Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cetak Rekor, 5 Pencapaian Keren Lagu BTS "Butter" dalam Waktu Singkat

Bikin ARMY makin sayang, nih.

Ajenk Rama

Meraih berbagai pencapaian dari lagu "Dynamite", BTS kembali menyapa ARMY dengan lagu berbahasa Inggris kedua berjudul "Butter". Bergenre dance pop, lagu ini sukses merebut perhatian penggemar dari berbagai belahan dunia karena melodinya yang asyik untuk didengarkan. 

Tak hanya itu, RM selaku leader BTS juga turut berkontribusi di lagu "Butter" ini. Dalam waktu singkat, lagu "Butter" berhasil mencetak rekor baru, bahkan melebihi rekor lagu "Dynamite" sebelumnya. Tentu saja, pencapaian keren ini membuat ARMY bahagia dan semakin sayang sama grup idolanya. 

Nah, apa saja pencapaian keren yang sudah diraih oleh lagu BTS "Butter" dalam waktu singkat? Siap-siap terpukau dengan hasilnya, ya

1. Menjadi video musik tercepat

In.mashable.com

Belum menyentuh 24 jam sejak dirilis, BTS "Butter" telah menjadi video musik tercepat dalam sejarah YouTube dengan jumlah penonton terbanyak (masih terus bertambah), likes mencapai jutaan mengalahkan rekor video musik "Dynamite".

Tak hanya itu, BTS "Butter" juga telah menjadi video YouTube Premiere terbesar sepanjang masa dengan 3.89 juta penonton, dan memecahkan rekor yang dipegang video "Dynamite" sebelumnya. 

2. Telah ditonton lebih dari 50 juta penonton

Twitter.com/armyindonesiaa2

Menjadi salah satu video musik tercepat dalam sejarah YouTube, video musik "Butter" menyentuh pencapaian yang luar biasa dengan mencapai 10 juta penonton dalam waktu 13 menit. Kemudian, bertambah menjadi 20 juta dalam hitungan 54 menit, hingga meraih lebih dari 50 juta penonton dalam waktu 10 jam saja.

Sementara di waktu 24 jam pertama, pihak YouTube mengonfirmasi bahwa video musik "Butter" telah mencetak rekor baru dengan jumlah penonton sebanyak 108.2 juta. Tak hanya itu, video musik "Butter" juga meraih jumlah likes terbanyak sebesar 2 juta likes dalam waktu 47 dan kini telah menerima lebih dari 5 juta likes kurang dari 24 jam. 

Video musik "Butter" menjadi video yang memecahkan rekor video musik "Dynamite" yang sebelumnya berjumlah 101.1 juta penonton. Kini, BTS menciptakan rekor sebagai grup Kpop pertama dan satu-satunya yang mencapai jumlah penonton sebanyak 100 juta dalam 24 jam pertama. 

3. Menjadi lagu hits di tangga musik Korea

teenvogue.com

Selain meraih pencapaian keren di video musik, lagunya pun tidak kalah keren pencapaiannya. Lagu "Butter" sukses menjadi lagu hits di tangga lagu Melon 24Hits, di mana BTS bergabung dengan IU menjadi salah bagian dari artis yang mendebutkan tiga lagu di tangga lagu tersebut, di satu jam pertama perilisan ("Dynamite", "Life Goes On", dan "Butter"). 

Selain itu, lagu "Butter" juga mencapai roofhit ketiganya di tangga lagu Genie. Roofhit sendiri adalah lagu yang didengarkan oleh hampir pengguna Melon dalam waktu bersamaan. Kerennya, "Butter" menjadi lagu dengan roofhit terbanyak melampui lagu BTS lainnya, seperti "Dynamite", "Spring Day" dan "DNA".

4. Menguasai tangga lagu iTunes

Twitter.com/95z_twts

Sebagai grup Kpop yang mendunia, lagu-lagu BTS nggak hanya mencetak rekor di Korea. Namun, lagu BTS juga selalu menguasai tangga lagu iTunes termasuk lagu "Butter". Dengan dirilisnya lagu tersebut, "Butter" telah bertengger manis di posisi puncak tangga lagu iTunes di berbagai negara, tepatnya sekitar 101 negara termasuk di kawasan Asia. 

Tak hanya itu, versi instrumentalnya juga memuncaki tangga lagu iTunes di 84 negara, lho. Dengan pencapaian keren ini, menurut penuturan salah satu konsultan musik mengungkapkan jika lagu "Butter" karya BTS ini bakal bertengger di posisi pertama di tangga lagu Hot 100 Billboard tidak lama lagi. 

5. Merajai tangga lagu musik dunia

Bandwagon.asia

Perlahan tapi pasti, lagu "Butter" menunjukan kekuatannya di tangga lagu dunia. Lagu tersebut sukses mencapai peringkat teratas di semua Top 10 tangga musik terbesar dunia dari Amerika, Jepang, Jerman, Prancis, Kanada, Australia, Belanda, sampai Inggris. 

Lagu "Butter" juga mendominasi streaming di Spotify, ada sekitar 11,042,335 pendengar sejak perilisan hari pertama. Jumlah streaming-nya berhasil melampaui rekor yang dipegang oleh Ed Sheeran dan Justin Bieber sebagai lagu yang dirilis di Spotify dengan jumlah streaming terbanyak sepanjang masa. 

Hanya dua hari sejak perilisan, "Butter" telah meraih sertifikasi All Kill. Lagu tersebut menyapu bersih tangga lagu Korea, merajai tangga lagu iTunes seluruh dunia, dan mencatat sejarah baru di Spotify.

Untuk bisa menerima sertifikasi All Kill, lagu yang dirilis harus bertahan di posisi puncak di berbagai tangga lagu dar 24Hits, MelOn, Genie, Bugs, hingga FLO. Salute for BTS!

Kerennya pencapaian BTS lewat lagu "Butter" semakin membuktikan kemampuan mereka dalam bermusik dan tidak menutup kemungkinan, lagu "Butter" masuk ke dalam nominasi Grammy Awards nantinya. Semoga saja, Bela. Sekali lagi, selamat untuk BTS dan ARMY atas kerja kerasnya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life