Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Hanya Perut Membesar, Berikut Ciri-Ciri Kucing Sedang Hamil

Kenali ciri-cirinya sebelum induk kucing melahirkan

Audia Natasha Putri

Tahukah kamu, bahwa ada beberapa faktor lain perut kucing membesar selain sedang dalam masa kehamilan. Contohnya, kegemukan atau infeksi tumor.

Sebenarnya, ada tanda-tanda lain yang dapat kamu kenali jika kucingmu sedang hamil. Adanya kucing jantan di lingkungamu memungkinkan kucingmu akan hamil. Kucing hamil biasanya menunjukan perubahan sikap dan fisik yang begitu jelas setelah 3 minggu kawin dengan kucing jantan.

Kali ini POPBELA akan menjabarkan ciri-ciri kucing hamil yang tentunya memudahkanmu untuk mengenalinya. Apa saja itu? 

'Pinking up'

Cat's Best

Tanda-tanda fisik kucing hamil yang mudah dikenali adalah puting susu yang membengkak dan berwarna merah muda.

Pembengkakan puting atau Pinking up biasanya terjadi pada minggu ketiga kehamilan yang menandakan kelenjar susu kucing mulai terisi dan siap memproduksi ASI.

Birahi

Freepik.com/DC Studio

Tanda awal bahwa kucing sedang mengandung adalah birahi serta bersuara memanggil kucing jantan untuk kawin. Kejadian berlangsung selama 10 hari hingga dua minggu. Setelah dua minggu, kucing akan berhenti birahi dan kemungkinan mulai mengandung janin.

Penelitian menyimpulkan masa kehamilan kucing berlangsung 64 hingga 66 hari. Namun, pada kenyataannya, rata-rata masa kehamilan kucing sekitar 60-63 hari.

Lebih manja

pexels.com/Arina Krasnikova

Kucing yang sedang hamil biasanya akan lebih manja kepada pemiliknya. Hal ini karena perubahan hormonal dan neurologis selama kehamilan yang membuat kucing akan sering mencari perhatian, seperti menempelkan kepalanya ke pemiliknya.

Nafsu makan meningkat disertai kenaikan berat badan

Pexels/Anjie Qiu

Nafsu makan kucing akan menurun pada awal kehamilan dan meningkat drastis pada minggu ketiga kehamilan. Hal ini sangat wajar karena induk kucing membutuhkan nutrisi untuk janinnya.

Selain itu, induk kucing mengalami kenaikan berat badan 1-2 kilogram ketika memasuki bulan kedua kehamilan.

'Morning sickness'

Gettyimages

Sama seperti manusia, kucing juga mengalami morning sickness, atau mual dan muntah pada pagi hari selama masa kehamilan. Morning sickness terjadi karena perubahan pada hormon dan uterus pada awal kehamilan.

Frekuensi tidur meningkat

Freepik.com/freepik

Jika kucingmu tidur lebih dari 12 jam sehari, dipastikan dia hamil. Hal ini karena perubahan hormon kucing dan bentuk tubuh yang membuatnya lebih lesu dan enggan beraktivitas seperti biasanya.

Mencari-cari tempat untuk melahirkan

twitter.com/svgarjk

Saat waktu kelahiran semakin dekat, kucing akan mencari tempat yang tenang dan terpencil untuk melahirkan. Kegiatan dimulai pada 1-2 hari sebelum melahirkan, tetapi ada beberapa kucing mencari tempat pada beberapa jam sebelumnya.

Jika kamu melihat kucingmu seperti sedang mencari sesuatu, sebaiknya kamu persiapkan tempat yang nyaman, hangat, namun tersembunyi. Kamu bisa menyiapkan koran sebagai alas, tempat tidur hewan dan jika perlu berikan lampu agar kucing tetap hangat.

Menjilati bagian kemaluan

Tampabayvets.net

Saat persalinan semakin dekat, kucing akan mulai menjilati vaginanya untuk membersihkannya dari kotoran agar tetap higienis dan menghilangkan bau di tubuhnya agar tak terdeteksi oleh hewan predator yang mengancamnya.

Yuk, mulai sekarang kenali ciri-ciri kucing hamil, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life