Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Grup K-Pop yang Perpanjang Kontrak di Tahun 2022

Nggak bubar, 6 grup Korea ini perpanjang kontrak mereka!

Elni Novitasari

Seperti yang kita tahu, kontrak di industri musik Korea biasanya berlangsung paling lama selama 7 tahun. Setelah itu, para idol ataupun agensi dapat memutuskan untuk memperpanjang kontrak atau tidak. Tahun 2022 menjadi tahun pembaruan kontrak untuk para idol yang mulai debut pada tahun 2015.

Melansir dari Allkpop, tahun ini banyak idol Korea yang tidak memperpanjang kontrak dengan agensinya. Hal ini menyebabkan keluarnya idol tersebut dari agensi hingga pembubaran grup seperti yang terjadi pada grup APRIL, NU'EST, DIA, CLC dan lain-lain. Namun, 6 grup K-Pop dibawah ini memutuskan untuk memperbarui kontrak mereka dan terus berkarya bersama-sama. Siapa saja? Check this out, Bela!

OH MY GIRL

Allkpop

Girl group generasi ketiga OH MY GIRL memperbarui kontrak eksklusif dengan agensi mereka, WM Entertainment. Namun sayang, Jiho memutuskan untuk keluar dari grup dan agensi. Pada 9 Mei lalu, WM Entertainment mengumumkan pernyataan resmi mengenai hengkangnya Jiho setelah 7 tahun sekaligus perpanjangan kontrak keenam anggota lainnya. Dengan begitu, OH MY GIRL akan terus berkarya sebagai girl group beranggotakan enam orang.

KARD

Allkpop

KARD adalah grup co-ed yang dibentuk dan dikelola oleh DSP Media. Grup ini beranggotakan dua idol pria dan dua idol perempuan yang debut pada tahun 2017. Pada tanggal 7 Juli lalu, agensi merilis pernyataan yang mengatakan bahwa DSP Media berdiskusi dengan para member KARD mengenai rencana, kegiatan dan visi mereka di masa depan. Hasilnya, BM, J.Seph, Somin dan Jiwoo memutuskan untuk memperpanjang kontrak untuk 3 tahun ke depan berdasarkan rasa saling percaya dan loyalitas.

TWICE

Situs thebiaslist.com

TWICE adalah salah satu grup dari JYP Entertaiment yang paling sukses dan sangat populer. Dengan memulai debut pada tahun 2015, mereka menyetujui kontrak selama 7 tahun. Maka dari itu, tahun ini menjadi tahun pembaruan kontrak mereka. 

Pada awal tahun ini, TWICE sukses menggelar konser stadion di Amerika Serikat. Ini juga menjadikan mereka sebagai girl group pertama yang menggelar konser stadion di negara tersebut.

Pada 12 Juli lalu, perwakilan JYP Entertainment mengkonfirmasi bahwa ke-9 anggota sepakat memperpanjang kontrak mereka dengan agensi. Setelah pembaruan kontrak, TWICE melakukan comeback pada bulan Agustus dengan merilis album BETWEEN 1&2 dengan lagu bertajuk "Talk that Talk" sebagai title track-nya.

MONSTA X

MONSTA X adalah boy group beranggotakan 6 orang yang debut pada tahun 2015 dengan agensi Starship Entertainment. Pada 8 Agustus, agensi merilis pernyataan resmi mengenai perpanjangan kontrak grup tersebut.

Dalam pernyataan tersebut, anggota termuda mereka, IM memutuskan untuk keluar dari agensi, sedangkan kelima anggota lainnya sepakat memperpanjang kontrak mereka sebagai MONSTA X. Meski begitu, IM masih dapat berpartisipasi dalam aktivitas sebagai anggota boy group tersebut di masa mendatang.

DAY6

NME

Selain TWICE, tahun ini JYP Entertainment juga merilis pernyataan resmi untuk boy group mereka, yakni DAY6. Tahun lalu, boy group yang debut pada tahun 2015 ini harus melepas salah satu anggota mereka, Jae yang keluar dari grup dan juga agensi. 

Pada 26 September lalu, JYP Entertainment merilis pernyataan resmi yang berisi semua anggota DAY6, Sungjin, Young K, Wonpil dan Dowoon memperpanjang kontrak dengan mereka. JYP Entertainment dan DAY6 akan melanjutkan perjalanan mereka atas dasar rasa saling percaya.

DREAMCATCHER

instagram.com/hf_dreamcatcher

DREAMCATCHER dikenal sebagai girl group dengan konsep yang unik. Mereka berada dibawah naungan agensi dengan nama yang sama, yakni Dreamcatcher Company. Girl group ini memulai debutnya kembali pada tahun 2017 setelah berganti nama menjadi DREAMCATCHER.

Pada 16 November, perwakilan perusahaan Dreamcatcher mengumumkan bahwa ke-7 anggota DREAMCATCHER memperpanjang kontrak dengan agensi bahkan sebelum kontrak mereka berakhir. Keputusan ini diambil berdasarkan kepercayaan para anggota kepada perusahaan. Mereka juga meraih trofi acara musik pertama mereka di tahun ini. Itulah yang sepertinya menjadi semangat mereka untuk terus berkarya bersama.

Itu dia 6 grup K-Pop yang memperpanjang kontrak di tahun 2022. Di tahun ini, beberapa grup telah dibubarkan karena tidak memperpanjang kontrak. Sedangkan band seperti iKON dan UP10TION belum mengkonfirmasi mengenai pembaruan kontrak mereka.

Beberapa penggemar K-Pop juga menduga kontrak boy group populer dari SM Entertainment, yakni EXO juga akan berakhir tahun ini. Namun, para penggemar yakin grup tersebut telah memperpanjang kontrak mereka, hanya saja SM belum mengumumkannya.

IDN Media Channels

Latest from Working Life