Tidak dapat dipungkiri bahwa zaman sekarang adalah zaman serba digital. Tidak terkecuali untuk kegiatan jual-beli yang kini banyak wadahnya, yaitu e-commerce salah satunya adalah Tokopedia. Karena selain zaman sekarang yang sudah banyak kegiatan bisnis online, bisnis model ini lebih mudah karena tak perlu memiliki toko fisik dan tentu modalnya bisa lebih sedikit.

Namun, kamu tentu membutuhkan sebuah akun bisnis untuk memulai bisnis kamu, salah satu yang bisa kamu buat adalah akun bisnis Tokopedia. Akun bisnis ini berbeda dengan akun pembeli pada umumnya yang hanya tinggal mendaftar untuk dapat mengakses e-commerce tersebut.

Untuk kamu yang masih bingung, berikut ini adalah cara membuat akun bisnis Tokopedia dengan mudah. Langkah ini bisa juga kamu lakukan lewat smartphone.

Awali dengan membuat akun pembeli di Tokopedia

Cara Membuat Akun Bisnis Tokopedia, Bantu Tingkatkan Penjualanmu! Tokopedia.com

Sebelum membuat akun bisnis, kamu perlu untuk membuat akun pembeli di Tokopedia. Hal ini dibutuhkan agar kamu bisa membuka toko online atau akun bisnis di Tokopedia sesuai dengan keperluan bisnismu. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu ikuti cara berikut, ya.

  1. Download aplikasi Tokopedia di Google PlayStore atau AppStore.
  2. Klik ‘menu utama’, icon tiga garis di bagian pojok kanan atas. Lalu klik ‘daftar’ untuk membuat akun pembeli.
  3. Masukkan nomor ponsel atau email yang akan digunakan, lalu klik ‘daftar’.
  4. Pilih metode verifikasi yang tertera.
  5. Selanjutnya, pihak Tokopedia akan mengirimkan kode verifikasi atau OTP (One Time Password). Masukkan kode verifikasi tersebut untuk mengaktifkan akun pembeli. Penting diperhatikan untuk tidak memberikan kode ini orang lain, karena bersifat rahasia.
  6. Masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan oleh Tokopedia.
  7. Jika mendaftar melalui email, kamu akan diminta untuk menulis nama dan juga password Tokopedia kamu. Sedangkan jika melalui nomor telepon, kamu akan diminta memasukkan nama lengkap. Tulis nama lengkap sesuai dengan identitas KTP untuk memudahkan penarikan saldo atau dana ke rekening pribadi. Lalu klik ‘lanjut’.
  8. Setelah itu, akun pembelimu sudah jadi dan bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Cara membuat akun bisnis Tokopedia

Cara Membuat Akun Bisnis Tokopedia, Bantu Tingkatkan Penjualanmu! Tokopedia.com

Nah, jika akun pembelimu sudah aktif, kamu bisa langsung membuat akun bisnis Tokopedia. Langkahnya sangat mudah. Kamu bisa mengikuti langkah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Tokopedia, lalu klik ‘menu utama’.
  2. Klik ‘mau mulai berbisnis? buka toko gratis’.
  3. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman buka toko, lalu klik ‘buka toko gratis’.
  4. Tulis nama tokomu. Perlu diperhatikan, nama toko tidak bisa diubah kembali, sehingga pastikan kamu sudah menyiapkan nama yang tepat untuk tokomu, ya.
  5. Setelah isi nama toko, isi domain toko. Domain toko ini nantinya akan berfungsi sebagai link toko kamu di Tokopedia.
  6. Masukkan alamat toko. Alamat akan digunakan oleh kurir untuk mengambil barang dari toko kamu. Maka dari itu, isi alamat toko dengan benar dan lengkap. Mulai dari nama jalan, nomor bangunan, nomor RT dan RW, kecamatan hingga kode pos. Lalu klik ‘simpan’.
  7. Akun bisnis kamu di Tokopedia sudah jadi dan bisa digunakan untuk berjualan online. Namun, kamu perlu ingat bahwa ada syarat dan ketentuan yang berlaku dan akan dibahas pada poin selanjutnya.

Syarat dan ketentuan membuat akun bisnis di Tokopedia

Cara Membuat Akun Bisnis Tokopedia, Bantu Tingkatkan Penjualanmu! Tokopedia.com

Tidak lengkap rasanya jika belum tahu akan hal ini, dalam pembuatan akun bisnis di Tokopedia, tentu ada syarat dan ketentuan yang harus kamu patuhi demi kelancaran transaksi dan proses jual beli. Dicatat, ya, agar proses transaksi di toko online kamu bisa minim risiko kesalahan.

  1. Pastikan akun yang sudah kamu miliki belum punya toko di Tokpedia. Kamu bisa melakukan pengecekan di bagian keterangan Toko Saya.
  2. Satu KTP hanya bisa digunakan maksimal untuk 2 toko. Karenanya, pastikan KTP belum digunakan di lebih dari 2 toko.
  3. Jika akun bisnis Tokopedia sudah jadi dan dalam 90 hari kamu tidak menambahkan produk, maka akun kamu akan dihapus secara permanen oleh sistem.
  4. Jika akun terhapus secara permanen, kamu masih bisa menggunakan nama dan domain toko yang sama, selama belum digunakan oleh orang lain.

Itulah seluruh informasi yang perlu kamu ketahui terkait cara membuat akun bisnis Tokopedia. Setelah akun bisnis selesai dibuat, kamu bisa segera menambahkan produk yang ingin kamu jual, hal ini perlu kamu lakukan agar toko kamu diketahui pembeli dan banyak pesanan masuk.

Selamat mencoba, ya, Bela. Semoga bisnis kamu berjalan lancar!

Baca Juga: Berkolaborasi, Tokopedia dan Dekranasda Mendukung UMKM di DKI Jakarta

Baca Juga: Fasilitas Lengkap & Inklusif, Tokopedia Care Resmi Hadir di Yogyakarta

Baca Juga: Tokopedia Academy Mendorong Inovasi & Talenta Digital Dalam Negeri