Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Fakta Mumi Putri Duyung yang Disembah Warga Jepang 

Ternyata palsu

Cynthia Claudia

Misteri terkait mumi putri duyung yang ditemukan di sebuah kuil di Jepang ini akhirnya telah terpecahkan. Sebuah makhluk yang dikira putri duyung tersebut telah diawetkan dan disembah di Jepang selama ratusan tahun.

Makhluk itu sebelumnya ditemukan di sebuah kotak di Kuil Enjuin. Ada sebuah catatan tersisa yang menunjukkan bahwa mumi tersebut adalah putri duyung yang tertangkap jaring di pantai Tosa, di era Genbun (1736-1741 M).

Mari kita simak, yuk, fakta-fakta dari mumi putri duyung yang disembah warga Jepang berikut ini.

1. Wujud asli dari mumi putri duyung

BBC.com

Menurut iflscience, para ilmuan yang berasal dari Kurashiki University of Science telah menguji temuan asli dari mumi putri duyung ini. Mereka mengunakan X-Ray, CT, Scan, dan analisis DNA untuk melakukan pengamatan.

Hasilnya menunjukkan bahwa wujud misterius tersebut ternyata adalah berbagai bagian dari hewan, yang terdiri dari dubur, perut, sirip punggung, tulang sirip, dan kerangka ekor hewan. 

Tubuh yang dikira adalah badan putri duyungnya ternyata terbuat dari sekumpulan kain, kertas, dan bantalan japas. Bagian yang diklaim sebagai rambut putri duyung tersebut adalah rambut yang berasal dari hewan mamalia dan kukunya dari keratin hewan.

2. Mumi putri duyung tersebut disembah

Pexels/Virdventure

Sebelum temuan wujud asli tersebut diungkapkan, ternyata beberapa jemaat kuli sempat menyembah mumi putri duyung tersebut. Menurut kepala pendeta di kuil Eunjin, para jemaat berharap penyembahan dapat membantu meringankan akibat buruk dari pandemi virus corona.

Ternyata, putri duyung yang telah dipamerkan dalm jangka waktu yang lama tersebut dipercaya mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan sehingga patut disembah.

3. Sering ditemukan putri duyung yang serupa

cnbc.com

Ternyata ini bukan pertama kali mumi putri duyung ditemukan. Sebelumnya, banyak juga temuan makhluk yang dikira merupakan putri duyung, nyatanya adalah ikan yang dikaitkan pada batang kayu dan kawat, dan diberi rambut manusia sehingga wujudnya terlihat sepeerti putri duyung.

4. Asal mula makhluk misterius

merdeka.com

Makhluk yang dikira putri duyung ini berukuran 12 inci, dan  diduga ditangkap di area Samudera Pasifik, di lepas pantai Pulau Shikoku. Menurut The Sun, makhluk tersbut ditemukan antara tahun 1736-1741, dengan wajah yang meringis, memiliki gigi runcing, dan punya dua tangan. 

Penampilannya memang sekilas mirip manusia tapi bagian bawah tubuhnya seperti ikan, sehingga dianggap sebagai putri duyung oleh warga setempat.

5. Legenda putri duyung di Jepang

Ancient-origins.net

Putri duyung ternyata memiliki makna religius yang dipercaya warga Jepang. Putri duyung melambangkan keabadian, sehingga siapapun yang makan daging putri duyung tidak akan pernah mati dan menjadi abadi.

Konon, diketahui bahwa ada perempuan yang mampu hidup selama 800 tahun setelah memakan daging putri duyung. 

Itulah fakta mumi putri duyung yang disembah warga jepang, Bela. Identitas aslinya telah terungkapkan berdasarkan penelitian para ilmuwan.

IDN Media Channels

Latest from Working Life