Bikin Insomnia, Ini 7 Film Horor Bertema Legenda Urban

Membangkitkan memori akan legenda seram ketika kita kecil

Bikin Insomnia, Ini 7 Film Horor Bertema Legenda Urban

Film horor tak hanya menjajakan visual hantu menyeramkan atau adegan gory yang brutal saja. Tetapi juga menawarkan cerita yang mencekam dan menanamkan rasa parno dan fobia kepada penontonnya.

Tema film horor tak melulu soal hantu jahat, ritual sesat, aksi psikopat gila, atau sebuah sekte gila yang memakan jiwa. Tetapi juga legenda urban (urban legends) yang kini menjadi premis bagus dan unik untuk film horor.

Bela, apakah kamu ingat legenda Candyman yang sadis atau Slenderman yang menculik anak-anak yang cukup ramai di forum Creepypasta? Nah, dua tokoh di atas kini diadaptasi menjadi sebuah film lantaran kisahnya yang sukses meneror semua orang di berbagai kalangan, bahkan orang dewasa.

Beberapa legenda urban mungkin hanyalah fiksi. Tetapi di antaranya juga dipercaya berdasarkan kisah nyata. Mengaitkan antara urban legend dan realita serta diracik dengan premis yang apik tentu menghasilkan film horor yang akan membuatmu mimpi buruk. Berikut adalah daftarnya. Jangan menonton film ini sendiri ya, agar jantung dan mentalmu aman.

1. 'Slender Man' (2018)

Cukup populer dalam forum Creepypasta pada circa 00'- 2010-an, Slender Man masuk dalam jajaran sosok legenda urban yang sukses memberikan kengerian semua orang. Perawakannya setinggi 2-3 meter, kurus, dan bermuka rata serta mengenakan jas lengkap ini disebut senang membunuh orang yang ditemuinya, terutama anak-anak.

Meskipun legenda urban ini murni fiksi dan bertujuan untuk menghibur, pada tahun 2018 sosok ini diangkat menjadi sebuah film berjudul Slender Man. Premisnya mengikuti kisah sekelompok empat remaja yang uji nyali di sebuah hutan untuk membuktikan apakah Slender Man ada nyatanya. Namun semua berubah menjadi teror ketika salah satu dari mereka hilang. Satu per satu, remaja ini akan dibunuh oleh sosok Slender Man.

2. 'Candyman' (2021)

"Candyman". Baca mantra ini lima kali di depan kaca, maka Candyman akan datang menghantuimu. Tetapi mantra di atas jangan diikuti sampai selesai. Popbela khawatir tiba-tiba Candyman akan muncul mengetuk dari dalam kaca milikmu. Legenda urban Candyman diciptakan oleh ahli horor Clive Barker sebagai hiburan. Kisah ini hanya fiksi belaka. Sampai artikel ini rilis, belum ada kasus yang membenarkan legenda urban ini di dunia nyata.

Candyman sendiri adalah hantu pendendam kejam dengan kait berlumuran darah di tangannya. Sosoknya muncul berlumur darah dan digandrungi lebah-lebah di kaca jika kita membacakan mantra. Konon, pria keturunan Afrika ini dihabisi secara brutal dengan digantung karena mencintai seorang perempuan kulit putih di abad ke-18.

Jordan Peele pun terinspirasi akan legenda urban satu ini dan menjadikan film karyanya berjudul Candyman yang dirilis pada 2021. Dikisahkan, dahulu kala legenda Candyman menjadi teror di Cabini Green, Chicago yang menewaskan banyak orang karena mengikuti ritual legenda urban ini.

Kembali ke masa sekarang, Anthony McCoy (Yahya Abdul-Mateen II) merupakan pelukis terkenal yang terobsesi dengan Candyman. Ia pun terinspirasi akan legenda tersebut untuk dituangkan ke dalam karyanya sekaligus mempertahabkan ketenarannya. Ia ingin kembali memopulerkan legenda tersebut melalui karya-karyanya.

Karena tindakannya ini, penduduk Cabrini Green pun ikut-ikutan melancarkan ritual pemanggilan sosok Candyman tanpa menyadari konsekuensi yang akan mereka hadapi. Akankah nasib penduduk Cabrini Green berakhir tragis seperti sebelumnya?

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here