penggemar.

5. Wanna One - "Spring Breeze"

https://www.youtube.com/embed/FD2mik4V5EE

WANNA ONE merilis "Spring Breeze" pada 19 November 2018, sebagai lagu utama dari album 1¹¹=1 (Power of Destiny). Album tersebut merupakan puncak dari aktivitas mereka sebagai sebuah grup, alias menandai berakhirnya Wanna One.

Wanna One secara resmi dibubarkan pada Januari 2019, meskipun kontrak mereka berakhir pada 31 Desember 2018. Akibatnya, grup tersebut dapat memiliki beberapa minggu lagi bersama untuk memungkinkan para anggota menghadiri pertunjukan akhir tahun dan upacara penghargaan. Grup ini juga diizinkan untuk tampil bersama untuk terakhir kalinya untuk konser terakhir mereka.

6. 4Minute - "HATE"

https://www.youtube.com/embed/D_F9HUTYnl0

4Minute merilis lagu "Hate" pada 20 Januari 2016, bekerja sama dengan produser Amerika Skrillex. Pada saat dirilis, penggemar sudah tahu 4Minute berada di tempat yang sulit. Kabarnya, para anggota sampai harus meminta penggemar untuk melakukan streaming dan membuat lagu tersebut sukses karena takut akan bubar.

Sayangnya, grup tersebut akhirnya resmi bubar pada 13 Juni 2016. Perusahaan mengklaim bahwa mereka mencoba membujuk para anggota untuk melanjutkan grup, tetapi Jihyun, Gayoon, Jiyoon, dan Sohyun tidak lagi ingin melanjutkan aktivitas grup.

7. I.O.I - "Downpour"

https://www.youtube.com/embed/kbdW2LaKlnw

I.O.I merilis "Downpour" pada 18 Januari 2017, sebagai lagu terakhir mereka sebelas hari sebelum tanggal resmi pembubaran. Lagu ini ditulis dan diproduksi bersama oleh anggota SEVENTEEN Woozi dan dipilih secara pribadi oleh sebelas anggota I.O.I untuk menjadi lagu terakhir mereka. Sebelumnya, dilaporkan bahwa I.O.I menerima banyak lagu dari berbagai produser untuk dipilih, termasuk Jinyoung B1A4. Namun, akhirnya “Downpour” lah yang menjadi salam perpisahan mereka dengan para penggemarnya.

8. Wonder Girls - "Draw Me"

https://www.youtube.com/embed/smDK7vQ1vhc

"Nobody" menjadi salah satu lagu ikonik idol grup Wonder Girls. Idol grup yang terdiri dari Yubin, Yeeun, Sunmi, dan Hyerim memang sempat hits pada masanya. Sayangnya, satu per satu member Wonder Girls memutuskan untuk hengkang dari grup sampai akhirnya grup tersebut bubar.

Menyusul pengumuman bahwa Wonder Girls akan bubar, grup ini merilis single terakhir "Draw Me" pada 10 Februari 2017. Lagu tersebut juga berfungsi sebagai perayaan ulang tahun kesepuluh Wonder Girls sejak debut mereka. Lagu ini rilis setelah JYP Entertainment mengumumkan bahwa Wonder Girls telah bubar.

9. X1 - "Flash"

https://www.youtube.com/embed/LlQEKB2H7z4

Lagu pertama X1 sayangnya adalah yang terakhir. Grup ini merilis "Flash" pada 1 Agustus sebagai lagu debut mereka. Lagu ini sangat sukses di Korea Selatan, memenangkan 11 kemenangan acara musik selama masa promosi. 

Setelah produser Produce X 101 ditangkap karena memanipulasi peringkat suara. Diumumkan pada 8 Januari 2020,  X1 akhirnya resmi dibubarkan. Sayangnya, ini berarti menjadi lagu debut sekaligus lagu terakhir mereka.

10. PRISTIN V - "We Like"

https://www.youtube.com/embed/J6LAzgZi8N8

Hanya bertahan dua tahun PRISTIN V yang digadang-gadang akan meneruskan ketenaran After School akhirnya resmi bubar pada 24 Mei 2019. PRISTIN V sempat merilis lagu "Get It" pada 28 Mei 2018, comeback terakhir PRISTIN V sebagai grup terjadi pada 23 Agustus 2017, dengan lagu "We Like." Sayangnya, ini hanya comeback pertama dan rilisan kedua grup, dan pada saat itu, penggemar tidak menyadari bahwa ini akan menjadi rilisan terakhir mereka.

Demikanlah 10 lagu perpisahan idol grup Korea yang telah resmi bubar. Adakah idol grup kesayanganmu yang belum masuk daftar?

Baca Juga: 8 Lagu Perpisahan yang Bikin Moment Perpisahan Sekolahmu Unforgetable

Baca Juga: 5 Grup K-Pop Hampir Bubar, Ada Brave Girls yang Sempat Viral 2021 Lalu

Baca Juga: Terbaru Nu'est, 10 Pembubaran Grup K-Pop Ini Bikin Syok Fans