Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kisah Affav Siregar Mengangkat Musikal 'Joshua Oh Joshua' di BFA 2024

Tontonan keluarga yang bikin kamu nostalgia

Ajenk Rama

Siapa yang tidak tahu dengan salah satu film ikonik, Joshua Oh Joshua? Tahun 2024, film ini kembali diangkat ke panggung teater oleh Affav Siregar. Ia membagikan perjalanannya membuat teater musikal Joshua Oh Joshua di BeautyFest Asia 2024 hari ketiga. 

Affav Siregar mengungkap teater musikal ini tidak mudah digarap, sebab ia harus mengombinasikan banyak komponen, mulai dari menari, bernyanyi, hingga menari. Ekspektasi publik cukup kuat karena mengadaptasi dari film populer Indonesia. 

Seperti apa kisah Affav Siregar mengangkat Joshua Oh Joshua ke teater musikal? Ikuti keseruan bincang-bincangnya dalam acara BeautyFest Asia di hari Minggu (5/5/2024) berikut ini.

Persiapan produksi musikal sejak awal tahun 2024

Dok. POPBELA

Affav Siregar membocorkan persiapan teater musikal Joshua Oh Joshua saat hadir di BFA 2024 hari ketiga. 

"Jadi, kita memang persiapannya itu dari awal tahun ini. Kita mau bawain judul film hit, siapa yang nggak tahu judul film 'Joshua Oh Joshua' dulu, ya. Yang kalimatnya 'Bu, Jojo di depan, Bu," ungkapnya. 

Diketahui, teater musikal Joshua Oh Joshua diperankan oleh orang-orang berbakat, seperti Daffa Syawlan dan Achmad Fadlan. 

Ingin memberikan tontonan yang menghibur

Dok. POPBELA

Teater musikal sudah menjamur di luar negeri, namun gaungnya di Tanah Air belum terlalu terdengar. Benarkah demikian? 

"Jadi, musikal di Indonesia sebenarnya sudah banyak di atas tahun 2009. Salah satunya dipelopori oleh Mba Mira Lesmana. Dia bikin musikal Laskar Pelangi. Dari situ, mulai berkembang lagi, namun karena pandemi situasinya sedikit merosot," ujar Affav Siregar.

Affav Siregar menceritakan alasan memilih menggarap teater musikal karena hobi yang tersalurkan. Tujuan sebenarnya Affav menghadirkan musikal ini adalah ingin memberikan tontonan yang menghiburkan dan bermanfaat bagi semua kalangan. 

Ekspektasi publik terhadap Joshua Oh Joshua

Dok. POPBELA

Bukan hal mudah mengangkat musikal Joshua Oh Joshua. Affav Siregar mengungkapkan kekhawatiran soal ekspektasi publik, apalagi masyarakat tahu banget tentang film ikonik ini. 

Tentu, ada harapan berlebih dari publik untuk bisa membangkitkan rasa nostalgia bersama keluarga saat menontonnya. Banyak adjustment yang dilakukan oleh tim agar musikal ini bisa menjadi tontonan menghibur, serta menjadi kenangan tak terlupakan. 

Pendalaman pemain dipersiapkan secara matang

Dok. POPBELA

Teater musikal bukan sekadar berakting saja, tetapi para pemeran juga harus bisa menari dan bernyanyi. Untuk bisa memberikan tontonan terbaik, pendalaman materinya sangat matang, bertahap, serta detail.

"Ada lagu baru banyak banget, ya. Jadi, susah banget kalau mereka mainkan kalau tidak hafal. Kita pendalaman musik dulu satu bulan, seperti fokus belajar nyanyi, masuknya seperti apa, serta pecah-pecahan suaranya. Jika sudah bagus, tidak berhenti di situ. Tapi, turut mendalami suara karakter yang dimainkan," jelas Affav Siregar. 

Setelah pendalaman musik, baru masuk ke pendalaman menari selama sebulan. Panjang dan rumit banget prosesnya, ya. Terlihat banget effort mereka untuk menghadirkan teater musikal Joshua Oh Joshua ke publik, kan. Wajib nonton, sih!

Menonton sekaligus terlibat dalam aksi sosial

Dok. POPBELA

Nggak hanya proses produksi dan pemain yang dipersiapkapn, tetapi tim musikal Joshua Oh Joshua dari Affav Siregar ini sangat memikirkan musik untuk melengkapi cerita. Empat lagu di film Joshua Oh Joshua dikembangkan lebih luas oleh Affav Siregar dan tim. 

Mereka membuat lagu baru khusus untuk teater musikal Joshua Oh Joshua, yaitu sekitar 19 lagu baru. Aransemen musik pun disesuaikan. Kamu bisa nonton teater musikal Joshua Oh Joshua bersama keluarga di 6 - 7 Juli 2024 dan tiket dibeli di situs Kiostix. 

Saat membeli tiket teater musikal ini, kamu tak hanya dapat tontonan menghibur, tapi juga ikut terlibat aksi sosial berupa pembangunan sekolah untuk anak jalanan. Jadi, nggak ada alasan lagi buat nggak nonton teater musikal Joshua Oh Joshua. Buruan beli tiketnya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration