Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hasil Sempat Negatif, Kronologi Chungha Positif COVID-19 Terungkap

Wah, harus ekstra hati-hati, nih!

Ajenk Rama

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan Korea, baru-baru ini kasus COVID-19 kembali menimpa para idol Kpop. Kali ini, Kim Chungha yang merupakan salah satu penyanyi solo jebolan ajang pencarian bakat Produce 101 dilaporkan telah positif COVID-19 oleh SPOTV

Padahal, sebelumnya Chungha yang sempat menjalani tes kesehatan COVID-19, dinyatakan negatif akan virus tersebut. Tetapi, hasil tersebut kemudian berubah menjadi positif. Malah, Chungha juga berinteraksi dan menghadiri pesta ulang tahun yang diadakan oleh salah satu rekan penyanyinya. 

Hal ini tentu menjadi sorotan karena adanya interaksi yang cukup intens antara Chungha dengan beberapa artis lainnya. Merujuk pada Koreaboo.com, kronologi positifnya Chungha akhirnya diungkap. 

Lantas, bagaimana bisa hasil yang negatif bisa berubah menjadi positif? Siapa saja rekan penyanyi yang berinterkasi langsung dengan Chungha? Ikuti penelusurannya di sini, Bela.

Merayakan pesta ulang tahun Mina Gugudan

Koreaboo.com

Sebelum hasil COVID-19 Chungha berubah menjadi positif, Chungha sempat menghadiri acara makan malam untuk merayakan pesta ulang tahun dari Mina Gugudan yang diadakan secara privat. 

Di acara tersebut hanya dihadiri oleh Chaeyeon 'DIA', Yeonjung 'WJSN' dan Sana 'TWICE'. Usai perayaan ulang tahun kecil-kecilan tersebut, Chungha pulang bersama dengan Yeonjung 'WJSN' dan Sana 'TWICE'.

Disptach melakukan rekam jejak Chung Ha

Koreaboo.com

Lantaran bepergian secara bebas dan diduga menularkan virus ke orang-orang sekitarnya, akhirnya media besar Korea, Dispatch melakukan penelusuran atas dugaan yang ditujukan oleh Chung Ha tersebut. Dispatch juga membagikan rekam jejak tersebut ke publik:

2 Desember 2020: Chungha mengunjungi Sports Center untuk menerima perawatan rehabilitasi atas nyeri bahunya. 

4 Desember 2020: Merayakan ulang tahun Kang Mina. Chungha dan Yeonjung bertemu di rumahnya. Mereka pergi bersama untuk merayakan ulang tahun dengan makan tteokbokki dan berada di tempat tersebut selama satu jam, lalu Chungha dan Yeonjung  pergi sejenak. Kemudian, Sana 'TWICE' bergabung dan mengobrol hingga malam hari.

6 Desember 2020: Chungha mendengar kabar seorang karyawan di pusat olahraga yang ia kunjungi terpapar COVID-19 di hari sebelumnya. Namun, Chungha tidak kontak secara dekat. Namun, akhirnya Chungha beserta stafnya pergi ke rumah sakit untuk melakukan tes COVID-19 dengan biaya pribadi pada pukul 8:30 waktu setempat. 

6 Desember 2020 jam 19:34 waktu setempat: Dua staf Chungha mendapat hasil negatif. Tapi, Chungha belum memperoleh hasil tersebut. Sehingga, satgas melakukan proses penyelidikan ke UGD rumah sakit, tempat Chungha melakukan tes. Tak lama berselang, Chungha dikatakan negatif.

Hasil tes Chungha terbalik

Koreaboo.com

Usai dikatakan negatif, Chungha menyapa penggemarnya di fancafe pada 7 Desember 2020 jam 0:36 waktu setempat. Tapi, kondisi berubah saat rumah sakit menelpon Chungha kembali mengenai hasil tes dirinya. 

7 Desember 2020 jam 09:30 waktu setempat: rumah sakit yang melakukan tes terhadap Chungha mengonfirmasi jika hasil tes yang diumumkan sehari sebelumnya, ternyata terbalik. Dari sini, baru diketahui bahwa Chungha positif COVID-19 bukan negatif. Hal ini terjadi karena adanya kesalahan di dalam komputerisasi ruang UGD rumah sakit. 

Segera setelah hasilnya berubah, Chungha mengirim pesan ke orang sekitarnya dan menulis surat penggemarnya agar tidak terlalu khawatir dengan kondisi dirinya. Selain itu, ia juga meminta maaf karena bepergian tanpa melakukan karantina mandiri terlebih dulu di masa inkubasi. Chungha juga meminta agar penggemar tetap waspada dan menjaga kesehatannya.    

Beberapa idol Kpop melakukan tes kesehatan

Soompi.com

Menyusul berubahnya hasil negatif Chungha ke positif, sederet rekan artis yang sempat berinteraksi langsung dengan penyanyi solo tersebut akhirnya menjalani tes kesehatan. Tak terkecuali dengan anggota dari Momoland, WJSN, IZONE, dan TWICE sendiri. 

Momoland melakukan tes karena para anggota Momoland sempat berada di salon yang sama dengan yang Chungha datangi. Melalui perwakilan agensi, Starship Entertainment mengungkapkan bahwa seluruh anggota WJSN telah melakukan tes COVID-19 dan dinyatakan negatif. 

Sementara, Bona masih menunggu hasil tesnya keluar. Jellyfish Entertainment, MLD Entertainment, dan Off The Record juga telah mengumumkan mengenai hasil tes dari COVID-19 dari masing-masing anggota.  

Selain itu, mereka juga akan menjalani masa karantina mandiri sesuai dengan pedoman dari pemerintah Korea Selatan.  

Menghentikan seluruh kegiatan Chung Ha

Soompi.com

Mencuatnya kabar positif COVID-19 Chung Ha, agensi MNH Entertainment turut merilis penyataan resmi yang mengungkapkan bahwa Chungha akan menghentikan seluruh kegiatan dirinya di dunia hiburan untuk sementara waktu. 

Chungha juga akan melakukan isolasi mandiri sesuai dengan pedoman dari pemerintah Korea Selatan. Dampaknya, comeback Chungha juga harus ditunda terlebih dahulu hingga kondisinya memungkinkan. 

Wah, makin banyak kasus baru yang menimpa idol Kpop, nih. Tetap waspada dan tetap hati-hati untuk berinterkasi di tempat umum, ya, Bela.  

IDN Media Channels

Latest from Working Life