Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Punya! Ini 8 Aplikasi Pemblokir Iklan Bagi Pengguna Android

Dapat diunduh di Google Play Store secara gratis

Aisyah Banowati

Pernahkah kamu merasa kesal karena kemunculan berbagai iklan saat sedang menjelajah internet? Permasalahan seperti ini seringkali muncul terutama bagi pengguna Android. Tentunya, kehadiran iklan yang tidak diinginkan akan membuat pengguna merasa terganggu. 

Jika kamu merasa iklan mengganggu, inilah rekomendasi aplikasi pemblokiran iklan di Android terbaik. Menurut Android Authority, aplikasi pemblokir iklan yang kompeten adalah yang membutuhkan root atau yang membutuhkan setup agak rumit pada perangkat.

1. AdAway

adaway.org/

Salah satu aplikasi untuk memblokir iklan adalah AdAway, aplikasi sederhana dengan menggunakan file host. Cara kerja aplikasi AdAway adalah dengan membelokkan iklan ke tempat lain agar menghilang dari aplikasi pengguna. Aplikasi ini mampu mendukung file host custom, termasuk ketika sedang membutuhkan akses root agar bisa beroperasi. Namun, selain mengunduh AdAway, pengguna perlu mengunduh F-Droid sebagai pendamping.

2. AdBlocker Ultimate Browser

apkpure.com/id/adblocker-ultimate-browser

AdBlocker Ultimate Browser dapat dijadikan fitur alternatif bagi pengguna Google Chrome yang tidak memiliki fitur adblock bawaan. Selain dapat memblokir semua jenis iklan, aplikasi ini mampu memblokir tracker, malware dan berbagai situs yang berpotensi phising. Dengan berbagai fitur ekstra, AdBlocker Ultimate Browser wajib kamu unduh.

3. Adblock Plus

chrome.google.com/webstore

Aplikasi pemblokir iklan selanjutnya adalah Adblock Plus. Menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer, Adblock Plus mampu bekerja pada perangkat yang telah di-root maupun belum.

Meski dapat bekerja pada aplikasi yang belum diroot, pengguna harus melewati banyak langkah saat ingin menggunakan Adblock Plus. Keunggulan lain dari Adblock Plus yaitu, dapat bekerja dengan cara menyaring web traffic seperti versi ekstensi web browser.

4. AdClear

play.google.com/store

AdClear merupakan perangkat non-root yang dikembangkan oleh XDA developer. AdClear bekerja layaknya VPN untuk menyaring iklan yang masuk ke dalam web atau aplikasi. Keunggulan lain dari aplikasi pemblokir iklan yang satu ini yaitu dapat menyaring iklan yang terenkripsi.

5. AdGuard

adguard.com

Menjadi salah satu aplikasi pemblokir iklan yang banyak digunakan, AdGuard memiliki sistem kerja mirip dengan Adblock Plus. Sebagai layanan yang mampu memfilter lalu lintas selama situs web sedang berjalan, AdGuard juga bisa digunakan pada perangkat non-root dengan beberapa pengaturan ekstra. Di sisi lain, AdGuard akan tetap menampilkan web traffic seperti aplikasi penghemat kuota GlassWire. UI yang dibawa oleh AdGuard juga sederhana dengan material design yang apik.

6. Bloch This

block-this.com/

Tersedia versi yang dapat diunduh secara gratis, Bloch This termasuk ke dalam aplikasi pemblokir iklan terbaik yang efektif digunakan. Dengan metode a la VPN seperti Adblock Plus dan AdGuard, Block This menggunakan DNS blocking dengan filter. Perusahaan pengembang Block This, mengklaim bahwa cara DNS blocking akan menguras lebih sedikit baterai.

7. Unicorn Blocker

apkpuff.com

Aplikasi pemblokir iklan yang selanjutnya adalah Unicorn Bloker. Tidak hanya mampu memblokir iklan, aplikasi ini juga mampu mencegah kemunculan pop-up notifikasi yang tidak perlu.

Dengan perangkat ini, pengguna mampu menghemat kuota hingga 50% dan mampu berselancar di internet tiga kali lebih cepat dari biasanya. Namun, Unicorn Blocker hanya dapat bekerja di browser seperti Samsung Internet dan Yandex Browser.

8. Browser dengan pemblokir iklan

SHUTTERSTOCK

Tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan, beberapa browser menyediakan fitur untuk memblokir iklan. Meskipun tidak dapat memblokir seluruh iklan, aplikasi seperti Chrome memiliki fitur yang dapat mengurangi iklan. Selain Chrome, ada beberapa browser yang menyediakan fitur serupa seperti Brave, Firefox Focus, Kiwi Browser dan Samsung Internet.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pemblokir iklan terbaik untuk pengguna Android. Aplikasi pemblokir iklan memang tidak mudah ditemukan di Google Play Store, sebab menurut kebijakan Google, aplikasi seperti ini dapat mengganggu dan mengacaukan cara kerja aplikasi lain.

IDN Media Channels

Latest from Working Life