Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Benda yang Tak Boleh Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner

Cuma bikin rusak dan macet saja

Audia Natasha Putri

Untuk menjaga rumah agar nyaman ditempati, maka sang penghuni wajib membersihkan rumah dari kotoran dan debu, setidaknya dua kali sehari. Ada banyak cara untuk membersihkan rumah dari debu dan kotoran.

Salah satunya menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu yang dapat menyesap kotoran dan debu yang menempel di dalam rumah. Alat elektronik ini memudahkan pemilik rumah untuk membersihkan setiap sudut ruangan di pelosok rumah, bahkan yang sulit terjangkau pun. Mulai dari karpet, kasur, sofa, lantai, sudut tembok, bahkan langit-langit rumah.

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa tak semua kotoran dan benda dapat dibersihkan dengan vacuum cleaner. Selain dapat menimbulkan kerusakan, beberapa benda ini dapat membahayakan sang pemilik rumah.

Mengutip dari Better Homes and Garden, sekiranya ada 10 benda yang tidak boleh dibersihkan dengan penyedot debu. Simak informasinya di bawah ini, Bela!

1. Pecahan kaca

Pixabay.com

Serpihan kaca yang tajam dan berukuran kecil dapat merusak vacuum cleaner. Ini karena kaca dapat melubangi kantong serta membuat macet selang penyedot debu. Ketika kamu ingin mengeluarkan serpihan kaca dari kantong vacuum cleaner, besar kemungkinan tanganmu juga akan terluka akibat tergores potongan kaca yang tajam.

Sebaiknya bersihkan serpihan kaca dengan sapu ijuk. Apabila serpihan kaca tersebut terlalu kecil, kamu bisa mengandalkan sepotong roti untuk mengambilnya.

2. Bubuk kopi dan cokelat

Pinterest.com

Zat berbentuk bubuk juga menjadi ancaman bagi penyedot debu lantaran partikel kecilnya akan masuk ke dalam mesin dan menyumbat pipa filter. Termasuk bubuk kopi dan cokelat. Kedua bubuk ini merupakan zat hara yang dapat merangsang pertumbuhan lumut di mesin.

Sebaiknya bersihkan bubuk kopi dengan menyapunya dengan sapu ijuk. Setelahnya, pel kembali dengan karbol untuk menghilangkan bau khas kopi yang tertinggal di lantai.

3. Tanah, bunga, dan daun kering

Gurusiana.com

Menggunakan penyedot debu untuk membersihkan tanah, bunga, atau daun kering yang menempel di lantai atau karpet hanya akan membuatnya malfungsi dan berujung kerusakan. Ini karena ketiga jenis kotoran tersebut menyumbat selang dan filter penyedot debu. Sehingga, dapat menimbulkan masalah teknis pada mesin. 

Opsi lainnya, kamu bisa mencuci bersih karpet dan menyikatnya. Selain lebih efektif, cara ini membuat karpet lebih bersih dan tampak seperti baru.

4. Bulu halus dan rambut

M Star

Bagi kamu yang memelihara anabul, menemukan bulu-bulu halus yang menempel di furnitur rumah atau lantai tentu sudah menjadi makanan sehari-hari. Secara tak sengaja, bulu-bulu ini pun akan tersedot ke dalam vacuum cleaner ketika sedang membersihkan rumah.

Walau tak berbahaya, kamu perlu segera membersihkan bulu-bulu tersebut dari kantong penyedot debu setelah selesai membersihkan rumah. Mengapa? Menumpuknya rambut atau bulu-bulu pada vacuum cleaner dapat memengaruhi kinerja mesin serta menyumbat filter di dalamnya.

5. Konfenti

Shopee.com

Konfeti bisa menjadi opsi untuk menghias ruangan pada saat digelar acara penting, pesta ulang tahun misalnya. Namun ketika pesta telah usai, jangan coba-coba untuk membersihkan sisa konfeti yang berserakan dengan penyedot debu. Pasalnya, serpihan konfeti yang terlalu kecil dapat menyangkut di sela-sela motor penyedot debu dan dapat menonaktifkan mesin.

6. Tumpahan cairan

Arafuru.com

Sudah menjadi hukum elektronika bahwa peralatan listrik yang terkena air akan menyebabkan korsleting dan menimbulkan percikan api. Begitu juga dengan menyedot tumpahan cairan di lantai dengan vacuum cleaner. Termasuk menyedot debu pada karpet yang basah.

Selain menimbulkan masalah keamanan, cairan yang tertinggal di dalam kantong vakum dapat menimbulkan jamur dan memengaruhi kinerja mesin penyedot debu. Cara terbaik untuk membersihkan tumpahan cairan adalah dengan mengepelnya menggunakan kain pel.

7. Kotoran yang lengket

pexels.com

Benda yang tak boleh dibersihkan vacuum cleaner selanjutnya adalah kotoran yang lengket, meliputi permen karet, lem lengket, atau madu. Jenis kotoran seperti akan membuat macet mesin penyedot debu lantaran akan menempel dan menyumbat setiap komponen mesin. Mulai dari gulungan sikat, selang, hingga kantong. 

8. Sobekan kertas

Freepik.com

Kalau membersihkan sobekan kertas dalam jumlah yang kecil, sekiranya tak apa menggunakan vacuum cleaner. Namun, beda ceritanya jika tumpukan kertas sobek berjumlah sangat besar.

Hal ini tentu berbahaya bagi mesin vacuum cleaner lantaran dapat menyumbat setiap spare part di dalamnya. Parahnya, sobekan kertas juga dapat memantik api yang dapat membakar motor. Simpan vacuum cleaner dan gunakan sapu untuk membersihkan sobekan kertas.  

9. Kabel

hoo-tronik.com

Memikirkan kabel yang kusut saja sudah menjadi mimpi buruk tersendiri. Apalagi jika potongan kabel tersebut tak sengaja tersedot oleh mesin penyedot debu! Tentu akan hanya menimbulkan gesekan yang dapat meretakkan pelindung luar kabel, dan menimbulkan korsleting pada mesin akibat komponen listrik yang terbuka.

Karena itu, coba luangkan waktu untuk memindahkan kabel dari lantai sebelum menyedot debu dan menjaga vacuum cleaner tidak rusak.

10. Mainan kecil dan koin

Jatimtimes.com

Vacuum cleaner terkenal efektif untuk menyedot kotoran dan debu di rumah. Namun perlu diingat, ukurannya yang cukup besar terkadang membuat kita tak mawas ketika sedang membersihkan rumah. Alih-alih debu dan kotoran yang tersedot, benda kecil seperti lego, mainan kecil dan koin pun turut terhisap ke dalamnya.

Nah, benda di atas tidak boleh dibersihkan dengan vacuum cleaner karena dapat merusak bagian dalam vacuum cleaner. Selain itu, benda-benda ini dapat menyebabkan goresan dan benturan pada motor, sehingga menimbulkan suara bising ketika sedang menyedot debu.

Demikian daftar 10 hal yang tak boleh dibersihkan oleh vacuum cleaner. Selain dapat menimbulkan kerusakan pada mesin, benda-benda di atas dapat berisiko menyebabkan korsleting listrik yang dapat melukai sang pemilik rumah.

IDN Media Channels

Latest from Working Life