Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Situs Mitra Usaha GoTo Resmi Diluncurkan, Permudah UMKM Berkembang

GoTo luncurkan situs pusat informasi terintegrasi

Aisyah Banowati

GoTo sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia terus berupaya menghadirkan solusi bisnis berbasis digital yang komprehensif bagi para pelaku UMKM. Bersama lebih dari 15 juta mitra usaha yang tergabung dalam ekosistem digital, GoTo melayani lebih dari 59 juta pengguna yang didukung oleh lebih dari 26 juta mitra pengemudi. 

GoTo berharap para pelaku UMKM—baik di dalam ekosistem maupun tidak—mampu bertumbuh melalui berbagai solusi yang dihadirkan. Sementara itu, melihat pertumbuhan mitra yang pesat, GoTo senantiasa mencari cara untuk membantu para pelaku UMKM di Indonesia untuk terus berkembang.

“Berangkat dari semangat ini, kita menghadirkan salah satu inisiatif terbaru, yaitu website mitra usaha GoTo yang menjadi salah satu wujud dari peran aktif GoTo dalam akselerasi transformasi digital UMKM di Indonesia,” ungkap Nila Marita selaku Chief Corporate Affairs GoTo dalam konferensi pers “Peluncuran Website Mitra Usaha GoTo” pada Selasa (23/08/2022).

1. Situs web Mitra Usaha GoTo

mitrausahagoto.com

Situs web www.mitrausahagoto.com merupakan pusat informasi yang terintegrasi bagi UMKM lokal dari berbagai bidang—meliputi pelaku usaha di Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Lewat situs ini, GoTo menyediakan seluruh informasi mengenai berbagai program, solusi, dan inisiatif dari ekosistem GoTo untuk mendukung pertumbuhan UMKM.

Situs web Mitra Usaha GoTo juga menjadi pusat pengenalan layanan solusi bisnis komprehensif GoTo untuk para pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya. Beberapa di antaranya yakni:

  • Layanan untuk membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka dan GoKasir.
  • Layanan pembayaran digital melalui Midtrans, GoPay dan GoBiz PLUS.
  • Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore.
  • Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia.
  • Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala.

Di dalam situs web Mitra Usaha GoTo, UMKM juga dapat menemukan berbagai seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha yang berkelanjutan, baik melalui kelas atau komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG).

2. GoTo membawa solusi agar UMKM semakin bertumbuh

GoTo

Sebagai mitra pertumbuhan UMKM, GoTo berkomitmen menjadi solusi bisnis dengan menghadirkan 14 produk yang akan mempermudah mitra usaha secara digital. Mulai dari solusi operasional dan administrasi, pembayaran, discovery & e-commerce, layanan logistik, hingga permodalan.

GoTo juga menyediakan edukasi bisnis dan wadah berbagi sesama mitra usaha lewat lebih dari 14 kelas dan komunitas. Mulai dari makanan dan minuman, retail, hingga penyedia jasa untuk memperluas peluang para pelaku UMKM dalam fase pertumbuhannya. 

Terdapat pula puluhan program pendukung dengan berbagai macam program edukasi produk, pengembangan bisnis ramah lingkungan, serta cerita inspiratif dari sesama mitra usaha dan para ahli untuk mendukung pengembangan para UMKM dan pengusaha. 

3. Membantu pemulihan ekonomi lewat kolaborasi

gotocompany.com

UMKM merupakan penyokong lebih dari 60% PDB (Produk Domestik Bruto) sehingga tumbuh kembangnya menjadi tanggung jawab bersama. Salah satu kunci pemulihan ekonomi yaitu melalui kolaborasi untuk menciptakan inovasi.

Hadinya situs Mitra Usaha GoTo ini adalah wujud inovasi yang lahir dari kolaborasi antar setiap platform di dalam ekosistem GoTo. Lewat situs ini diharapkan dapat membantu UMKM untuk meningkatkan daya saing, relevan dengan perkembangan teknologi dan kompetisi pasar, serta berkontribusi terhadap ekonomi dalam negeri. 

“Selaras dengan semangat Presidensi Indonesia pada G20 2022, transformasi digital menjadi kunci penting mewujudkan pemulihan ekonomi yang inklusif pasca pandemi. Masih dalam semangat Hari UMKM Nasional 2022, kami mengapresiasi akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan GoTo bagi UMKM melalui berbagai kolaborasi strategis antara GoTo dan Kementerian Koperasi dan UKM, termasuk website Mitra Usaha GoTo ini,” ungkap Talkah Badrus selaku Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM.

4. Inisiatif berbasis kolaborasi hyperlocal

Dok. GoTo

Di sisi lain, situs ini juga mengusung teknologi geo-tagging—membantu penjual semakin dekat dengan pembeli—serta memberikan kesempatan yang sama kepada UMKM di seluruh penjuru Indonesia untuk bertumbuh. 

Bukan hanya berkolaborasi antara  platform yang tergabung, namun GoTo juga bekerja sama bersama dengan mitra lain, baik dari sisi pemerintah, komunitas, dan mitra strategis lainnya.

  • Mengakselerasi transformasi digital: GoTo UMKM Center, Kelas Maju Digital GoTo, serta Digitalisasi Warung ‘Mitra Tokopedia’. 
  • Meningkatkan literasi keuangan: Modul literasi keuangan bersama BI dan OJK, FinanSiap, GoTo Financial bersama BEI. 
  • Membudayakan kegiatan berkelanjutan: Zero waste cloud kitchen dari GoFood, Workshop pengelolaan sampah bersama Waste4Change.
  • Mempermudah operasional usaha lewat kerja sama dengan Kemenkop UKM RI melalui Garda Transformasi Formasi Usaha Mikro (Transfumi).

5. Fitur yang akan datang

GoTo

Berusaha terus berkembang dan menciptakan inovasi, berikut adalah fitur-fitur yang dapat dinikmati pada situs Mitra Usaha GoTo mendatang.

  • Minta usaha dapat mendaftar ke acara atau komunitas secara online dan offline melalui website www.mitrausahagoto.com. 
  • Mitra usaha dapat melihat kalender acara ke depannya dengan tujuan mengetahui beberapa inisiatif dan beberapa program terbaru. 
  • Mitra usaha dapat berlangganan newsletter agar mengetahui informasi terbaru tentang GoTo, artikel bisnis untuk memajukan usaha, termasuk juga peliputan mengenai past event yang diselenggarakan GoTo.

Hadirnya situs web Mitra Usaha GoTo diharapkan dapat menyatukan beragam solusi dari ketiga platform di dalam ekosistem, untuk bersama memberdayakan UMKM dalam mewujudkan pemulihan ekonomi nasional. 

Memanfaatkan solusi bisnis yang dihadirkan GoTo, para mitra usaha terbukti telah mengalami kenaikan bisnis yang cukup baik. Di sisi lain, solusi yang tepat dapat mendorong efisiensi operasional dan menjangkau lebih banyak pelanggan bagi UMKM.

IDN Media Channels

Latest from Working Life