"This is where all the magic happnes,", begitu kata-kata yang kerap keluar dari mulut selebriti ketika ada media yang meliput ruangan kamar tidur mereka. Hal ini ada benarnya, Bela. Kamar merupakan tempat paling pribadi (selain kamar mandi) yang menjadi cerminan diri dan keinginannmu. Contohnya, jika kamar kotor dan berantakan, berarti itulah dirimu. 

Salah satu cara membuat diri lebih bersemangat dan bahagia adalah dengan memiliki kamar bersih. Karena, tentunya setiap kali kamu pulang dari beraktivitas, kamu pasti membayangkan sejuknya ruang pendingin dan empuknya kasurmu. Yuk, lakukan lima hal ini secara rutin untuk menjaga kamarmu tetap bersih dan rapi.

1. Tentu saja langkah awal adalah selalu rapikan tempat tidur setelah bangun

Ingin Kamar Selalu Rapi dan Bersih Lakukan 5 Hal Ini Secara RutinPexels.com / Cottonbro

Saat bangun pagi sebelum berakivitas, biasakan dirimu untuk langsung merapikan tempat tidur. Mulailah dari kegiatan melipat selimut, bedcover atau duvet yang biasa kamu pergunakan, rapikan sepraimu seperti sedia kala dan tata bantal beserta guling di tempat semula. Bosan dengan penataan rutin? coba sesekali tata tempat tidurmu seperti cara hotel bintang lima menatanya. Biar kamar seperti hotel!

2. Letakkan barang pada tempatnya

Ingin Kamar Selalu Rapi dan Bersih Lakukan 5 Hal Ini Secara Rutinrd.com

Setelah bepergian pastikan untuk selalu menaruh barang-barang yang kamu pergunakan ke tempatnya. Misalnya, simpan baju kotor yang kamu pakai ke dalam keranjang pakaian yang diletakkan di kamar ataupun kamar mandi dan tidak diletakkan sembarangan. Tak hanya penggunaan baju saja, tetapi berlaku untuk koleksi sepatu dan tasmu juga. Maka kuncinya adalah selalu berupaya menjaga kebersihan dan disiplin untuk meletakkan segala sesuatu pada tempatnya. 

3. Simpan barang-barang kecil di tempat penyimpanan khusus

Ingin Kamar Selalu Rapi dan Bersih Lakukan 5 Hal Ini Secara Rutinpinterest.com

Perhatikan barang-barang kecil yang kamu bawa saat bepergian seperti kunci kamar, ponsel, charger ponsel, headset, flashdisk atau benda-benda kecil lainnya. Letakkan di tempat khusus berupa laci mini, kompartemen berukuran mungil dan tempat lainnya usai menggunakannya. Pastikan setelah pemakaian kemudian menyimpannya kembali di tempat yang sama.

4. Rutin membersihkan area yang selalu dilewati

Ingin Kamar Selalu Rapi dan Bersih Lakukan 5 Hal Ini Secara RutinPexels.com / Cottonbro

Bersihkan lantai kamar tidur dengan cara rutin menyapu atau mengepelnya setiap hari. Jika kamu benar-benar sibuk, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tempat yang paling sering kamu lalui setiap selesai beraktivitas. Misalnya, beberapa sudut yang sering kita lalui seperti dekat pintu masuk, sekitar tempat tidur, lemari pakaian dan area meja rias. Kemudian jangan lupa untuk membersihkan area bagian bawah tempat tidur, karena debu dan kotoran di area tersebut bisa mengganggu kesehatanmu. Sederhana tetapi sering terabaikan.

5. Bersihkan tempat tidur minimal empat bulan sekali

Ingin Kamar Selalu Rapi dan Bersih Lakukan 5 Hal Ini Secara RutinPexels.com / Leah Kelley

Jagalah kebersihan kasurmu dari tungau atau kotoran yang menetap. Kamu bisa memanggil jasa pembersih profesional yang memang khusus untuk membersihkan tempat tidur, sofa, hingga tirai jendela. Karena harga jasa tersebut tidak murah, pastikan kamu rajin menyisihkan budget setiap bulannya, agar ketika kamu menggunakan jasa mereka, sudah tidak pusing lagi dengan biaya yang akan kamu keluarkan.

Sudah siap-siap berbenah, Bela?

Baca Juga: 12 Tips Mudah Membersihkan Rumah Bagi Pemelihara Kucing dan Anjing

Baca Juga: Bye Bye Lemari Berantakan, Ini 11 Ide Seru Organizer Multifungsi

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumah