Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Merchandise K-Pop Terbaik dan Terburuk Menurut Para Penggemar

Salah satunya 'merchandise' BTS "Butter"

Cynthia Claudia

Merchandise merupakan salah satu barang yang digemari para penggemar K-Pop. Mereka yang mengoleksi merchandise bias-nya merasa spesial karena memiliki suatu koleksi yang merepresentasikan bias-nya. 

Karena mewakili bias-nya, maka merchandise tersebut identik dengan citra yang menarik. Namun, ada pula merchandise yang dianggap buruk menurut pendapat para penggemar sehingga menuai kecaman.

bandwagon.asia

Mulai dari desain merchandise-nya yang buruk, konsepnya yang menuai kontroversi, para penggemar secara terang-terangan mengecam merchandise yang tidak digemari. Beberapa merchandise bahkan peluncurannya harus dibatalkan akibat kecaman para penggemar. 

Melansir AllKPop, inilah beberapa daftar merchandise K-Pop resmi yang terburuk dan terbaik menurut para penggemarnya: 

Merchandise Terburuk

1. Body Pillows GFRIEND

Allkpop.com

Pada bulan Desember 2017 silam, merchandise resmi girlband GFRIEND telah dirilis untuk mendukung konser solo anggotanya. Merchandise-nya adalah sebuah bantal dengan gambar anggota GFRIEND yang tingginya sama seperti aslinya.

Peluncuran merchandise ini akhirnya diberhentikan pasca Source Music menanggapi kritikan para penggemar. Source Music selaku agensi GFRIEND menyatakan, "Di masa depan, kami akan lebih berhati-hati dalam persiapan peluncuran merchandise ini."

2. Merchandise Konser Online TXT "ACT:BOY"

Allkpop.com

Pemilihan font  merupakan salah satu faktor yang memengaruhi desain sebuah produk, khususnya merchandise dalam hal ini. Ketika desainer merchandise mengabaikan pemilihan font yang tepat, maka muncul sebuah masalah estetika, sehingga membuat para penggemar kebingungan terhadap desainnya.

Merchandise ini dirilis untuk mendukung konser online pertama yang diadakan TXT, “ACT:BOY". Namun, sayangnya, pilihan font yang kacau malah membuat banyak penggemar menggangap bahwa merchandise itu dirilis bagi boyband NCT. 

3. Merchandise Resmi Pertama Brave Girls

Allkpop.com

Merchandise yang berkualitas buruk pastinya mengecewakan para penggemar. Salah satunya merchandise resmi pertama yang dirilis Brave Girls.

Berbagai kecaman dilontarkan para pembeli melalui internet untuk menunjukkan kekecewaan mereka. Dua merchandise yang tampaknya paling mengecewakan para pembeli adalah gelas untuk minum soju dan acrylic stands.

Para pembeli melaporkan kualitas gambar yang buruk dalam berbagai barang, serta acrylic stands tersebut terbuat dari bahan yang kasar.

4. Kaset BTS "Butter"

Allkpop.com

Merchandise BTS memang menjadi yang paling ditunggu para ARMY. Namun, kepopuleran BTS tak membuat merchandise-nya luput dari kesalahan.

Para penggemar kecewa ketika kaset "Butter" BTS yang dijual melalui Weverse Shop berkualitas buruk. Desain dan konsep kasetnya awalnya menarik minat para penggemar, namun beberapa malah kecewa dengan hasil produknya ketika diterima.

Menurut foto dan komentar yang diunggah oleh para penggemar, kaset tersebut memiliki kualitas cetakan yang buruk dan terlihat palsu.

Merchandise Terbaik

Pembuatan merchandise juga tak luput dari kesalahan, sehingga mengecewakan para penggemar yang telah bersemangat membelinya. Namun, ada juga merchadise K-Pop yang berhasil memukau mereka.

Mulai dari konsep pembuatan merchandise yang unik, hingga desain yang spektakuler, berikut adalah beberapa contoh merchandise K-Pop terbaik, menurut para penggemar.

1. Lightstick BLACKPINK

Allkpop.com

Lightstick ini merupakan merchandise yang wajib dimiliki penggemar BLACKPINK. Lightstick BLACKPINK ini terlihat cool sekaligus cantik karena perpaduan warna merah muda dan hitam.

Desain seperti palu dengan hati warna merah muda di kedua sisinya membuat siapa pun, terutama para penggemar BLACKPINK, ingin memiliki lightstick tersebut. Lightstick BLACKPINK ini bahkan masuk dalam daftar lightstick K-Pop dengan desain terbaik!

2. Case Kartu SEVENTEEN "Ode To You"

Twitter.com

Case kartu ini dirilis sebagai merchandise resmi SEVENTEEN untuk konser "Ode To You" yang diselenggarakan di Jepang. Case kartu ini menuai pujian para penggemar karena sangat fungsional sekaligus memiliki desain yang menarik. 

Mengusung warna biru serenity yang melambangkan salah satu warna SEVENTEEN, case ini seolah-olah mewakili anggota SEVENTEEN ketika ikut dibawa pergi ke mana pun. Case ini juga membantu menjaga keamanan kartu kalian yang sering digunakan. 

3. Merchandise AOMG

Allkpop.com

AOMG dikenal sebagai Above Ordinary Music Group, yang menaungi idola K-Pop ternama termasuk Jay Park, Cha Cha Malone, Gray, Loco. AOMG dipuji karena merilis merchandise berkualitas tinggi.

Jumlah penggemar yang menyukai merchandise AOMG sangatlah banyak. Mulai dari perhiasan unik hingga pakaian dan vinil, merchandise dari AOMG nampaknya selalu memuaskan para penggemar.

4. Buku Pop-up "The Star Seekers" TXT

Allkpop.com

Buku Pop-up "The Star Seekers" TXT adalah pilihan merchandise terbaik yang terakhir. Buku unik ini dilukiskan dengan ilustrasi yang begitu indah, sehingga termasuk merchandise idaman para pengggemar yang disebut sebagai MOA. 

MOA sangat menyukai buku-buku tersebut. Bahkan, salah satu penggemar menulis melalui Twitter, "Ini adalah merchandise K-Pop paling keren yang pernah saya lihat.”

Itulah daftar merchandise terbaik dan terburuk menurut pendapat para penggemar, Bela. Bagaimana pendapatmu? Apakah kamu tertarik memiliki salah satu merchandise terbaiknya?

IDN Media Channels

Latest from Working Life