Marie Kondo, dijuluki the tidiest woman in the world, merupakan seorang perempuan Jepang berpengaruh di dunia yang dikenal karena metodenya merapikan rumah. Melansir dari The Japan Times, metode yang disebut sebagai Konmari ini telah diliput berbagai media internasional dan diangkat dalam acara TV.

Metode ini juga ia tuangkan dalam bukunya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing, yang telah terjual lebih dari 5 juta copy di seluruh dunia. Yuk, pelajari konmari method a la Marie Kondo, yang namanya berhasil menyabet peringkat The 100 Most Influentual People versi Time Magazine 2015, telah dirangkum Popbela berikut:

1. Merapikan barang berdasarkan kategori, bukan ruangan

Ini 8 Cara Cerdas Merapikan Barang di Rumah, A la Marie KondoThe Spruce

Kebiasaan kita merapikan rumah berdasarkan ruangan sebaiknya diubah, Bela. Marie Kondo menyarankan merapikan barang berdasarkan kategorinya. Ada beberapa kategori benda di rumah, seperti: pakaian, buku, alat tulis, dokumen, peralatan elektronik, dan masih banyak lagi.

2. Memilih barang yang harus disimpan dan dibuang

Ini 8 Cara Cerdas Merapikan Barang di Rumah, A la Marie KondoOnekingslane

Kita cenderung memiliki kebiasaan menyimpan benda yang sebenarnya tidak diperlukan. Kebiasaan ini membuat rumahmu berantakan, karena terlalu banyak barang yang harus disimpan.

Marie Kondo menekankan bahwa, setiap orang harus memahami apa yang layak disimpan dan dibuang. Mereka berupaya menyimpan hal-hal yang mungkin tidak diperlukan lagi.

Sebelum kamu membuang semua barang yang tidak diperlukan, tanyakan pada dirimu sendiri: apakah kamu memerlukan barang itu dan apakah barang itu membuatmu bahagia, Bela?

3. Menyediakan “rumah” bagi setiap barang

Ini 8 Cara Cerdas Merapikan Barang di Rumah, A la Marie KondoOnekingslane

Selanjutnya adalah memastikan semua barang terletak di “rumahnya” masing-masing, Bela. Dengan begitu, ketika kamu ingin mencari barang tersebut, kamu tahu tempatnya. Begitu pula sebaliknya, ketika kamu ingin mengembalikannya, kamu dengan mudah memahami lokasi pengembaliannya. Cara ini meningkatkan kemungkinan untuk menemukan kembali barang-barang yang telah hilang. 

4. Fokus merapikan barangmu sendiri

Ada saatnya kamu merasa sebal ketika melihat barang orang lain yang tinggal bersamamu berantakan, Bela. Namun, Marie Kondo menekankan bahwa kamu nggak perlu merapikan barang orang lain.

Fokus merapikan barang-barangmu sendiri sudah lebih dari cukup. Karena pada akhirnya, penataan barangmu merupakan contoh yang baik bagi mereka, sehingga menginspirasi mereka untuk melakukan hal yang sama. 

5. Memvisualisasikan ruangan yang bermakna

Ini 8 Cara Cerdas Merapikan Barang di Rumah, A la Marie KondoTheSpruce

Mulai dengan visualisasikan bagaimana setiap bagian ruanganmu akan tertata dengan rapi, Bela. Lalu tanya pada dirimu sendiri, kehidupan seperti apa yang ingin dimiliki ketika rumah sudah tertata rapi? 

Sebagai contoh, Alexandra Churcill, digital editor dari Martha Steward Living, memvisualisasikan rumahnya yang tertata rapi sebagai tujuan akhirnya. Ia kesulitan fokus dengan pekerjaannya karena kesibukannya mengurus rumah yang berantakan. Namun, setelah membereskan rumah, ia mampu meluangkan waktu  melakukan hobinya di samping fokus pada pekerjaan utamanya.

6. Mengingat tujuan akhir merapikan rumah

Merapikan rumah merupakan perjalanan yang panjang, Bela. Ada saatnya ketika kamu selalu menemukan hal-hal yang bisa dilakukan, sehingga pekerjaan merapikan rumah tidak ada habisnya.

Untuk menghindari overwork, penting untuk memiliki tujuan merapikan rumah yang jelas sebelum mulai melakukannya. Tujuan ini berhubungan dengan poin yang telah dijelaskan sebelumnya. Setiap hal merapikan barang di rumah harus membawamu lebih dekat pada tujuan tersebut.

7. Merapikan seluruh ruangan di waktu yang bersamaan

Ini 8 Cara Cerdas Merapikan Barang di Rumah, A la Marie KondoPexels.com/ Rachel Claire

Sebaiknya, Bela meluangkan hari tertentu di mana kamu bisa fokus merapikan rumah. Jangan sampai terganggu aktivitas lain, karena ini akan mengembalikan kebiasaan lamamu dalam mengembalikan barang. Kamu juga lebih mudah memvisualisasikan tujuan akhir yang ingin dicapai.

8. Menyusun pakaian dengan benar

Ini 8 Cara Cerdas Merapikan Barang di Rumah, A la Marie KondoOnekingslane

Hindari menggantung pakaian dalam lemari, tapi melipatnya dan menyusunnya dengan benar. Cara yang dianjurkan Marie Kondo adalah tidak menumpuk pakaian ke atas, melainkan menyusunnya secara vertikal setelah dilipat.

Penyusunan ini memudahkan Bela mencari pakaian yang diinginkan, dan mengambilnya, karena tidak perlu mengeluarkan semua pakaiannya. Ini yang biasanya terjadi ketika pakaian tersusun secara horizontal.

Itulah 8 teknik merapikan rumah a la Marie Kondo yang bisa kamu pelajari, Bela. Kamu juga bisa menyaksikan bagaimana Marie Kondo merapikan rumah di Netflix, lho. 

Temukan tips-tips bermanfaat merapikan rumah berikut. Yuk, simak cuplikannya!

https://www.youtube.com/embed/WvyeapVBLWY

Baca Juga: Cara Merapikan dan Membersihkan Isi Lemari Pakaian, Makin Rapi Deh!

Baca Juga: Apa Hubungannya Antara Merapikan Tempat Tidur dan Produktivitas? Ini Penjelasannya

Baca Juga: Tetap Bersih! Ini 5 Cara Merawat Lantai Keramik yang Benar