Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 7 Cara Ampuh Usir Kecoak Terbang di Rumah

Tidak panik lagi, nih!

Firly Fenti

Tidak mudah menemukan foto kecoak yang tidak akan membuat kamu geli, Bela. Tapi artikel ini penting demi kemaslahatan bersama. Kehadiran kecoak di rumah tentu membuat penghuninya menjadi risih dan ingin segera membasminya. Hal ini dikarenakan keberadaan kecoak sangat berpotensi untuk mengganggu kebersihan rumah dan juga kesehatan para penghuninya.  

Membasmi kecoak mungkin bukan hal yang mudah. Hal ini dikarenakan perkembangbiakan kecoak sangat cepat dan telurnya sangat sulit untuk dikenali. Namun, di lain sisi, membasmi kecoak bukan hal yang tak mungkin, kok. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membasmi kehadiran kecoak dari rumah. Nah, kalau kamu salah satunya yang kini tengah berjuang untuk membasmi kecoak, maka Popbela sudah siapkan 7 cara mengusir kecoak terbang di rumah dengan bahan alami yang ampuh.

1. Minyak essensial

Pinterest.com/Natsllivingideas

Cara mengusir kecoak yang pertama ialah menggunakan minyak esensial. Berbeda dengan manusia, kecoak sangat tidak menyukai aroma minyak essensial. Hal ini dikarenakan aroma minyak essensial mampu mengganggu penciuman kecoak dalam berburu makanan. Nggak hanya itu saja, penggunaan minyak esensial dengan konsentrasi yang tinggi juga dapat membunuh kecoak, lho. Untuk penerapan cara ini, kamu bisa meneteskan minyak peppermint pada bola kapas dan oleskan pada tempat di mana kecoak biasa bersembunyi. Kamu juga bisa membuat semprotan pembunuh kecoak dengan mencampur minyak essensial, seperti campuran peppermint dengan air. 

2. Bubuk kopi

Pinterest.com/Todayshow

Kecoak juga tidak menyukai aroma kopi, lho. Oleh karena itu, kamu juga bisa menggunakan kopi sebagai bahan alami pembasmi kecoak. Untuk cara mengusir kecoak menggunakan kopi, kamu bisa menyeduh kopi dan masukkan ke dalam toples, lalu letakkan toples di tempat yang biasa dilewati kecoak. Nantinya, kecoak akan masuk ke dalam toples dan akan terperangkap di dalam toples karena tak mampu untuk keluar dari toples. Selain itu, kamu juga bisa langsung menaburkan bubuk kopi hitam di beberapa sudut yang menjadi tempat persembunyian kecoak.

3. Lemon

Pinterest.com/Freshharvest

Bahan selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai pembasmi kecoak ialah air lemon. Lemon yang memiliki kandungan zat antipathogenic ini dipercaya mampu mencegah pertumbuhan kuman yang menjadi habitat bagi para kecoak. Untuk cara mengusir kecoak dengan lemon, kamu bisa menyemprotkan perasan jeruk lemon pada bagian-bagian rumah yang kerap didatangi kecoak.

4. Mentimun

Pinterest.com/Groworganicom

Banyak di antara kamu yang mungkin tak menyangka bahwa mentimun juga mampu membasmi kecoak. Aroma mentimun merupakan musuh besar bagi kecoak. Untuk kamu yang ingin menggunakan mentimun sebagai bahan dalam membasmi kecoak, kamu cukup mengiris mentimun dan menaruhnya dalam wadah seperti mangkuk. Lalu, letakkan mangkuk pada daerah atau tempat yang menjadi sarang kecoak.

5. Kombinasi boraks dengan makanan manis

Pinterest.com/Cleaninghacksandtips

Nggak hanya berbahaya bagi manusia, ternyata boraks juga menjadi bahan mematikan untuk kecoak. Bahan berbahaya ini bisa kamu jadikan sebagai bahan pembasmi kecoak dengan mengombinasikannya bersama makanan manis, seperti gula. Nah, untuk membasmi kecoak dengan cara ini, kamu bisa membuat ramuan yang berisi boraks, gula dan air ke dalam botol semprot. Kemudian aduk rata ketiga bahan tersebut dan semprotkan ramuan ini pada daerah yang sering dilewati oleh kecoak. Pastikan ramuan berbahaya ini sulit untuk dijangkau oleh anak-anak, ya, Bela!

6. Petroleum jelly

Pinterest.com/Byride

Cara mengusir kecoak yang selanjutnya hampir sama dengan cara kelima, yaitu menggunakan bahan manis sebagai perangkap untuk kecoak yang dikombinasikan dengan petroleum jelly. Namun, cara yang satu ini lebih sederhana dan lebih aman ketimbang cara yang kelima. Kamu cukup mengoleskan petroleum jelly pada karton lalu menaburkan gula di atasnya, kemudian letakkan perangkap ini pada tempat-tempat yang dekat dengan persembunyian kecoak. 

Nantinya, kecoak akan tertarik pada gula dan ketika kecoak menghampiri gula, maka secara otomatis kecoak akan terjebak pada karton yang sudah dilumuri oleh petroleum jelly. 

7. Membersihkan rumah

Pinterest.com/Thekitchn

Nah, cara mengusir kecoak yang satu ini merupakan cara yang paling sederhana. Kamu nggak perlu barang atau bahan-bahan untuk membasmi kecoak, kamu hanya perlu membersihkan rumah sebagai bentuk antisipasi agar kecoak tidak hadir dan bersarang di rumahmu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan rumah, mulai dari membuang sisa makanan secara teratur ke dalam kantong plastik yang kemudian diikat, membuang barang-barang yang sudah tak terpakai, atau membersihkan genangan air dan memperbaiki kebocoran pada pipa di rumah.

Itulah cara mengusir kecoak di rumah menggunakan bahan alami yang ampuh. Mana yang mau kamu coba?

IDN Media Channels

Latest from Working Life